Logika dan Operasi Perhitungan Data

Hay Sahabat Greader. Kali ini kita akan membahas mengenai Logika dan Operasi perhitungan data. Bisa dikatakan hal yang kita bahas disini berhubungan dengan Ms. Excel dan materi ini ada pada mata pelajaran di SMK loh.

Kita akan membahas beberapa operator yang dilakukan dalam operasi secara satu persatu berikut ini :

  1. Operator Aritmatika

Operator aritmatika adalah operator yang melakukan operasi dasar dalam perhitungan seperti penambahan, pengurangan, pembagian, perkalian, persentase, eksponensial, dan penggabungan bilangan.

Tombol

Nama Tombol

Fungsi Tombol

+

Tanda Plus

Penjumlahan

-

Tanda Minus

Pengurangan

*

Tanda Bintang (Asterisk)

Perkallian

/

Tanda garis miring (Slash)

Pembagian

^

Tanda circumflex accent

Perpangkatan

  

  1. Operator Perbandingan

Bagi sahabat yang bingung apa itu operator perbandingan, sebenarnya operator ini bida dikatakan tugasnya membandingkan dua buah nilai. Biasanya hasil perbandingan nilai logika seperti True atau False. True itu nilai yang dihasilkan benar, namun untuk nilai salah maka logikanya False.

  1. Penggabungan Teks

Kalau tentang penggabungan teks ini dari katanya saja yaitu menggabungkan jadi dia menggabungkan data yang bersifat teks. Operator ini bisa bisa kita manfaatkan jika kita ingin menggabungkan dua teks yang berasal dari dua kolom yang berbeda menjadi satu kolom.

  1. Operator Acuan

Mengenai operator acuan terdiri dari 3 buah yakni titik dua (:) , koma (,) , dan spasi yang berguna untung menggabungkan sel yang terkait.

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya kita akan menggunakan Microsoft Excel dalam mengolah atau melakukan operasi tersebut. Perangkat lunak pengolah angka sangat memiliki kegunaan yang banyak dalam membantu pengolahan data seperti beberapa kegunaan dari software perangkat lunak yang ada dibawah ini :

  • Perangkat lunak pengolah akan bisa menyimpan data teks atau angka
  • Mengolah data berupa angka dengan memanfaatkan operator – operator aritmatika atau statistik.
  • Pengolah angka ini bisa menampilkan informasi yang sahabat butuhkan yang diolah dalam bentuk tabel atau bisa juga dalam bentuk grafik

Fungsi Logika Pada Perangkat Lunak Pegolah Angka

Kita beralih tentang Fungsi dalam pengolah angka, dimana fungsi ini adalah rumus yang sudah ada pada pengolah angka untuk mencari nilai tertentu berdasarkan data yang ada. Jika sahabat Greader melakukan perhitungan untuk data sederhana bisa menggunakan fungsi ini namun juga sangat cocok untuk data yang kompleks.

Dalam menggunakan fungsi selalu diawal dengan tanda sama dengan (=), kemudian diikuti dengan nama fungsi, sebuah tanda buka kurung, argumen-argumen dari fungsi yang dipisahkan dengan tanda koma, dan sebuah tanda tutup kurung. Nama fungi mengacu pada fungsi yang digunakan. Umumnya, nama fungsi dekat dengan nilai yang dicari oleh fungsi tersebut. Misalnya, fungsi AVERAGE untuk menghitung rata-rata dan fungsi SUM untuk mencari jumlah.

  • COUNT : Ini adalah fungsi yang menghitung banyaknya jumlah data yang ada dalam suatu range kita pilih
  • AVERAGE : ini adalah fungsi untuk mencari nilai rata-rata dari cel yang kita pilih
  • SUM : fungsi sum ini untuk menghitung jumlah nilai yang ada pada sel yang kita pilih
  • MAX : Menghitung nilai tertinggi data dalam suatu range
  • MIN : Menghitung nilai terendah data dalam suatu range
  • ROUND : Membulatkan data
  • SQRT : fungsi ini untuk mencari akar dari sebuah nilai

 

Penulis : Ulti Desi Arni

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...