7 Cara Melakukan screenshot di Komputer Windows 10

Waktu pertama kalinya, mungkin ada terbesit sebuah pertanyaan di kepala; bukannya mudah untuk melakukan screenshot pada windows 10? Mungkin Anda benar, bahkan hanya menekan tombol print screen dan hasil screenshot akan tersimpan kedalam clipboard. It’s simple. Anda memang sudah benar.

Tetapi tahukah Anda selain cara di atas tersebut, Windows juga menyediakan cara lainnya yang mungkin bagi Anda sendiri cara ini lebih mudah. Jadi, artikel ini akan membahas tentang 7 cara lain untuk membuat Anda mudah dalam men-screenshot pada windows 10.

  1. Alt + Print Screen

kombinasi Alt + Print Screen ini dapat menscreenshot, namun hanya menscreenshot jendela yang aktif. Kombinasi ini adalah cara yang paling sempurna untuk menscreenshot hal - hal yang penting - penting saja ketika membuka banyak jendela dan memiliki display yang sangat besar. Hasilnya akan langsung disimpan di clipboard Anda.

  1. Win + Print Screen

Kombinasi tombol Win + Print Screen ini akan menangkap gambar ke seluruh layar Anda dan akan langsung menyimpan ke drive Anda. Setelah itu Anda bias langsung melihatnya ke Pictures Library di folder yang bernama Screenshot. Di dalam folder tersebut ada file yang berbentuk png.

Kombinasi win + Print Screen ini lebih mudah dibanding menekan tombol Print Screen dan menempelkan hasilnya ke aplikasi pengolah gambar, contohnya Paint. Namun, Anda tak bisa menekan Alt + Win + Print Screen untuk menyimpan gambar dari jendela yang aktif.

  1. Win + H

Mungkin ini bukanlah cara yang termudah, tetapi cara ini adalah sebagai pintasan lain untuk menscreenshot layar. Cara ini juga akan langsung menscreenshot aplikasi yang aktif dan membuka panel berbagi, memungkinkan untuk memasukkan dan membaginya ke aplikasi – aplikasi yang lain.

  1. Snipping Tool

Cara Senipping Tool ini adalah car termudah lainnya. Anda memiliki kendali penuh ketika menscreenshot yakni Anda perlu melakukan drag dengan menahan klik kiri - mirip sekali seperti memblok. Tapi sebelum itu, Anda harus terlebih dahulu untuk membuka software snipping tool dengan membuka RUN kemudian ketik Snipping Tool.

  1. Windows + Volume Down

Anggap saja cara ini seperti menekan tombol Win + Print Screen, tombol ini juga dapat berguna sebagai kombinasi untuk menscreenshot layar. Kombinasi  ini adalah kombinasi tombol yang sangat sederhana sekali dan juga mudah digunakan.

  1. Windows Inking Toois

Jika perangkat Windows Anda mendukung input stylus ini, maka ada alternative lain dalam screenshot pada layar Anda. Caranya yaitu klik dua kali dengan menekan tombol penghapus pada stylus Anda. Tentu saja, bila stylus Anda memiliki fitur ini.

  1. Game DVR (dalam game)

Jika Anda bermain game, ada cara alternative lain dalam screenshot game. Untuk mengaktifkan fitur screenshot Game DVR ini, Anda harus buka aplikasi Xbox, buka tab Game DVR pada menu pengaturan, dan centang kotak yang bertuliskan “record game clips and screenshots using Game DVR”. Fitur screenshot ini hanya akan bekerja dalam game dan aplikasi Xbox.

 

 

Penulis : Rizal Fadly

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...