Tutorial Cara Membuat QR Code Dengan Menggunakan Laravel

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi kepada para pembaca bagaimana cara untuk membuat Qr code dengan menggunakan laravel. QR Code yang akan saya share ke para pembaca ini akan menampilkan jam ketika kita scan menggunakan scanner pada smartphone. Dan QR Code ini akan me refresh setiap 3 detik. Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja ke langkah langakah cara pembuatannya.

Sebelum kita masuk ke langkah cara pembuatannya, kita harus mendownload beberapa aplikasi tambahan untuk dapat menjalankan tutorial ini, yaitu kita memerlukan  :

  1. Aplikasi Composer
  2. Aplikasi Git
  3. Aplikasi Laravel
  4. Aplikasi Xampp
  5. Dan aplikasi Phpstorm

Nah, jika kamu suda memliki aplikasi yang tercantum diatas, maka kamu sudah bisa untuk dapat mengikuti langkah yang selanjutnya.

1. Langkah yang pertama, kita akan membuka folder qrgenerator yang terdapat di Local Disk C. Local Disk C – Xampp – Htdoc – Qrgenerator. Dalam hal ini jangan lupa untuk men start “Apache” dan “MySQL” pada aplikasi Xampp yang telah didownload.

 

2. Setelah kita membuka folder qrgenerator, didalamnya kita akan membuka command prompt dengan cara shift tahan + klik kanan. Akan terdapat Open Command Windows Here, tampilannya akan seperti ini :


3. Pada command prompt tersebut, masukkan kode berikut “composer create-project --prefer-dist laravel/laravel qrcode”

 


4. Jika tampilan seperti dibawah ini muncul, makan masukkan lagi command berikut “composer update”.


5. Setelah sukses, maka kita akan memasukkan satu lagi command pada command prompt tersebut. Yaitu “composer require milon/barcode”.

 
6. Nah, setelah sukses kita melakukan command di Command Prompt, kita berlanjut untuk membuka Phpstorm yang telah kita download sebelumnya. Nah, pada langkah berikut ini, kita akan File yang terdapat di ujung kiri atas, terdapat tulisan Open disana. Klik Open tersebut, kemudian kita buka folder yang sama persis seperti langkah pertama yaitu pada Local Disk C – Xampp – Htdocs – Blog. Seperti gambar dibawah ini.


Setelah kita berhasil membuka folder blog, buka folder routes didalamnya, dan didalam folder routes tersebut juga ada terdapat web.php. Ikuti seperti gambar di atas.
7. Setelah kita buka web.php, kita akan memasuki sedikit tambahan kode didalamnya untuk membuat QR Code. Yaitu seperti gambar dibawah ini.

 
Kode yang dimasukkan kedalam we.php adalah :

 

<?php
date_default_timezone_set(&singlequote;Asia/Jakarta&singlequote;);
/*
|--------------------------------------------------------------------------
| Web Routes
|--------------------------------------------------------------------------
|
| Here is where you can register web routes for your application. These
| routes are loaded by the RouteServiceProvider within a group which
| contains the web middleware group. Now create something great!
|
*/
use MilonBarcodeDNS2D as DNS2D;
use MilonBarcodeDNS1D as DNS1D;
Route::get(&singlequote;/&singlequote;, function () {
return view(&singlequote;welcome&singlequote;);
});
Route::get(&singlequote;/qr&singlequote;, function () {
echo ;
echo 

;
echo DNS2D::getBarcodeHTML(Date(H:i:s), QRCODE);
echo 
;

});

8. Setelah dimasukkan kode diatas, langkah selanjutnya kita akan memasukkan kode lagi ke dalam Command Prompt yaitu “php artisan:key generate”.

 


9. Setelah selesai, kamu bisa mengaksesnya diinternet untuk mengecek apakah telah terlaksana dengan baik, dengan cara http://localhost/blog/public/qr. Maka, tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

 

Dari QR Code di atas, kita arahkan Smartphone kita ke Kode tersebut. Beginilah hasilnya.

Gimana tutorialnya, gampang bukan ? hehe, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

 

Penulis : Naufal Fikri Aulia

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...