Pekerjaan Yang Akan Terancam Karena Kemajuan Teknologi

Pekerjaan Yang Akan Terancam Karena Kemajuan Teknologi

  2018-08-10 00:00:00     Ulti Desi Arni     Dibaca 9 kali

Di Era globalisasi ini , teknologi berkembang dengan cepatnya, sehingga memaksa kita untuk mengetahui tentang IT. Semakin berkembangnya zaman teknologipun semakin mewabah kesuluruh dunia , hingga menjadi kebutuhan pokok untuk semua kalangan, bahkan sudah banyak perusahaan-perusahaan besar , industri yang menggunakan fasilitas IT untuk mempermudah kerjanya, sehingga orang-orang lebih memilih bekerja di perusahaan yang fasilitias yang mendukung teknologi, tetapi bagaimana nasib mereka yang tidak memiliki kemampuan di bidang teknologi, dan mereka tidak berprofesi seperti itu, di artikel ini admin akan membahas tentang pekerjaan yang akan terancam akibat kemajuan zaman ini.

1.  Teller bank

 <

Teller bank adalah orang yang menjembatani nasabah dengan perusahaan bank, maksudnya adalah teller bank ialah orang yang melayani para nasabah dalam hal keuangan, misalnya jika nasabah ingin mengambil tabungan, atau ingin menabung dan mentransfer uang, kita bisa menghubungi teller dari bank tersebut. Itulah pekerjaan seorang teller. Tetapi pada kenyataannya pekerjaan teller telah di gantikan oleh sebuah mesin. Dengan mesin ini kita sebagai nasabah diberikan fasilitas untuk mentransfer uang antar bank, bukan hanya itu, tetapi kita juga bisa melihat jumlah tabungan kita, cek mutasi dana masuk ke rekening kita, dan  yang lebih mencolok adalah, kita tidak perlu lama-lama untuk antre hanya untuk transfer uang, atau hanya ingin melihat jumlah saldo.

2.  Kasir

<

Siapa yang tidak tahu dengan pekerjaan kasir. Kasir adalah seseorang yang mengelola keuangan suatu toko, seperti melayani konsumen dalam pembayaran, menghitung harga barang , pengembalian uang, dan jenis pekerjaan ini pada masanya tengah naik daun dan marak sekali Greader. Tetapi sekarang pekerjaan untuk seorang kasir sudah berkurang karena kemajuan teknologi, para konsumen lebih memilih untuk berbelanja online daripada pergi ke toko untuk membeli suatu barang. Dan di perusahaan besar Amerika, mereka sudah menggunakan mesin kasir otomatis untuk melayani para konsumen.

3.  Resepsionis

 <

Tugas menerima telepon atau melayani pengunjung di suatu perusahaan itu adalah kerja bagi para resepsionis. Tetapi pekerjaan sebagai resepsionis sudah hampir punah, karena majunya teknologi di dunia. Karena sekarang sudah ada fasilitas virtual receptionist yang berfungsi untuk melayani telepon layaknya seorang resepsionis, bahkan di sebagian perusahaan mereka sudah menjadikan robot loh Greader sebagai resepsionis.

4.  Tukang pos

 <

tukang pos adalah pekerjaan untuk seseorang yang mengantarkan surat kepada penerima sesuai dengan alamat yang telah tertera di surat tersebut. Nah pekerjaan ini hampir ditiadakan karena faktor kemajuan teknologi yang semakin cepat. Karena di zaman sekarang jika kita ingin mengirim pesan ke seseorang , kita tidak perlu lagi membuat surat dan meletakannya ke kantor pos, karena sekarang sudah ada fasilitas e-mail, yang memungkinkan kita mengirim pesan ke seseorang tanpa harus membuat surat dan pergi kekantor pos, sangat efisien dan menghemat waktu.

5.  Juru ketik

<

Pekerjaan sebagai guru ketik ini di prediksikan akan di hapuskan , karena sekarang perusahaan- perusahaan telah mengembangkan suatu inovasi, dimana kita tidak perlu mengetik untuk membuat suatu kata di komputer . Memanfaatkan fasilitas sensor suara, Greader hanya perlu berbicara untuk membuat suatu kata.

6.  Petugas loket tol

<

Jika dulu ada seorang karyawan yang bertugas untuk melayani para pejalan yang ingin melewati jalan tol, nah saat ini sudah ada beberapa tol yang tidak menggunakan karyawan untuk melayani para pejalan, dengan adanya mesin yang mendeteksi uang elektronik, kita sudah bisa melakukan pembayaran dengan uang elektronik tersebut.

Itu tadi adalah ulasan tentang pekerjaan yang akan terancam dengan kemajuan teknologi, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita di zaman yang serba instan ini. Terimakasih.

 

Penulis : Raga Mulia Kusuma

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia