Pengertian dan Dasar-Dasar dari Mikrokontroler

Apakah anda sudah tahu dengan Mikrokontroler ini? Kira-kira seperti apa kegunaan dan bentuknya? Baiklah, kali ini saya akan membantu para readers untuk menjawab semua itu. Mungkin kesempatan yang ada saat sekarang ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Mikrokontroler dan apa dasar-dasar dari Mikrokontroler tersebut. Mikrokontroler ini adalah bagian yang terdapat pada CPU atau anda pasti mengenalnya dengan kepanjangan dari Control Processing Unit atau bahasa lainnya yaitu merupakan sesuatu yang inti dari komputer.

PENGERTIAN MIKROKONTROLER

CPU (Control Processing Unit) adalah sebuah pusat komputer yang merupakan perangkat keras dari komputer itu sendiri yang bertugas atau berfungsi sebagai penerima dan pelaksana suatu perintah dan data yang ada dari sebuah perangkat lunak. Sedangkan Mikrokontroler merupakan suatu bagian elektronik yang dalam wujudnya seperti IC (Integrated Circuit) yang dapat berguna sebagai komputer tetapi dalam ukuran yang kecil atau minim. Kata Mikrokontroler ini ialah gabungan dari dua kata yaitu Mikro dan Controler. Mikro berarti yang sangat kecil, sedangkan controler berarti sebuah pengendali. Jika kata Mikrokontroler ini menjadi atau berarti suatu unit pengendali yang dalam ukuran yang sangat kecil.

Mikrokontroler ini bisa diprogram untuk sebuah perintah tertentu. Mikrokontroler ini memiliki isi dari  suatu benda penyimpan sebuah data yang digunakan untuk menyimpan data sebuah program. Program ini merupakan sebuah program yang dibuat secara manual oleh manusia dengan susunan dan kepentingan tertentu. Agar bisa digabungkan dengan mikrokontroler tersebut, maka program yang dibuat oleh manusia ini harus diubah ke dalam bentuk hexa atau pun binery. Istilah ini bisa dibilang dengan meng-Compile sebuah data yang ada.

Mikrokontroler terdapat keunggulan tersendiri yaitu tersedia sebuah RAM dan peralatan I/O pendukung yang membuat ukuran board mikrokontroler ini menjadi lebih praktis. Mikrokontroler merupakan suatu chip pada komputer yang memilki fungsi untuk pengontrol susunan dari alat elektronik dan secara garis besar dapat menyimpan program yang ada. Mikrokontroler terbagi atas Memori, I/O khusus,  ROM, Timers (pewaktu), dan unsur pendukung seperti ADC atau (Analog Digital Converter) yang sudah terjamin pada isi dalamnya.

DASAR-DASAR MIKROKONTROLER

1.Sistem Input Komputer

Perangkat masukan menyajikan sebuah informasi kepada suatu sistem dari komputer  dari komponen luar. Komponen yang penting dalam komputer adalah Keyboard.

2. Sistem Output Komputer

Perangkat keluaran dipakai dalam berhubungan sebuah informasi ataupun aksi dari sitem pada komputer dengan komponen luar. Komponen yang utama dalam keluaran yaitu Monitor.

3. CPU (Central Processing Unit)

CPU ini merupakan otak daripada komputer yang berguna melakukan sebuah instruksi pada program oleh user.

4. Clock dan Memori Komputer

Sistem ini digunakan untuk clock atau pewaktu untuk membangkitkan CPU

5. Program Komputer

Program merupakan hasil imajinasi yang di ciptakan oleh seorang programmer

6. Sistem Mikrokontroler

Penggambaran sistem pada komputer ialah komponen yang dikelilingi dengan garis yang putus-putus. Bagian itulah yang membentuk mikrokontroler

JENIS-JENIS MIKROKONTROLER

Ternyata ada banyak jenis mikrokontroler tersebut yang dipakai oleh masyarakat banyak. Jenis ini dibedakan dengan pabrik, generasi, kumpulan perintah, memori, dan bentuknya. Kumpulan perintahnya mikrokontroler ini dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu :

1.CISC, adalah kepanjangan Complex Instruction Set Computer yaitu mikrokontroler dengan sekumpulan instruksi yang utuh bagiannya. Bagian dari mikrokontroler MCS51 dari ATMEL termasuk ke dalam bentuk yang ini.

2.RISC, adalah kepanjangan dari Reduced Instruction Set Computer yaitu mikrokontroler yang mempunyai kumpulan perintah yang tidak utuh atau terbatas. Bagian yang terdapat dari mikrokontroler AVR dari ATMEL tergolong bentuk yang ini.

 

Penulis : HARIST ARYO PUTRA

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...