Strategi Advertising yang Bagus Untuk Sebuah Perusahaan

Strategi Advertising yang Bagus Untuk Sebuah Perusahaan

  2018-09-14 16:50:21     Ulti Desi Arni     Dibaca 11 kali

Dalam memasarkan produk atau jasa supaya Brand atau nama perusahaan bisa dikenal, Greader pasti tahu bahwa advertising pasti digunakan oleh sebuah perusahaan. Advertising ini Greader biasa digunakan untuk memperkenalkan suatu produk ke masyarakat atau untuk meningkatkan jumlah tingkat penjualan produk tersebut.

Sebelum melaksanakan kegiatan advertising, biasanya Greader perusahaan harus merancang strategi agar dapat menunjang keberhasilan dan menghindari kerugian bagi perusahaan. Berikut ini ada beberapa yang akan dipaparkan mengenai strategi yang dapat Greaders terapkan dalam perusahaan anda:

  1. Menentukan target konsumen

Langkah pertama yang harus Greaders lakukan adalah mengenali siapa target konsumen anda. Produk atau jasa yang kalian tawarkan belum tentu memenuhi kebutuhan setiap orang. Masing-masing produk memiliki kelompok konsumennya sendiri. Kenali produk anda dan siapakah yang membutuhkannya. Kelompokkan target konsumen anda berdasarkan beberapa faktor seperti umur, gender, pekerjaan, lokasi, lifestyle, dan lainnya. Hal ini dilakukan agar kita dapat membuat pesan dan memilih media yang efektif dan sesuai bagi target konsumen kita.

  1. Memilih media yang tepat

Setelah kita mengetahui siapa target konsumen yang sesuai untuk produk yang kita tawarkan, langkah selanjutnya ialah memilih media yang tepat. Pahami kelebihan dan kekurangan dari masing-masing media. Tiap-tiap media memiliki kemampuan untuk menjangkau orang-orang tertentu dengan sangat efektif.

Media untuk advertising dibagi menjadi 4:

  • Print advertising – salah satu media advertising yang populer tapi sudah bersifat tradisional. Koran, majalah, dan brosur termasuk dalam jenis media ini.
  • Broadcast advertising – media advertising yang sangat efektif untuk menyampaikan pesan berupa cerita. Pesan yang disampaikan berupa wujud audio ataupun audio-visual. Broadcast advertising terdiri dari media seperti TV dan radio.
  • Outdoor advertising – media ini terbilang cukup efektif untuk menyampaikan pesan kepada orang banyak. Media ini dapat dilihat oleh banyak orang karena letaknya berada di tempat-tempat umum. Beberapa outdoor advertising bahkan terlihat mencolok. Contoh media ini dapat berupa spanduk, banner, iklan di kendaraan umum, dan iklan di tiang-tiang jalan.
  • Digital advertising – digital advertising merupakan media yang baru bagi dunia periklanan. Menggunakan teknologi internet, produk dapat dipasarkan secara online dan menjangkau orang banyak.
  1. Menyusun pesan yang sesuai dengan identitas produk

Buatlah identitas yang unik dan kuat untuk produk yang kalian tawarkan melalui kegiatan branding. Bagaimana anda ingin konsumen melihat produk anda? Identitas apa yang anda ingin konsumen kenali dari produk anda? Menjawab pertanyaan seperti itu akan membantu dalam pembentukan identitas produk anda.

Selanjutnya, susunlah pesan yang ingin anda sampaikan kepada target konsumen. Pesan yang disusun haruslah sejalan dengan identitas produk anda. Komponen seperti logo, warna, atau slogan juga harus diperhatikan dalam hal ini.

Selain itu, Greaders juga harus tau kondisi produk di pasar dan jenis pesan apa yang sesuai. Apakah produk anda baru muncul di pasar dan ingin dikenalkan kepada orang banyak? Apakah anda ingin meningkatkan penjualan perusahaan? Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat menentukan jenis pesan yang sesuai dengan tujuan anda. Pesan dapat bersifat informatif atau hanya sebagai pengingat.

  1. Melakukan evaluasi

Selalu tinjau perkembangan kegiatan advertising anda. Lakukan evaluasi berkala untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk mengetahui rencana atau strategi apa yang harus dipakai oleh perusahaan selanjutnya. Bila strategi awal yang digunakan menunjukkan hasil yang buruk, maka perusahaan dapat mengganti strategi tersebut.

 

 

Penulis : Eric

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia