WhatsApp-Button
Penjelasan Analisis Swot Beserta Contohnya Pada Sebuah Perusahaan

Penjelasan Analisis Swot Beserta Contohnya Pada Sebuah Perusahaan

  2018-05-18 13:08:18     Ulti Desi Arni     Dibaca 3312 kali

Analisis SWOT merupakan suatu teknik kerja yang sangat strategis dalam menghindari ancaman dan kekurangan dan mencari peluang dan keuntungan kerja yang dapat kita terapkan dalam bidang usaha, bisnis, proyek,  pendidikan, dan  terutama pada diri sendiri. Manfaat dan tujuan analisis Swot ialah untuk menerapkan 4 faktor secara tepat tentang bagaimana cara menerapkan kekuatan, mengatasi kelemahan, mencari peluang, dan cara menghadapi berbagai ancaman dalam mendirikan sebuah usaha.

Ketika cara kerja ini dapat di terapkan secara tepat dengan cara menggabungkan elemen-elemen tersebut maka kesuksesan dalam meraih visi dan misi yang sudah direncanakan akan tercapai dengan mudah dan memberikan hasil yang optimal. Sehingga memberi keuntungan dan kesuksesan yang besar bagi kita.

Contoh analisis Swot pada sebuah perusahaan yaitu :

Analisis SWOT PT. Astra Honda Motor (AHM)

Sebuah perusahaan dalam bidang industri otomotif manufacturing yang menjalankan usaha penjualan motor yang berawal dengan nama PT. Federal Motor dan kini sudah berkembang pesat menjadi perusahaan yang  terbesar dalam skala nasional. Hampir selama 50 tahun PT. MHA mendominasi pasar otomotif nasional meskipun tidak luput dari turun naik nya saham perusahaan tersebut tapi mereka dapat bangkit dan memuncaki penjualan otomotif di tanah air.

Untuk mengetahui bagaimana pasang surutnya dan perjalanan PT. MHA dalam mencapai kesuksesannya mari kita lihat analisis swot seperti apa yang diterapkan oleh PT ini dalam menjalankan usahanya.

  1. STRENGTH

Merupakan kekuatan yang menjadi modal dasar oleh PT. MHA dalam mengembangkan usahanya dan bersaing dengan perusahaan lainnya, berikut kekuatan yang digunakan oleh PT. MHA ialah sebagai berikut :

  • KUALITAS, produk-produk yang dihasilkan oleh PT. MHA sangat memiliki kualitas yang tinggi dan berstandart internasional sehingga di banyak diminati dan di percayai oleh khalayak masyarakat.
  • KUANTITAS, dengan memiliki cabang pabrik yang luas maka produk yang dihasilkan sangat maksimal.
  • BRANCH MARK, produk yang dihasilkan PT. HMA telah melegenda di masyarakat.
  • PRESTASI, telah banyak sejumlah penghargaan di dapatkan oleh PT. MHA yang membuat PT ini menjadi lebih unggul dibanding PT-PT lainnya dikarenakan prestasinya yang patut di acungi jempol.
  • SPARE PART, karena PT. MHA yang sudah berkembang dan membuka cabang hampir di seluruh Indonesia, maka sangat mudah untuk menemukan suku cadangnya.
  • DEALER, dealer yang telah tersebar hampir ke seluruh pelosok Indonesia.
  • TEKNOLOGI, PT. MHA selalu mengikuti perkembangan teknologi sehingga membuat PT ini selalu diminati karena tidak pernah ketinggalan dan selalu dapat membuat produk yang sesuai dengan perkembangan zaman.
  • HARGA PRODUK, PT. MHA juga mementingkan penghasilan ekonomi masyarakat, karena selain membuat produk untuk kelas atas, PT. MHA juga menyediakan produk yang memiliki harga rendah untuk kalangan biasa yang memiliki penghasilan ekonomi rendah.
  1. WEAKNESS

Selain mengutamakan kekuatan, PT. MHA juga memperhatikan kelemahan yang harus di tingkatkan supaya tidak membuat kerugian atau minat masyarakat berkurang pada produknya. PT. MHA pun mempunyai sisi kekurangan yang mereka jadikan motivasi untuk menjadi lebih baik ke depannya, seperti:

  • MODEL DAN DESIGN, PT. MHA memang masih memiliki design yang standar dibandingkan dengan perusahaan otomotif lainnya, design yang dimiliki PT. MHA masih terbilang standar dan membuat minat masyarakat sedikit berkurang.
  • PRODUK PREMIUM, merupakan produk yang di produksi oleh PT. MHA yang memiliki harga cukup mahal sehingga membuat masyarakat agak kesulitan untuk membelinya.
  • TIRUAN, saat ini negara lain dengan mudah mulai meniru produk dari MHA dan menjualnya dengan harga yang lebih murah.
  • SUKU CADANG KW, begitu juga dengan suku cadang yang sering di tiru dan di pasarkan sehingga pelanggan harus jeli dalam memilih supaya tidak mendapatkan barang berkualitas rendah/KW.
  1. OPPORTUNITIES

Selanjutnya adalah peluang yang didapatkan oleh PT.MHA dalam persaingan di pasar industri otomotif yang semakin pesat.

  • JUMLAH PENDUDUK, tingkatan jumlah penduduk yang semakin meningkat menyebabkan banyak nya kebutuhan yang perlu di penuhi dan seperti sekarang banyak nya kebutuhan transportasi yang di butuhkan untuk mempercepat dan mempermudah masyarakat dalam melakukan aktivitas disitulah PT. MHA memiliki peluang besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menciptakan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan ma
  • EKSPANSI EKSPOR, PT. MHA juga sudah melakukan ekspansi usaha ke luar negri dengan mengekspor produk-produk honda ke luar negeri dengan tujuan untuk memperluas jaringan usaha.
  • KEPERCAYAAN HONDA JAPAN CORP, kepercayaan yang di berikan brand honda jepang kepada PT. MHA juga menjadi peluang yang besar karena ternama di luar maupun dalam nege

    4.THREAT

Tidak mungkin tidak ada ancaman dalam sebuah usaha, ancaman akan selalu datang apalagi pada sebuah perusahaan yang maju karena memiliki persaingan yang ketat, berikut adalah contoh ancaman pada PT. MHA antara lain :

  • PRODUSEN LAIN, munculnya berbagai macam perusahaan otomotif lain seperti YAMAHA merupakan suatu ancaman yang dapat menjadi saingan dalam pemasaran oleh PT. MHA.
  • KRISIS GLOBAL, krisis global kapan saja bisa terjadi dan membuat per-ekenomian menjadi krisis dan menyebabkan daya jual pasar semakin rendah.
  • SUKU CADANG IMPORT, masih kuran nya teknologi produksi mengharuskan PT. MHA masih bergantung pada PT . HONDA JAPAN dalam pembuatan spare part.

Selamat mencoba ^^

 

 

Penulis : Mawaddah Leody


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia