Penerapan Internet of Things (IoT) Dalam Berbagai Bidang

IoT mungkin dari namanya saja terbayang di benak Greader tidak terlepas dari yang namanya teknologi dan Internet.  IoT ini Greader merupakan singakatan dari Internet of Things yang merupakan suatu konsep dimana dengan terhubung internet dapat saling berbagi informasi antara satu sama lainnya dengan benda-benda yang ada disekekitarnya.

Mungkin sebagian dari Greader memang sudah paham betul dengan penerapan IoT ini atau sebagian dari Greader lainnya kurang memahami apa yang dimaksud dengan IoT.

Teknologi IoT memang sudah lama populer di kalangan dunia IT. Bahkan Greader banyak pakar IT yang meramalkan bahwa di dunia teknologi informasi, Internet of Things (IoT) merupakan “the next big thing”. Karena banyak sekali teknologi yang dapat dibuat dengan konsep IoT yang tak kalah besar manfaat nya dibandingkan dengan jenis teknologi lainnya yang berkembang di dunia teknologi informasi Greader. Jenis teknologi IoT yang diketahui dikalangan awam biasanya bersifat monitoring, remote control  dan smart technologi yang berhubungan dengan alat – alat elektronik pada kehidupan sehari – hari Greader contohnya TV, Mesin Cuci, Bola lampu dan lain sebagainya.

Dengan adanya Internet of Things (IoT) ini Gredaer manusia pun semakin dimudahkan dalam melakukan aktivitas sehari – hari. Pekerjaan Greader bisa menjadi lebih mudah dan lebih hemat waktu dan tenaga. Teknologi IoT selain bermanfaat di bidang teknologi informasi juga bermanfaat di berbagai bidang kehidupan lainnya. Berikut kita bahas  Greader berbagai penerapan IoT di berbagai bidang kehidupan.

1. Bidang Pertanian

Bidang pertanian ini adalah Greader bidang pekerjaan yang paling banyak digeluti oleh penduduk Indonesia. Tanah Indonesia yang subur memang terkenal di seluruh penjuru negeri sehingga sangat memungkinkan bagi penduduk untuk mengolah tanah Indonesia. Meski awalnya penduduk menggunakan cara konvensional , sekarang bidang pertanian Indonesia pun sudah banyak yang menggunakan teknologi IoT.  yang membantu meningkatkan hasil pangan. Sebagai contoh yaitu penyiraman tanaman otomatis,  pendeteksi penanggulangan hama, smart agriculture dan lain sebagainya.

2. Bidang kesehatan

Sejak dahulu penggunaan teknologi di bidang kesehatan memang selalu di perhatikan dengan ketat, karena bidang kesehatan berkaitan langsung dengan keselamatan dan kesehatan manusia. Namun teknologi IoT justru dapat membantu pekerjaan di bidang ini. Sebagai contohnya yaitu adanya teknologi pemantau pasien jarak jauh, sensor khusus yang dibuat pada sepatu untuk mengurangi nyeri pada kaki dan lain sebagainya.

3. Bidang keamanan

Keamanan pasti menjadi hal yang sangat penting bagi setiap manusia. Di zaman sekarang tingkat kriminal semakin tinggi , baik keamanan diri mau pun keamanan harta benda. Teknologi IoT sangat berperan penting di bidang keamanan. Sebagai contoh penerapannya yaitu remote control garasi melalui smartphone, alarm pendeteksi maling dan lain sebagainya.

4. Bidang pendidikan

Teknologi dan pendidikan sangat berhubungan penting dalam meningkatkan kualitas para siswa – siswi penerus bangsa . karena itu semakin hari peningkatan kualitas pendidikan semakin di giatkan. Salah satu caranya yaitu dengan penggunaan IoT. Sebagai contoh nya yaitu Sistem Monitor Untuk Anak Sekolah dan lain sebagainya.

5. Bidang kelautan

Bidang kelautan juga sudah mulai terjamah dengan teknologi IoT . Sebagai contoh yaitu monitoring perahu nelayan saat sedang tidak melaut, Payung Florabrella yang dapat menginformasikan perkiraan cuaca bagi nelayan yang akan melaut dan banyak lagi.

Nah itulah beberapa contoh penerapan teknologi Internet of Things dalam berbagai bidang kehidupan. Masih banyak contoh penerapan teknologi Internet of things lainnya. Semakin hari akan semakin banyak lagi penggunaan teknologi IoT untuk membantu pekerjaan manusia. Semoga bermanfaat . sekian dan Terima Kasih.

 

Penulis : Rodiatul Fitrah

 

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...