Perbedaan Vektor Dan Bitmap Pada Photoshop

Ada banyak objek yang tersedia di dunia ini, dari yang berbentuk lingkaran, petak , segitiga dan lain-lain. Itu adalah sebuah bentuk dari berbagai objek yang ada di dunia ini. Saat masih di bangku sekolah dasar atau sekolah menengah, kita pasti telah mempelajari tentang bangun datar dan bangun ruang, kita di tugaskan untuk menghitung luas bangun tersebut dan menghitung keliling bangun tersebut.

Mungkin itu adalah hal yang lazim, nah di ilmu desain , terutama desain grafis. Semakin majunya zaman bahkan kita bisa membuat gambar melalui gadget kita, kita bisa mendesign suatu objek menggunakan gadget.

Nah jika kita sudah membahas tentang cara membuat desain melalui gadget. Kita tidak hanya akan harus mempelajari tentang ukuran tersebut, tetapi kita juga harus mengetahui jenis objek tersebut apakah objek tersebut merupakan vektor ataupun bitmap. Ada banyak aplikasi untuk mendesain suatu objek di gadget, seperti photoshop , corel draw , paint, dan masih banyak lagi. Namun, pada pembahasan kita sekarang kita akan mengupas nih Greader perbedaan vektor dan bitmap di photoshop.

1. Apa sih photoshop itu ?

Photoshop adalah suatu aplikasi yang memungkinkan kita mengelola foto atau gambar, kita dapat mengedit gambar sesuka hati kita, bukan hanya sampai disitu , tetapi kita juga dapat memberikan efek dari gambar tersebut, sehingga gambar yang kita edit terlihat keren.

Adobe photoshop ini Greader adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi yang di kembangkan oleh adobe system, dan adobe photoshop ini juga merupakan produk unggulan dari adobe system , karena photoshop adalah aplikasi favorit oleh kalangan desainer untuk mengedit gambar, karena banyaknya fitur dan kemudahan dalam penggunaannya. Nah di photoshop, kita dapat membuat gambar berupa vektor ataupun bitmap. Apa sih vektor dan bitmap itu, apa hubungannya dengan gambar.

2. Bitmap

Raster atau bitmap adalah suatu kumpulan pixel, apa sih pixel itu, pixel adalah kotak-kotak kecil yang berisikan kumpulan warna , dan jika kotak-kotak kecil tersebut di kombinasikan maka akan membentuk suatu gambar, jika kalian ingin membuktikannya, silahkan buka aplikasi photoshop kalian, dan zoom canvas dari photoshop tersebut. Pasti kalian akan melihat kotak-kotak kecil di canvas tersebut.

Nah itu berarti adalah bitmap. Format yang digunakan pada gambar bitmap adalah : png, jpg , jpeg, gif ,psd (adobe photoshop). Aplikasi-aplikasi yang berbasis bitmap diantaranya adalah , photoshop, corel draw , microsoft paint ,  dan masih banyak lagi yang lainnya, tetapi admin hanya menggunakan tiga aplikasi tersebut.

3. Vektor

Vektor adalah suatu objek yang dibentuk dari gabungan titik dan garis yang digabungkan sehingga membentuk suatu objek gambar. Gambar vektor berbeda dengan bitmap, karena bitmap adalah gabungan dari kotak-kotak kecil, sehingga membentuk sebuah objek, sedangkan vektor adalah kumpulan garis dan titik yang di kombinasikan sehingga membentuk sebuah objek gambar.

Jadi secara logika titik tentu lebih kecil dari kotak nah karena itu gambar tipe vektor lebih kecil daripada tipe bitmap. Juga ada perbedaan lain yaitu adalah masalah resolusi, jika pada bitmap semakin kecil resolusi maka gambar akan semakin pecah contoh seperti gambar 8 bit, sedangkan kualitas vektor tidak mementingkan resolusi, karena vektor merupakan kumpulan garis dan titik yang di kombinasikan.

Nah itu tadi adalah ulasan tentang perbedaan vektor dan bitmap di photoshop, itu hanya sedikit dari banyak referensi yang ada di google, jika teman teman masih belum paham, teman-teman dapat mempelajarinya lebih dalam melalui aplikasi photoshop.

 

Penulis : Raga Mulia Kusuma

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...