Contoh Penerapan Sistem Pakar Dalam Kehidupan Sehari-hari

Halo sahabat GCI!, kali ini kita membahas apa itu sistem pakar, konsep ataupun struktur di dalamnya dan contoh penerapan sistem pakar dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum kita membahas lebih jauh, terlebih dahulu kita harus tahu apa itu sistem pakar. Sistem pakar terbagi menjadi dua suku kata yaitu “sistem” dan “pakar”. Sistem adalah langkah atau elemen yang dilakukan atau diterapkan untuk memberikan solusi ataupun suatu tujuan. Sedangkan pakar adalah orang yang mahir atau ahli dalam suatu bidang khusus. Sistem pakar adalah ilmu pengetahuan yang diterapkan pada komputer menggunakan algoritma-algoritma program dan logika dalam memberikan solusi pada suatu bidang.

Struktur expert system atau sistem pakar yaitu inference engine (mesin inferensi), knowledge base (pengetahuan), user interface (antar muka), dan working memory.

Pada expert sistem sahabat Greader itu ada dua bagian utama yaitu :

  1. Development Environment (Lingkungan pengembangan) bertujuan menginputkan logika atau ilmu pengetahuan dari seorang ahli kedalam expert system
  2. Consultation Environment (Lingkungan konsultasi) bertujuan user dapat memahami dan mengerti pada pengetahuan yang dibuat pada sistem pakar (non-expert)

Desain arsitektur expert system atau sistem pakar

  1. User interface (antarmuka) adalah bentuk visual dan cara user untuk dapat berinteraksi dengan sistem pakar.
  2. Knowledge (basis pengetahuan) bentuk formulasi pengetahuan dalam memberikan solusi pada suatu per
  3. Knowledge acquisition (akuisi pengetahuan) adalah implementasi ilmu pengetahuan kedalam bentuk kode program komputer.
  4. Inference Engine atau bahasa lainnya Greader adalah mesin inferensi merupakan bagian utama pada sistem pakar atau control structure.
  5. Workplace adalah kumpulan working memory yang bertujuan untuk mendokumentasikan hasil serta hasil akhir.
  6. Fitur penjelasan ini adalah GReader, fitur yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dari expert system.
  7. Fix Knowledge atau perbaikan pengetahuan bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dari kinerja yang sudah dilakukan.

Sahabat GCI, aplikasi penerapan sistem pakar atau expert system dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari contohnya dalam bidang kesehatan, kedokteran, manajerial, bidang terapi dan farmakologi, pisikologi dan lain-lain.

  1. Penerapan expert system atau sistem pakar pada bidang kesehatan

Aplikasi E2gLite yaitu sistem yang didesain untuk menerima masukan konsultasi dari user atau pengguna, sistem ini di develop oleh Expertise2Go (berbasis internet). Aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu mengedepankan usability dari user atau pengguna dalam mengakses aplikasi ini. Dan aplikasi ini dapat diakses menggunakan browser yang terintegrasi fitur java. E2gLite dapat diunduh pada link berikut ini : www.Expertise2go.com (free)

  1. Penerapan expert system atau sistem pakar pada bidang medical

Pada bidang kedokteran, sistem pakar digunakan untuk mendiagnosis penyakit sesuai dengan gejala, dan berdasarkan itu Greader dapat memberikan solusi dalam menyembuhkan penyakit tersebut. Dalam bidang ini, dilakukan analisis berdasarkan jenis penyakit menggunakan algoritma program yang sudah dikembangkan oleh tim dan ahli dalam mengatasi penyakit seseorang.

  1. Penerapan expert system atau sistem pakar pada bidang manajerial

Pada bidang manajerial, sistem pakar melakukan analisis, sintesa, dan integrasi untuk membangun perusahaan dengan analisis pada expert system.

  1. Penerapan expert system atau sistem pakar pada bidang kesehatan (farmakologi & terapi)

Pada bidang terapi dan farmakologi merupakan sistem yang besar dan kompleks karena sistem diharuskan untuk menganalisa penggunaan obat secara benar, tepat, dan akurat dalam tindakan medis

  1. Penerapan expert system atau sistem pakar pada bidang psikologis

Pada bidang psikologis digunakan sistem pakar salah satunya untuk menganalisis gangguan pada pertumbuhan anak. Analisis yang dilakukan menggunakan certainty factor untuk mengetahui gangguan yang terjadi pada pertumbuhan anak.

 

 Penulis : Benyamin Tupang

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...