Peluang kerja jurusan RPL

Peluang kerja jurusan RPL

  2018-06-26 10:30:00     aknovia     Dibaca 348 kali

Dalam jurusan RPL kita diajarkan berbagai macam teknik dan cara pembuatan software program seperti games, website, aplikasi, database dll. Sebenarnya bukan itu hal inti yang dapat dilihat dari jurusan rpl tapi yangharus dilihat adalah bagaimana cara pengolahan data dan berbagai macam program yang dilakukan anak RPL  serta cara meneliti dan membuatnya. Dalam jurusan RPL ini siswa dituntut untuk belajar dengan sungguh-sungguh, tekun dan penuh konsentrasi tinggi sehingga dapat ilmu dengan mudah masuk dan melekat di kepaa kita serta dapat memudahkan kita dalam melakukan praktek karena sudah mengerti dan paham dalam bidang tersebut.

Berikut peluang kerja yang dapat dihasilkan bagi jurusan RPL :

  1. Konversi PSD ke Wordpress
    Merupakan suatu pekerjaan yang melayani berbagai keinginan klien untuk mengubah suatu file menjadi file wordpress, sehingga dapat digunakan dan sesuai dengan apa yang diminta klien.
  1. Developer IT

    Merupakan pekerjaan yang mengaharuskan kita dapat mengembangkan suatu perangkat lunak untuk memenuhi keinginana yang dibutuhkan klein. Seperti perangkat lunak yang sering di gunakan di bidang pendidikan, komunikasi, hiburan games, bisnis, sosial media dan berbagai software lainnya.

  2. Programmer

    Merupakan pekerjaan membuat program perangkat lunak dari sebuah komputer untuk memudahkan penggunaan dan fungsi tertentu. Programmer tidak hanya dapat bekerja pada bidang IT saja namun juga bisa pada bidang industri maupun media.

  3. IT colsultant
    Jurusan RPL juga dapat bekerja sebagi IT consultant yang bertugas dalam perencanaan dan pengevaluasian serta penerapan IT pada sebuah organisasi atau individual. Bisa sebagai tutor dan mengajarkan atau berbagi ilmu kepada yang membutuhkan.
  1. System Analyst dan system integrator

    merupakan sebuah pekerjaan yang bertanggung jawab pada penganalisaan suatu program yang berbasis teknologi dan informasi pada sebuah perusahaan dan memberi solusi yang bersangkutan atau memanfaatkan perangkat lunak.

  2. Database engineer / data base administrator

    Pekerjaan ini yaitu sebagai pengatur dan pengamat data serta menyusun dan membagi data agar dapat di akses dan dicari dengan mudah, serta biasanya juga dapat bekerja sebagai akunting atau pengurus keuangan dengan cara menghitung jumlah masukan dan keluaran data yang di simpan pada sebuah database.

  3. Web engineer

    pekerjaan ini bertanggung jawab atas perancangan dan membuat website beserta layanan dan fasilitas aktif di berbagai kepentingan serta bertanggung jawab penuh dalam pengembangan dan memelihara website tersebut.

  4. Computer network / data communication engineer

    pekerjaan ini bertanggung jwab pada perancangan arsitektur jaringan komputer dan melakukan pengelolahan jarnga pada semua jaringan di perusahaan atau local area dan bertanggung jawab juga dalam pemeliharaan software tersebut.

  5. Game developer
    Pekerjaan ini bertanggung jawab dalam pembaruan dan pengenmbangan game yang dapat membuat minat dan ketertarikan para penyuka game menjadi meningkat dan menambah pundi-pundi penghasilan.
  1. Intellegent system developer
    Pekerjaan ini melakukan sebuah pengembangan perangkat lunak secara intelegen seperti image recognizer, sistem pakar dll. Serta juga bertanggung jawab pada pembaruan dan perawatan software.
  1. Software tester
    Pekerjaaan ini memiliki peran khusus yaitu menguji perangkat lunak dan bertanggung jawab penuh atas kebenaran fungsi dari sebuah perangkat lunak maupun pada systemnya.

Mukin itu beberapa peluang kerja yang sesuai dan seimbang dengan apa yang selama ini di pelajari dalam jurusan RPL sehingga dapan memudahkan dalam pekerjaannya.  Semoga bermanfaat bagi para readers dan selamat membaca.

Terima kasih~

Penulis : Mawaddah


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia