Kegunaan Storyboard Untuk Simulasi Cinema Visual

Kata cinema sudah tidak asing lagi untuk kita dengar. Cinema sering diartikan sebagai sebuah film atau animasi. Namun, apa kaitannya cinema dengan storyboard? Sebuah film atau cinema, sebelum di siarkan kepada masyarakat dan media tentunya melewati beberapa proses atau tahapan sampai dengan cinema tersebut Greader telah dinyatakan lulus sensor.

Karena itu lah agar suatu film atau cinema mendapatkan banyak viewers atau perhatian dari masyarakat luas, tentunya film tersebut harus dapat ditayangkan dengan baik. Salah satu agar film dapat di produksi dengan baik adalah terletak pada saat proses pembuatan film tersebut. Sebelum memulai untuk men-nyunting video yang akan diedit menjadi sebuah film atau cinema, tentunya seorang sutradara harus memiliki sebuah alur atau rangkaian cerita. Alur atau rangkaian cerita yang akan di shooting tersebut lah yang disebut dengan storyboard.

Semua dari film yang ada tentunya memiliki sebuah storyboard. Jika sebuah film tidak memiliki story board pada saat akan melakukan shooting maka memiliki kemungkinan yang besar bahwasanya aktor atau aktris yang berada atau bermain pada cinema tersebut bingung untuk menentukan apa yang harus mereka peragakan selanjutnya. Storyboard merupakan suatu kumpulan yang terdiri dari latar, percakapan atau dialog yang dapat dijadikan sebagai panduan pada saat akan melakukan sebuah shoot. Dengan adanya storyboard maka film atau cinema yang kita miliki akan dapat diproduksi dengan baik.

Banyak sekali tahapan yang harus dilewatkan apabila ingin suatu film dapat diproduksi dan disiarkan pada sosial media dan media elektronik lainnya. Karena hal itulah sangat dibutuhkan suatu ketelitian pada saat akan melakukan produksi pada suatu film atau cinema. Membuat storyboard adalah sebuah langkah pertama.

Di dalam sebuah storyboard akan menjelaskan secara rinci dan singkat dari setiap adegan yang akan dilakukan selanjutnya. Sehingga pada saat proses perekaman sutradara dan para pemain akan lebih mudah lagi untuk menentukan apa yang selanjutnya harus dilakukan hanya dengan melihat keterangan pada sketsa story.

Sebuah storyboard bukan hanya berisikan dialog antar pemain, latar dan sebagainya tetapi sebuah storyboard juga dapat dibuat dalam bentuk gambar, sehingga untuk dapat membuat storyboard yang bagus maka akan menuntut kita untuk dapat berkreasi lebih baik lagi, storyboard yang dibuat dalam bentuk gambar disebut dengan sketsa storyboard.

Untuk membuat suatu storyboard ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu:

- Mencari sebuah ide

Pada saat kita akan membuat produksi suatu film, tentunya kita pasti memiliki ide yang akan kita angkat menjadi topik pada film yang akan diproduksi. Sehingga mencari sebuah ide merupakan langkah pertama kali yang harus dilakukan. Usahakan ide yang dipikirkan sesuai dengan minat kita pada sebuah film. Mengingat bahwa film memiliki beberapa genre, dan pilihlah genre yang sesuai dengan minat.

-     Menyesuaikan pembuat storyboard pada media yang kita sanggupi.

Pada dasarnya untuk membuat storyboard bisa menggunakan suatu aplikasi multimedia yaitu yang terdapat pada komputer dan juga bisa dibuat diatas kertas dengan cara menggambar sketsa. Sehingga jika ide sudah didapat sesuaikan lah media pembuatan storyboard yang sesuai dengan kemampuan.

-     Membuat daftar kronologi secara terperinci dari ide yang sudah didapatkan tadi.

Setelah mendapatkan ide dan mendapatkan media untuk pembuatan storyboard, maka langkah selanjutnya adalah membuat kronologi atau alur dari film atau cinema yang kita angkat.

-     Jika semua point yang diatas sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah memulai pembuatan sketsa dari storyboard.

Selamat mencoba untuk greaders yang menyukai dunia perfilman.

Nah, itulah yang dapat saya jelaskan mengenai Storyboard Dalam Simulasi Cinema Visual. Semoga bermanfaat Greaders.

 

 

Penulis : Meci

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...