6 Tips Meningkatkan Keamanan Pada Komputer Dengan Mudah

 

  1. Jika Berada di Luar Gunakan Mode Incognito

Jika kita sedang berada diluar rumah, terkadang kita memerlukan sebuah komputer untuk mengakses media sosial, email, ataupun yang lain. Dan kamu juga bisa menggunakan atau mengakses jaringan komputer yang tersedia diluar, contohnya di warnet, cafe yang memiliki wifi, perpustakaan ataupun di kantor.

Nah, Mode Incognito ini berguna sekali bila kamu sedang mengakses data data yang penting saat menggunakan jaringan internet,terutama di lingkungan umum. Saat kita menggunakan mode ini, kita tidak perlu risau jika terdapat data yang penting didalamnya, dan juga tidak perlu menekan tombol logout jika kita sedang menggunakan sebuah web yang mengharuskan sign in.

Mode ini sangat berguna bagi kamu yang memiliki data – data yang sangat penting kompputer maupun laptop kamu.

 

  1. Menggunakan Antivirus di Komputer

Bagi yang baru membeli komputer baru, banyak yang merasa risau dengan fitur keamanannya sampai harus menginstallkan aplikasi keamanan pada komputer mereka, contohnya antivirus, antispyware, maupun internet security. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer yang akan berdampak pada performanya yang begitu lambat.

Sekarang kamu tidak perlu merasa risau, karena terdapat sistem operasi contohnya Windows 10telah menyediakan antivirus yang telah terpasang pada komputer. Jika pengguna belum merasa antivirus itu aman, kamu juga bisa menginstall antivirus lagi pada komputer, dan pilihlah antivirus ternama dan paling banyak digunakan orang seperti Smadav, AVG dan sebagainya.

 

  1. Jangan Lupa Untuk Selalu Update Aplikasi dan Sistem Operasi

Banyak orang yang terlupa untuk selalu mengupdate sistem operasi maupun aplikasi yang terdapat pada komputer mereka. Alasannya proses update itu terlalu lama, akan menurunnya tingkat kinerja komputer, dan banyak lagi.

Untuk pengguna yang memiliki jaringan internet berupa Wifi jangan pernah lupa untuk selalu melakukan proses update, hal ini juga dapat meningkatkan keamanan pada komputer kamu.  Bukan hanya fitur keamanan, melakukan proses update yang rutin juga dapat meningkatkan kinerja pada komputer.

 

  1. Mengganti Password Secara Rutin

Apakah kamu masih ingat kapan terakhir kali kamu mengganti password email ataupun facebook kamu?. Untuk mengganti password email secara rutin merupakan cara yang dianjurkan dibanding dengan menggunakan password yang memiliki kombinasi yang begitu rumit. Sekurang kurangnya kamu mengganti password email kamu setiap 6 bulan atau setahun sekali.

Supaya mudah, kamu bisa menggunakan kalender pada semartphone untuk mengingatkan pada saat kapan kamu harus mengganti password. Dan kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi password manager untuk mengelola akun yang  akan kamu pakai.

 

  1. Membackup Data dan Dokumen yang Penting

jika kamu berkerja tidak dalam menggunakan jaringan internet, pastinya kamu akan menyimpan data ataupun dokumen pada drive penyimpanan yang telah disediakan. Untuk mengelakkan terjadinya data yang hilang, kamu hanya perlu melakukan proses mudah yaitu backup.

Kamu dapat membackup data dan dokumen walau tidak menggunakan jaringan internet pada layanan awan (cloud) seperti Dropbox ataupun OneDrive. Dan bagi kamu yang jarang menggunakan jaringan internet, membackup data kamu pada flashdisk ataupun hardisk juga merupakan saran yang bagus.

 

  1. Tidak Melakukan Pembayaran Online Sembarangan

Pada saat ini sudah tersedia berbelanja secara online yang memudahkan kita untuk membeli sesuatu diinternet. Berbelanja online dapat menghemat masa dan teaga kita, sebenarnya berbelanja online itu boleh saja, tapi kita juga harus berhati hati dalam pembayaran secara online di internet.

Maka gunakanlah platform belanja online ataupun e-commerce yang dipercaya jika melakukan pembayaran di internet, terkhusus bagi yang menggunakan rekening bersama (rekber). Supaya mencegah terjadinya penipuan, untuk menghindari memberikan data privasi dan nomor rekening kamu pada saat berbelanja di internet.

 

Itulah tips tips yang saya bagikan kepada pembaca, bagi yang belum menerapkannya dalam kehidupan sehari hari maka terapkanlah dari sekarang agar dapat meningkatkan keamanan pada komputer kamu.

 

 

Penulis : Naufal Fikri Aulia

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...