WhatsApp-Button
Perbedaan Macam – Macam Atribut Kunci Pada Tabel

Perbedaan Macam – Macam Atribut Kunci Pada Tabel

  2018-08-14 10:30:00     Ulti Desi Arni     Dibaca 18786 kali

Tabel dalam database secara sederhana Greader bisa di artikan sebagai tempat untuk menyimpan data di dalam database dari sebuah informasi. Tabel itu Greader terdiri dari field dan record. Tanpa tabel maka database tidak bisa menyimpan, memanggil dan mengolah data – data yang dibutuhkan. Nah , pernahkah Greader ketika akan membuat atribut pada tabel kemudian harus menentukan kunci utama dari suatu tabel tersebut? Bagi Greader yang merupakan seorang programmer muda pastinya sudah sangat lazim dengan kunci dalam suatu tabel. Kunci dalam suatu tabel dalam database itu Greader terbagi atas empat yaitu:

1. Pimary key

Primary key merupakan kunci utama dalam suatu tabel didalam database. Keberadaan nya memang sangat diperlukan sebagai identitas yang mewakili seluruh isi dari sebuah tabel. Dengan adanya primary key maka memudahkan dalam proses pengolahan data didalam tabel. Primary key juga berperan penting ketika kita merelasikan dua tabel atau lebih. Ketika merelasikan sebuah tabel , maka atribut yang menjadi perwakilan untuk masuk kedalam tabel lain adalah atribut yang memiliki primary key. Primary key ini lah yang menjadi pintu masuk tabel lain untuk memanggil data dari tabel asalnya. Selain itu , dengan adanya primary key maka akan mencegah duplikasi data karena syarat primary key adalah tidak boleh sama. Nah untuk lebih jelasnya mari simak syarat dari primary key :

  • Hanya ada satu primary key dalam satu tabel daan tidak boleh lebih.
  • Kolom yang dijadikan pimary key harus bersifat NOT NULL yang artinya tidak boleh kosong.
  • Data yang dimasukkan ke kolom yang di jadikan primary key tidak boleh sama.
  • Tidak boleh menggunakan type data BLOB untuk kolom yang dijadikan primary key.

Nah begitulah sedikit penjelasan mengenai primary key , dengan menggunakan primary key pada sebuah tabel maka akan mempermudah pencarian data dari suatu tabel.

2. Foreign key

Foreign key disebut juga kunci asing atau kunci tamu yaitu kunci utama suatu tabel yang berada pada tabel lain sebagai tanda perelasian antar tabel. Disebut kunci tamu karena memang menjadi tamu pada tabel lain. Syarat menjadi foreign key adalah ia harus merupakan kunci utama dari suatu tabel yang direlasikan. Tanpa foreign key maka tidak ada relasi yang sebenarnya.

3. Alternate key

Alternate key merupakan key yang tidak dipilih. Jadi Greader jika diibaratkan dalam sebuah contoh pemilihan. Misalnya ada 2 kandidat yang akan menjadi kunci utama , setelah di pertimbangkan maka terpilihlah satu untuk menjadi kunci utama. Nah, kandidat yang tidak terpilih inilah Greader yang disebut dengan alternate key.

4. Candidate key

Candidate key adalah kunci yang mengidentifikasikan suatu kejadian spesial pada tabel. Syarat untuk menjadi candidate key adalah unik identifier, dan non-duplikat yang artinya tidak boleh memiliki kesamaan data.

5. Super key

Super key adalah kunci pada atribut tabel yang dapat meberi perbedaan tiap baris data (row) dalam tabel secara unik. Pada sebuah tabel itu Greader  bisa terdapat sekumpulan superkey. Contoh: biodata

  • (no _ktp, nama, alamat, tgl_lahir)
  • (no_ktp nama, alamat)(no_ktp, nama)
  • (nama),jika kita bisa jamin tdk ada nilai yg sama u/atribut ini
  • (nim)

Nah itulah beberapa jenis kunci atau key yang biasanya ada dalam sebuah tabel.  Semoga bermanfaat buat greaders semuanya. Terimakasih telah berkunjung. Assalamualaikum.

 

 Penulis : Rodiatul


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia