Ini Nih Contoh IoT Sederhana

Hadirnya internet benar – benar sangat membantu individu maupun oraganisasi, beberapa dekade kehadiran internet merevolusikan dunia kerja yang tinggi. saat ini sedang populer nya Internet of Things. Sudahkah anda mendengar istilah IoT (Internet of Things) ? Pada kalangan tertentu masih asing dengan istilah IoT (Internet of Things), meskipun di era sekarang ini semakin banyak nya orang memperbincangkan tentang IoT.

IoT (Internet of Things) merupakan teknologi yang menghubungkan internet dengan benda – benda yang ada di sekitar kita, yang mana benda – benda tersebut dapat saling berinteraksi dan terhubung sehingga terbentuk suatu sistem yang terhubung di internet.

Ini lah beberapa contoh dari IoT :

  1. Memonitor Bayi dengan Kimono Cerdas

Kimono ini membantu ibu untuk menjaga bayi nya, karena kimono bisa memonitor napas bayi, melacak suhu kulit bayi secara nyata dengan aplikasi khusus yang ada pada ponsel anda, keaktifan tidur, dan posisi fisik bayi. Kimono ini di desain berbentuk baju bayi seperti pada umumnya. Yang membedakannya hanya lah hiasan yang terdapat pada baju bayi tersebut berbentuk kura – kura yang mampu mengirim data ke receiver berwujud seperti bunga teratai, yang mengirimkan informasi ke ponsel anda. Satu lagi, pada baju tersebut terdapat mikrofon yang menjadi aksesoris, supaya anda bisa mendengar suara yang ada di sekitar bayi.

 

  1. Sepeda Pintar Yang Bisa Merekomendasikan Rute

Alat pintar ini berbeda dengan sepeda yang biasa kita gunakan. Sepeda ini di beri nama Valour yang di lengkapi dengan GPS atau general positioning system. Sepeda pintar mampu meminimalkan jika terjadinya tabrakan atau  kecelakaan, karena Sepeda pintar bisa mendeteksi alat transportasi yang ada pada blindspot pengendara. Sepeda ini bisa di hubungkan dengan perangkat IoT yang bisa menjadi peluang besar. Selain itu, sepeda ini bisa menyimpan data perjalanan. Harga yang di jual mulai dari US$ 1.249 (sekitar Rp17,2 juta) mampu menyarankan perjalanan yang lebih nyaman untuk di tempuh.

 

  1. Menyiram Tanaman Secara Otomatis

Penyiram tanaman ini di beri dengan nama OpenSprinkler. Alat ini berbeda dengan alat penyiram tanaman yang biasa di pakai di rumahan. Karena sistem OpenSprinkler ini lebih canggih, mampu mendeteksi kelembapan pada tanah dan bisa menyiram tanaman sesuai waktu yang di tentukan yang kita inginkan. OpenSprinkler terhubung dengan via internet dan Wi-Fi.  

                                                                                        

  1. Colokan Listrik Pintar

Alat Colokan Listrik Pintar atau biasa disebut dengan smart plugs ialah colokan yang dapat menjadi perantara antara peralatan yang ada di rumah misalnya lampu atau oven dengan colokan biasa, yang di sambungkan dengan Wi-Fi. Ada beberapa hal yang mampu di lakukan oleh colokan pintar seperti, dapat menghemat energi yang selama ini menekan biaya anda,  mampu memonitor daya yang sedang di pakai, berguna untuk mematikan dan menyalakan sambungan pada listrik lewat sebuah aplikasi ponsel dari mana pun anda berada, asalkan tersambung dengan internet. Harga untuk membeli colokan pintar ini tidak lah murah, di jual kisaran 50 dolar AS.

  1. Sistem Peringatan Bencana

Untuk anda yang sering berpergian dan merasa cemas meninggalkan rumah, sekarang tidak usah khawatir lagi. Karena sudah ada alat peringat bencana yaitu Ninja Sphere. Ninja Sphere memiliki kemampuan seperti, mampu mengambil data yang sudah di sensor yang berada pada jaringan rumah contohnya suhu yang di luar dan dalam suatu ruangan. Jika terjadi lonjakan suhu secara tiba – tiba, anda dapat melihatnya dari via aplikasi ponsel anda dan alat ini akan mengirim notifikasinya. Sehingga jika anda berada di luar rumah, anda bisa menghubungi tetangga untuk melakukan pengecekan. Ninja Sphere ini harus terhubung ke internet atau jaringan Wi-Fi. Alat ini juga terhubung dengan berbagai macam sensor seperti lampu pintar, sensor gerakan dan yang lain nya. Ninja Sphere ini di jual dengan harga US$ 250 dolar AS atau sekitar Rp 3,5 juta.

                                                                                                               

Nah, demikian lah postingan saya hari ini tentang IoT (Internet of Things). Terimakasih.

 

Penulis : Jumalia

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...