Perbedaan Linked List dengan Array Pada Struktur Data

Hallo Sahabat Greader yang selalu setia dengan Garuda Cyber dan calon programmer muda. Hari ini kita akan membahas tentang Linked List dan Array loh sahabat Greader yang ada pada struktur data. Bagi programmer senior tentunya sudah mahir dengan linked list dan array. Nah, bagi calon programmer muda pastinya juga sudah pernah dapat materi ini di bangku kuliah, yuk kita ingat- ingat lagi di bahasan kali ini.

Sebelum membahas perbedaan linked list dengan array tentunya kita harus tau dulu apa itu linked list dan apa itu array. Benar bukan?

Linked List

Untuk Greader ketahui bahwa Linked list disebut juga senarai berantai serta merupakan kumpulan linear dari sejumlah data Greader. Linked list terbagi dua Greader yaitu single linked list dan double linked list. Kalau Single linked list ini Greader terdiri dari data-data tunggal, yang  masing-masing data dihubungkan dengan node tunggal. setiap data mempunyai  sebuah pointer atau node  yang disebut dengan pointer next.

Untuk menghubungkan satu data ke data lainnya dalam linked list, harus dimulai dari head  yaitu data pertama kemudian untuk menghubungkan ke data berikutnya menggunakan pointer next dari data awal ke data berikutnya dan begitulah seterusnya sehingga sampai ke data yang dituju. Sayangnya linked list hanya berjalan satu arah dari head ke tail atau ekor, karena data hanya memiliki satu node yaitu node next sehingga tidak bisa mundur ke data sebelumnya. Jika ada data yang tertinggal maka menghubungkannya harus dimulai dai head kembali.

Berbeda dengan double linked list Greader , kalau double linked list Greader memiliki  dua node atau pointer yaitu pointer next dan pointer prev sehingga data tidak hanya bisa berjalan maju ke data berikutnya tapi juga bisa berjalan munuju ke data sebelumnya dengan menggunakan node prev sehingga sampai kepada data yang dituju.

Operasi pada linked list :

  • Memasukkan data atau insert

Memasukkan data pad linked list terbagi 4 yaitu insert pada head atau awal data, insert sebelum node tertentu dan insert setelah node tertentu dan insert pada akhir node atau tail

  • Delete data

Sama seperti insert , delete juga terbagi 4 yaitu delete pada head atau awal data, delete sebelum node tertentu ,delete setelah node tertentu dan delete pada akhir node atau tail

Nah berikutnya kita masuk pada pembahasan array, Array adalah suatu object yang digunakan untuk menyimpan kumpulan data yang memiliki tipe yang sama. Array biasanya menggunakan tipe data primitif. Untuk membuat array ada tiga langkah yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Mendeklarasikan variabel
  2. Membuat array beserta kapasitas ukurannya.
  3. Memasukkan nilai pada setiap elemen array

Berbeda dengan linked list masing-masing  elemen array hanya berisi data saja. Array tidak memiliki node atau pointer seperti linked list. Nah secara umumnya perbedaan array dan linked list adalah sebagai berikut:

  1. Masing-masing elemen array hanya berisi data saja sedangkan linked list berisi data dan pointer atau node untuk menghubungkan ke data berikutnya.
  2. Pada linked list saat Pengalokasian ruang memori dilakukan tidak melalui pendeklarasian atau pengenalan terlebih dahulu dan terbatas pada ruang memori yang tidak terpakai Sedangkan pada array pengalokasian memori justru terbatas pada jumlah ruang yang dideklarasikan sebelumnya.

Dari pemaparan diatas mudah-mudahan teman-teman calon programmer muda bisa mengerti ya perbedaan linked list dan array.  Selamat berjumpa di artikel berikutnya. Terimakasih

 

Penulis : Rodiatul Fitrah

 

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...