Mengenal Apa itu EAPROM

Electronically Alterable Programmable Read Only Memory atau yang disingkat EAPROM adalah jenis memori dimana memungkinkan kita untuk bisa merubah isi dari memori tersebut dan kita tidak perlu harus menghapus semua isi dari memori itu.

Bentuk dan rangkaian dari memori dari ini sangat sulit dijumpai

Pengalamatan pada Memori

Yang dimaksud dengan pengalamatan adalah cara menunjuk atau menempatkan suatu lokasi memori disebuah alamat di mana operand akan diambil. Mode pengalamatan diterapkan pada set instruksi.

Instruksi yang ada biasanya sebuah instruksi seperti alamat dan opcode (kode operasi). Berikut yang termasuk dalam mode pengalamatan pada memori adalah :

1. Direct Addresing

Pada pengalamatan ini yaitu dengan mengambil langsung nilai pada alamat memori lain untuk digunakan atau di pakai.

Contohnya: MOV A,30h.

Intruksi ini akan membaca data dan Ram Internal yang beralamat 30h setelah itu akan disimpan pada akumulator. Nilai yang didapat pada mode ini tidak langsung namun mode ini bisa dikatakan cukup cepat karena disimpan dalam RAM Internal. Selain itu mode ini lebih mudah digunakan karena nilai yang diperoleh dari lokasi memori yang kemungkinan bervariasi

Kelebihan direct addresing adalah berisi alamat efektif sebuah operand pada field alamatnya sedangkan letak kelemahan mode ini yaitu keterbatasan field untuk alamat disebabkan oleh panjang word yang ada lebih besar dibandingkan panjang field.

2. Indirect Addressing

Mode yang satu ini  sangat berfungsi disebabkan kemampuan yang dimiliki mode ini memberikan keluesan tinggi pada pengalamatan sebuah nilai. Mode ini dapat mengakses Ram internal 8052 dan dan 128 byte lebih, dan merupakan mode satu-satunya yang mampu melakukannya.

Contoh: MOV A,@R0.

Mode pengalamatan ini selalu menunjuk terhadap RAM Internal yang mengakibatkan mode ini tidak pernah menunjuk pada SFR. Hal ini hanya bisa digunakan untuk keluarga 8052 yang memiliki ruang Ram Internal 256 byte jika memberi alamat lebih dan 7Fh. Kelebihan yang dipunyai oleh mode ini terdapat dalam ruang bagi alamat besar yang membuat banyak alamat yang dapat referensi. Kekurangan yang terdapat pada mode ini yaitu memerlukan acuan memori ganda untuk satu fetch yang membuat proses operasi lambat.

3. Immediate Addresing

Mode yang satu ini adalah yang paling diincar sehingga banyak digunakan disebabkan oleh nilai yang disimpan pada pengalamatan mode ini langsung mengikuti kode operasi pada memori.

Istilah lainnya untuk disimpan mode ini tidak memerlukan pengambilan nilai dan alamat lain.

Contohnya: MOV A,#20h.

Pada intruksi MOV A,#20h akumulator diisi menggunakan nilai langsung yang mengikutinya yaitu 20h. Mode ini mampu lebih cepat karena nilai yang ada pada mode ini langsung ada. Kelebihan dari mode ini adalah :

  1. mode ini tidak memiliki memori rujukan selain intruksi yang dibutuhkan dalam memperoleh operand.
  2. proses operasi keseluruhan lebih cepat karena menghemat siklus instruksi.

Kekurangan yang dimiliki mode ini yaitu ukuran field alamat membatasi ukuran bilangan.

 

#GarudaCyber23Mei/Ulti

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...