WhatsApp-Button
Membuat Halaman Utama PHP

Membuat Halaman Utama PHP

  2018-01-12 16:37:53     aknovia     Dibaca 3343 kali

Kali ini saya akan melanjutkan artikel sebelumnnya, artikel sebelumnya membahas tentang pembuatan login menggunakan framework css. Masih dengan judul yang sama framework CSS kali ini saya akan membahas pembuatan halaman utama.

Let's do it !

Pertama kita buat file php kita sebut saja  “sidebar.php”, “header.php”, “content.php” dan “main.php”. File ini akan kita include sehingga tidak terlalu banyak baris pada satu file php yang nantinya akan membuat kita bingung. Adapun fungsi dari setiap file tersebut sebagai berikut :

  1. sidebar.php digunakan untuk membuat layout sidebar yang berisikan menu pada sisi kanan web. Ini bisa dikondisikan sebelah kiri atau kanan tergantung css yang digunakan atau bisa custom sendiri juga.
  2. header.php digunkan untuk membuat layout header yang berisikan informasi umum seperti notif, akun, dan lain-lain
  3. content.php digunakan untuk menmpilkan content dari web
  4. main.php digunakan untuk menampung header, sidebar dan content sehingga menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan kembali.

1. main. php

Kita mulai dari file main.php, setelah kita download framework CSS, buka halaman blank yang biasanya diberi nama blank.html

Contoh :

Kemudian buka filenya dan modifikasi sesuai kebutuhan, disini saya menghapus beberapa bagian yang tidak saya gunakan menjadi seperti ini : 

Kemudian salin saja  seluruh scriptnya kemudian tempel pada main.php : 

2.

2. Menu sidebar

Pada halaman main.php cari html untuk sidebar, biasanya sudah diberi comment untuk menandai sidebar, setelah ketemu potong dari awal sidebar sampai penutupnya, kemudian tempel di sidebar.php tadi. Cari layout sidebar :

3. Header

Tidak jauh berbeda dengan sidebar kita cari saja header pada main.php yang berisikan halaman html tadi kemudian kita letakkan di header.php

4. Content

Pada file ini berisikan pengaturan content yang akan ditampilkan yang dimana pada umumnya setiap kita membuat halaman baru maka kita buat html penuh ( darisampai dengan). File content ini digunakan untuk membuat hal itu menjadi sederhana karena kita hanya meng-include-kan saja. Buat script seperti di bawah ini :

Jangan lupa untuk membuat halaman error (jika halaman yang dituju tidak ditemukan maka akan menampilkan halaman error). Pada kodingan di atas akan mendeteksi action $_GET[‘page’], jadi setiap ada get page maka akan terdeteksi dan disesuaikan dengan page yang dituju, sehingga URL pada halaman web kita sepeti ini www.portal.com?page=dashboard jika ditemukan maka akan di tampilkan halamannya jika tidak akan di direct kehalaman error.

Kembali pada main.php, setelah dibuat maka panggil semuanya pada halaman main.php, maka halaman main.php akan menjadi seperti ini :

Kemudian jalankan dan akses halaman dashboard : 

Sekian pembahasan mengenai pembuatan halaman utama di portal. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya. Terimakasih.

Happy Coding wink


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia