Tipe Interaksi Manusia Yang Menggunakan User Interface Pada Komputer

User Interface merupakan mekanisme atau cara User melakukan interaksi dengan program, sehingga pengguna dan program itu Greader dapat bisa berinteraksi satu sama lain. User Interface menerima informasi dari seorang user dan memberikan informasinya kepada user (setelah melalui proses yang ada pada komputer atau program) untuk kepentingan usernya sendiri.

User Interface juga memberikan atau menerima informasi kepada user melalui beberapa proses interaksi, melalui beberapa proses inilah program dan user dapat berkomunikasi untuk kepentingan user. Ada beberapa macam-macam interaksi yang umumnya terjadi antara user dan program atau komputer, yaitu:

1. Direct manipulation

Ini Greader merupakan pemrosesan yang secara langsung: dimana terjadi komunikasi langsung dengan objek pada layer jadi aktivitas yang dikerjakan oleh komputer saat pengguna memberi instruksi langsung pada layar komputer. Contohnya menghapus file dengan memasukkannya ke dalam trash, drag dan drop, dll. Direct manipulation yang digunakan pada zaman ini Greader dapat dilakukan juga melalui virtual environment.

Kelebihan:

- Waktu pembelajaran user sangat singkat karena mudah dimengerti dan diingat, timbal balik yang diberikan secara langsung pada tiap aksi membuat kesalahan pada design UI maupun kesalahan user dapat diketahui dan diperbaiki dengan cepat.

- User lebih menyukai kepuasannya dan memberikan User Experience yang baik.

Kekurangan:

- interface pada tipe ini bisa dibilangan rumit karena memerlukan banyak fasilitas pada sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara visual untuk sekali operasi atau objek

- Tipe ini dapat mengabaikan informasi penting karena design direct manipulation yang dibuat mengutamakan kemudahan dari user sehingga mempunyai resiko yang bisa melewatkan beberapa informasi yang penting.

Prinsip Direct Manipulation:

  1. Representasi dari objek dan tindakan dengan metafora visual yang bermakna.
  2. Tindakan secara fisik yaitu dengan menekan tombol berlebel, bukan sintaks yang kompleks.
  3. Incremental, cepat, tindakan reversibel yang efeknya akan terlihat segar pada objek yang menarik.

2. Menu Selection

Tipe dari menu selection ini Greader memberikan beberapa pilihan kepada user yang dikemas dalam bentuk daftar menu yang isinya adalah perintah-perintah yang akan diberikan ke komputer sesuai dengan menu yang terdaftar. Contohnya: klik kanan dan memilih pilihan menu yang dikhendaki seperti cut, copy, paste, dll.

Kelebihan:

- Mengurangi pengetikan sehingga bisa mengurangi kesalahan yang terjadi.

- User tidak perlu lagi mengingat nama perintah karena sudah tertera pada menu yang disediakan.

Kekurangan:

- Harus ada struktur menu jika terdapat banyak pilihan.

- Menu dianggap lambat oleh expert user dibanding command language

- Tidak ada logika AND atau OR

3. Form fill-in

Form fill-in atau pengisian form Greader adalah cara sebuah sistem dalam meminta data atau informasi dari pengguna dengan memberikan arahan kepada pengguna untuk dapat mengisi daerah-daerah dari form dan melengkapi data pada kategori dan bagian yang telah disediakan oleh sistem.

Kelebihan:

- Mudah untuk dipelajari oleh user dalam mengurangi kesalah pahaman.

- Memasukkan data yang sangat sederhana.

Kekurangan:

- Harus menyesuaikan dengan form yang biasa diisi secara manual dan kebiasaan user untuk mendapatkan data yang objektif.

- Memerlukan banyak tempat dilayar karena beragamnya data yang harus diisi di dalam form.

Ada beberapa panduan dalam membuat Form Fill In:

  1. Pesan error mudah dimengerti.
  2. Konsisten.
  3. Judul jelas dan punya makna.
  4. Intruksi dapat dan mudah dimengerti.
  5. Tempat penginputan data jelas.
  6. Memberikan pencegahan error atau validasi.
  7. Layout mudah dilihat sehingga tidak ada bagian yang terlewatkan.
  8. Pengurutan dan pengelompokan secara digital.

4. Command Language

Sedangkan Comman language ini Greader merupakan kegiatan penulisan perintah yang sudah ditentukan pada program. Command language adalah interaksi manusia dan komputer yang secara tradisional dan orisinal, dikatakan orisinal karena semua interaksi melalui form, direct dan menu semuanya menggunakan Bahasa Command Language (mengklik satu menu berarti kita menjalankan command language dari perintah menu tersebut). Pada interface jenis ini Greader, hanya instruksi dan prompt yang disediakan oleh sistem. User terpaksa mengingat nama serta sintaks untuk perintah (command) karena yang tampil hanya prompt yang selalu siap. Biasanya Cl Greader digunakan pada beberapa sistem komputer generasi awal dan pada saat itu sangat populer.

Kelebihan:

- Fast, Efficient meskipun pada command language lebih sering menggunakan ketik dibanding beberapa dialog lain, namun ternyata bisa lebih cepat dan efisien. dikarenakan command yang komplek lebih cepat dari pada banyaknya screen scanning untuk pilihan navigasi atau menu, dan pengisian field.

- Powerful, Command yang simpel dapat lebih handal, dimana pada menu form fill in mungkin membutuhkan 20130 menu dan mungkin dari fill-in form membutuhkan 20-30 screen.

- Flexible, User Controlled, User dapat melaksanakan apa saja sesuai dengan keinginannya.

Kekurangan:

- Assumes Typing Skill. Kemampuan pengguna dalam hal mengetik juga sangat mempengaruhi efisiensi dialog atau interaksi pengguna dengan komputer menggunakan command language.

5. Natural Language

Natural laguage ini Greader merupakan perintah yang menggunakan bahasa manusia biasa digunakan manusia untuk berkomunikasi sehari-hari. Program yang dapat menerima perintah yang menggunakan natural language biasa disebut juga sebagai artificial intelligence. Contohnya search engine google karena disana, karena keyword yang akan di inputkan adalah bahasa yang digunakan untuk percakapan sehari hari bukan merupakan bahasa programming.

Kelebihan:

- User dapat memberikan instruksi-instruksi dalam natural language atau bisa dibilang bahasa percakapan yang bersifat lebih umum. Pemberian perintah dengan menggunakan pengenalan tutur atau pengetikan bahasa alami melewati keyboard dapat mempermudah penggunaan.

Kekurangan:

- Natural Language ini Greader tidak efisien, sulit dalam perancangannya dan ada lebih dari satu arti.

 

Penulis : Ardiansyah

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...