WhatsApp-Button
Konsep Dasar framework YII2 dan Cara Menggunakan Generator GII

Konsep Dasar framework YII2 dan Cara Menggunakan Generator GII

  2017-12-22 18:14:55     aknovia     Dibaca 1400 kali

Assalamualaikum temen-temen Garuda Cyber..

Gimana kabarnya ya hari ini??? InsyaAllah sehat selalu yaa smile

Oh iyaa sebelumnya terimakasih udah  kepoin kami di garudacyber.co.id hehehe..
Sedikit flash back, masih ingat dong dengan postingan sebelumnya kita membahas tentang apasih alasan lebih memilih pemrograman berbasis framework dibandingkan native.
Bagi temen-temen yang setuju dengan postingan tersebut, akan sangat menarik untuk terus mengikuti pembahasan hari ini, karena kita akan membahas tentang konsep Dasar pemrograman berbasis framework khususnya yii2.

Sedikit materi ,Yii adalah sebuah framework open source yang berbasis php. Nama Yii sendiri singkatan dari “Yes It Is!”. Sama halnya dengan framework php pada umumnya, Yii juga telah mengadopsi konsep MVC – Model, View, Controller dalam struktur pemrogramannya.

Kita akan mulai mmebahas konsep dasar dari YII2 yaitu MVC (model, view dan controller).

  1. Model
    Model, biasanya bagian yang memiliki hubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data (insert, update, delete, search), menangani berbagai validasi dari bagian controller, akan tetapi bagian ini tidak dapat berhubungan secara langsung dengan bagian view.
  1. View, merupakan bagian yang khusus untuk menangani presentation logic. Pada suatu aplikasi web bagian ini biasanya berisi file HTML, yang diatur oleh controller. View berfungsi sebagai penerima dan yang merepresentasikan data kepada user. Bagian ini tidak memiliki akses langsung terhadap bagian model.
  2. Controller, merupakan otak dari program atau bagian yang bertugas untuk mengatur hubungan antara bagian model dan bagian view, controller berfungsi sbagai penerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikas

Nah, itu dia penjelasan singkat tentang gimana sih konsep dasar dari MPC cool. Oke, kita akan kembali ketopik pembahasan kita yaitu Konsep Dasar Pemrograman Framework YII2.

Disini kita tidak bahas tentang bagaimana cara menginstalnya ya, karena untuk instalasinya kita dapat langsung mengikuti tutoial yang disediakan oleh YII itu sendiri.

Kita akan memulai dengan setting database, dengan cara buka buka folder aplikasi kita -> config -> db.php, di disitu kita akan mengatur database yang akan kita gunakan.

Setelah setingan database sudah selesai, sekarang saatnya kita menggunakan Generotor YII yaitu GII. Generator ini berfungsi untuk generet Controller, model dan view, jadi ini akan sangat membantu kita dalam mempercepat pembuatan aplikasi. untuk akses gii tersebut dapat membuka ling "http://localhost/projectanda/web/index.php?r=gii". akan muncul tampilan untuk menggunakan GII seperti berikut:

Seperti yang dapat kita lihat pada gambar, disitu ada pilihan untuk Model Generator, CRUD Generator, Controller Generator, Form Generator, Module Generator dan Extension Generator.

Kita akan memulai dengan menggunakan Model Generator, menu ini digunakan untuk gegerator model. setelah kita memilih menu tersebut akan muncul form setingan modelnya seperti gambar berikut :

Penjelasan

  1. Kolom pertama tersebut kita isi dengan nama tabel kita, dan kolom dibawahnya kita isi dengan nama model yang akan kita buat, lalu tekan button preview dan diakhiri dengan menekan button generate.

Tahap selanjutnya adalah dengan melakukan generet CRUD, dengan cara memilih menu CRUD generator td. setelah kita pilih, akan muncul form detingan CRUD Generator seperti berikut.

Penjelasan :

  1. model class kita isi dengan model class yang sebelumnya telah kita buat yang diertai dengan path posisi model tersebut.
  2. SearchModel class kita isi dengan nama search model yang akan kita buat disertai pathnya
  3. controller class kita isi nama controller dan pathnya.

Setelah form tersebut selesai terisi, tekan button preview dan diikuti dengan menekan button generate.

sudah berhasil sampai ketahap ini?? jika sudah, kita sudah bisa melukan CRUD (Create, Read, Update, Delete) pada aplikasi kita denga cara mengkases halaman "http://localhost/projectanda/web/index.php?r=user". selesai deeehh laughing

gimana?? mudah kann?? membuat satu CRUD standar kita cuma membutuhkan waktu 10 menit hehehehe..

Oke deehhh, sampai disini dulu pembahasan kita ya, mudah-mudahan di lain waktu kita bisa belajar sama-sama lagi smile oh iyaa, jgn lupa share yaa cool hehehe

 

Penulis : Eko Saputra - Programmer

 

 

 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia