WhatsApp-Button
Pengertian Web 2.0

Pengertian Web 2.0

  2018-06-26 10:30:00     aknovia     Dibaca 4552 kali

Tahukan sahabat GCI bahwa web atau lebih lengkapnya world wide web juga mempunyai generasi? Pada tiap generasi web mengalami kemajuan dan tranformasi menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Web sudah melewati beberapa generasi. Yang pertama web 1.0 atau web generasi pertama. Web generasi pertama ini sudah sangat tidak cocok dengan zaman yang berkembang. Dan fiture yang dimiliki juga tidak bisa memenuhi keinginan konsumen. Pada web 1.0, web masih memiliki sifat yang statis atau dengan penjelasan lain jika ingin melakukan editing terhadap web harus melalui coding dan tidak bisa langsung pada web itu sendiri. Lain dari itu pada generasi pertama web masih difungsikan untuk perangkat yang hanya bekerja menampilkan. Web juga masih mempergunakan coding HTML yang murni sehingga hanya memungkinkan memberikan sekedar tampilan kepada user tanpa bisa melakukan timbal balik interaksi.

Karna kekurangan dan kelemahaannya web 1.0 akhirnya digantikan. Kali ini kita akan menfokuskan pada pengertian  web 2.0, yaitu web generasi kedua.

Istilah dari web 2.0 mulanya dilontarkan oleh media O'Reilly sekitar pada 2003 silam. Kemudian istilah tersebut semakin populer ditahun depannya pada penyelenggaraan acara perkenalan web 2.0  saat kali pertama. Web generasi kedua lebih menonjolkan versi baru dan seperti apa cara programmer atau pengembang system-sistemnya pada pengelolaan platform web.

Web 2.0 ini mempunya beberapa prinsip yang telah didukung oleh programnya. Yaitu :

  1. Web berguna sebagai platform
  2. Pengendali utama web adalah peran dari data
  3. Efek jaringan berhasil tercipta berkat arsitektur partisipasi
  4. Perakitan system juga situ yang dikumpul dengan cara mempertemukan fitur satu sama lain dari pengembang yang sifatnya distribusi dan independen
  5. Termasuk model sebuah bisnis yang tergolong ringan, yang kemudian dikembangkan dengan kelompok layanan juga isi
  6. Merupakan siklus peluncuran paling akhir pada software
  7. User juga lebih mudah dalam mengaplikasikannya

Perkembangan pada web 2.0 lebih tertuju pada bagaimana cara merubah pemikiran dan penyajian konten juga tampilan yang akan muncul pada halaman website.

Selain memiliki prinsip, world wide web generasi kedua juga mempunya cirri-ciri khusus yang harus ada pada web tersebut. Ciri-cirinya yaitu :

  1. Web 2.0 memerlukan internet untuk berperan sebagai platformnya. Platform yang dimaksud pada pengertian ialah tempat atau landasan dari suatu aplikasi tersebut akan dijalankan. Dengan internet yang bekerja sebagai platform dapat diartikan bahwa web bukanlah berjalan diatas suatu operating system melainkan menggunakan internet sebagai landasan untuk beroperasi. Kelebihannya terlihat jelas yaitu sahabat gci tidak perlu menginstall apapun untuk mengaplikasikan web. Dan aplikasi yag ada juga tidak dibatasi operating system.
  2. Pada web 2.0 aplikasi yang dimiliki mempunya sifat istimewa, ialah mampu menggunakan dengan baik keahlian dari beberapa secara kolektif. Sehingga web digunakan sebagai sumber pengetahuan dunia untuk khalayak secara keseluruhan. Contoh dari besarnya manfaat ciri web yang satu ini ialah website Wikipedia.
  3. Kehebatan yang paling menonjol dari web 2.0 ialah terdapat pada data yang dimiliki. Web mampu memanajemen data menjadi kuat dan mudah dipahami.
  4. Web 2.0 juga sangat mudah digunakan sehingga orang-orang tidak mudah meninggalkan website dan menggunakannya dengan jangka waktu berdekatan. Juga pengembangan aplikasi oleh programmer yang semakin menarik minat penggunanya.
  5. Sifat web 2.0 dengan platform OS biasa sangatlah berbeda. Seperti google yang kerap di update tanpa penentuan waktu yang tidak dijadwalkan  dan terbilang cepat. Lain dengan OS seperti windows yang membutuhkan jangka 2 sampai 3 tahun untuk setiap perilisan.
  6. Web 2.0 mampu bekerja dengan dengan sifat integrasi melalui beberapa perangkat.
  7. Web 2.0 juga membubuhkan banyak keunggulan meskipun bekerja diatas browser.

Sudah terdapat juga web generasi ketiga. Namun kita akan membahas lebih jelas pada kesempatan yang lain. Silahkan mencoba dan merasakan keunggulan dari web generasi kedua sahabat GCI.

Selamat mencoba ~

 Penulis : Apaf Nur


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia