WhatsApp-Button
Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

  2018-07-31 10:30:00     Ulti Desi Arni     Dibaca 20618 kali

Dalam dunia teknologi dan informatika cloud computing atau dalam bahasa Indonesianya berarti komputasi awan merupakan  campuran pengembangan berdasar internet (awan) dengan teknologi komputer dalam suatu network atau jaringan yang berguna untuk menjalankan program melalui komputer yang sama – sama terhubung pada suatu waktu, tetapi Greader harus ingat itu tidak bermakna setiap komputer yang terhubung ke internet Greader bisa katakan telah menggunakan cloud computing, ingat! Tidak semua ya Greader.

Seperti yang awan yang digambarkan dalam jaringan tersebut, bahwa di dalam jaringan tersebut ada sesuatu yang abstraksi atau yang disembunyikan. Sehingga yang dimaksu disini adalah bahwa orang lain dapat mengakses melalui internet sistem informasi layaknya user namun dia tidak bisa melihat secara detail bagaimana prosesnya.

Setiap komputer yang menggunakan komputasi awan berarti ia menjadikan internet sebagai pusat server untuk menyimpan data dan mengelola aplikasi pengguna. Bagi pengguna yang menggunakan teknologi cloud computing dalam menjalankan program, maka tidak perlu baginya proses instalasi dan pengguna bebas mengakses data pribadi melalui komputer dengan syarat terhubung internet.

Dalam penggunaan suatu hal pasti tidak terlepas dari segala kekurangan dan kelebihan. Begitu juga dengan penggunaan cloud computing. Cloud computing memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan. Diantaranya dijabarkan seperti dibawah ini:

A. Kelebihan Cloud Computing

  1. Murah

Penggunaan cloud computing sangat hemat biaya untuk alokasi perangkat keras. Cloud computing juga tidak memerlukan maintenance dan mengurangi pemakaian listrik.

  1. Mudah Di Akses dimana saja

Karena data kita tersimpan di dalam server di internet maka mudah bagi pengguna untuk mengakses data dimanapun dan kapanpun asal terhubung dengan internet.

  1. Fleksibilitas

Ketika data yang kita punya terlalu besar maka ia otomatis menambah kapasitas hanya dalam hitungan menit dengan melakukan self-provisioning. Sehingga tidak perlu          melakukan penambahan jumlah komputer.

  1. Memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan , diantaranya Reduce Cost, Flexibility, Improved Automation, Sustainbility dan focus on Core Competency.
  2. Ramah lingkungan

Cloud computing termasuk teknologi yang ramah lingkungan karena ia tidak memerlukan banyak perangkat keras dan tentunya semakin meminimalisir penggunaan listrik yang tentunya memberikan pengaruh sehingga tidak ramah pada lingkungan.

  1. Aspek sosial

Cloud computing sangat berpengaruh pada hubungan sosial dimana seseorang bisa berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai belahan dunia.

  1. Aspek Politik

Penggunaan cloud computing memudahkan kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

  1. Aspek Ekonomi

Penggunaan cloud computing dapat mempermudah dalam proses transaksi bisnis.

B. Kekurangan Cloud Computing

  1. Tidak bisa dijalankan tanpa koneksi internet, itu artinya ketika akan mengakses data maka kita harus berada di daerah yang terjangkau jaringan internet. jika tidak ada jaringan internet maka tidak bisa mengakses data.
  2. Kurang aman terhadap privasi data pengguna, karena di hosting secara bersamaan sehingga sangat mudah diretas oleh hacker.
  3. Ketika data terhapus, maka kecil kemungkinan untuk memulihkan data.
  4. Kepatuhanya kepada provider masih diragukan.
  5. Kemampuan kebijakan keamanan pada provider masih diragukan dan tidak terjamin
  6. Jarangnya diadakan pelatihan dan audit IT sehingga masih banyak yang gagap akan teknologi ini.
  7. Data antar pelanggan sangat rapat sehingga memungkinkan terjadinya data yang tertukar.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan dari penggunaan teknologi cloud computing yang dapat saya jabarkan. Sebenarnya masih banyak kelebihan dan kekurangan nya yang dapat Greaders temukan dari pengalaman Greaders sendiri. Terimakasih telah berkunjung dan nantikan artikel saya berikutnya ya.

 

 

 Penulis : Rodiatul Fitrah


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia