Arsitektur Pada Database Oracle

Seperti yang kita ketahui Greader oracle merupakan salah satu tools atau aplikasi yang digunakan di dalam sebuah database guna untuk melakukan sebuah penyimpanan data. Salah satu tools yang memiliki spesifikasi yang tinggi disebut dengan Oracle selain itu jua oracle juga  banyak digunakan oleh perusahaan, instansi pendidikan, dan instansi besar yang lainnya karena standar yang dimiliki oleh oracle dapat memenuhi standar seperti perusahaan besar. Banyak sekali dari perusahaan besar memilih database oracle sebagai suatu media yang digunakan untuk menyimpan data.

Database Oracle merupakan salah satu database yang memiliki ruang penyimpanan atau memori yang besar sehingga dapat menampung banyak penyimpanan suatu data di dalamnya. Bukan hanya memiliki memory yang besar, oracle juga memiliki suatu keamanan yang baik untuk penyimpanan data. Salah satu yang membuktikan bahwa oracle memiliki penyimpanan yang baik dan bagus adalah dapat dilihat pada saat pertama kali kita masuk kedalam sistem dari oracle.

Sistem dari database oracle memiliki sebuah ruang tempat dimana kumpulan database disimpan di dalamnya yang disebut dengan instance. Seorang user tidak akan dapat melakukan pengolahan terhadap database oracle apabila belum masuk kedalam sebuah wadah yang dinamai dengan instance.

Dalam hal ini, membuat seorang user harus masuk terlebih dahulu pada instnace, sehingga tidak semua user bisa masuk dan mengakses data karena user yang bisa mengakses instance hanyalah user yang memiliki password dan ID untuk mengakses database. Instance merupakan sebuah wadah tempat dikumpulkannya database. Jika sebuah instance di dalam database dihapus, maka isi dari semua database juga akan terhapus karena database tersebut tersimpan di dalam instance.

Karena merupakan sebuah tools yang sangat banyak digunakan dalam perusahaan besar, maka tentunya saja database oracle memiliki banyak sekali arsitektur di dalamnya. Arsitektur tersebut menjadi sebuah pendukung yang dapat memberikan sebuah standarisasi yang baik sehingga dikatakan sebagai sebuah database yang memenuhi standarisasi perusahaan besar.

Ada beberapa hal yang dapat tergolong dan yang termasuk kedalam arsitektur yang dimiliki oleh oracle, diantaranya adalah:

- Data File

Data File merupakan salah satu arsitektur dalam database yang berisi sebuah penyimpanan physical atau data fisik dari database. Pada saat kita membuat sautu database tentunya akan memiliki sebuah fisikal dari database. Seorang user tidak akan dapat mengakses suatu database jika tidak memiliki physical database.

-     Control File

Control File merupakan arsitektur pada database yang dimana control file berisikan suatu informasi secara rinci mengenai data file atau mengenai data fisik dari data file yang kita miliki. Semua informasi mengenai data file secara rinci disimpan di dalam wadah yang disebut dengan control file.

-     Online Redo Log File

Semua hal yang dilakukan terhadap database akan tersimpan dan terekam oleh arstitektur database yang disebut dengan Online Redo Log File. Jika suatu database mengalami kerusakan, maka secara otomatis oracle akan melakukan recorvery data atau mengembalikan data dalam bentuk yang awal nya, namun jika database tersebut tidak dapat di recorvery maka oracle tidak dapat mengembalikan data.

-     Parameter File

Parameter File merupakan salah satu arsitektur dari database yang memberikan informasi penggunaan database dan instance dari user.

-     Backup File

Apabila seorang user takut akan resiko kehilangan dan resiko kerusakan data maka untuk menghindari hal tersebut dapat menggunakan fungsi dari Backup File ini. Backup file merupakan salah satu arsitektur yang sangat dibutuhkan karena penggunaanya yang bisa melakukan penyimpanan sehingga apabila database yang asli nya rusak, maka masih memiliki backup dari database tersebut sehingga kehilangan data menjadi berkurang karena sudah memiliki penyimpanan pada database.

Nah, itulah yang dapat saya jelaskan mengenai Arsitektur Pada Database Oracle. Semoga bermanfaat Greaders.

 

Penulis : Meci

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...