WhatsApp-Button
SMS Gateway, Solusi Cerdas untuk Menghemat Biaya Marketing, Informasi dan Promosi

SMS Gateway, Solusi Cerdas untuk Menghemat Biaya Marketing, Informasi dan Promosi

  2017-12-15 14:21:33     aknovia     Dibaca 1084 kali

Siapa yang tidak kenal dengan SMS (Short Message Service), salah satu fitur mobile phone untuk mengirimkan pesan kepada orang lain. Fitur SMS ini sudah mengakar sejak kemunculan telepon genggam. Karena kesederhanaannya, hingga saat ini SMS masih digunakan oleh sebagian kalangan. Dalam perkembangannnya, SMS kini sudah dapat dilakukan dengan cara mengirimkan pesan sms yang sama dan dalam waktu yang bersamaan kepada banyak orang, yang disebut SMS Gateway.

SMS Gateway merupakan sebuah komunikasi dua arah melalui platform yang menyediakan mekanisme untuk mengirim dan menerima SMS dari perangkat mobile (HP / Smartphone). SMS Gateway dapat dimanfaatkan untuk keperluan seperti melakukan polling SMS, transaksi terhadap sistem, pemantauan, maupun untuk memberi nilai tambah terhadap perusahaan dengan melakukan peningkatan kualitas pelayanan pelanggan dan konsumen melalui layanan SMS Center perusahaan.

Manfaat Penggunaan SMS Gateway

Penggunaan SMS Gateway ini akan lebih mempermudah dalam melakukan pengiriman pesan ke ratusan nomor tanpa Anda harus mengetik nomor-nomor tersebut satu persatu. Ini dikarenakan data nomor tersebut telah diambil secara otomatis dari database yang telah diinputkan.

Berikut ini merupakan manfaat lain yang akan Anda dapatkan jika menggunakan SMS Gateway :

  1. Mempermudah mengirim informasi promo terbaru, baik diskon maupun pengumuman tentang program terbaru.
  2. Mempermudah mengirimkan informasi produk terbaru.
  3. Mempemudah melakukan penerimaan sms Keluhan maupun Komplain.
  4. Mempermudah melakukan pengiriman SMS khusus untuk karyawan atau pegawai berdasarkan group.
  5. Sebagai tempat untuk pelanggan melakukan update informasi seperti cek harga, cek stok, cek promo, dan masih bnyak lagi.
  6. Mempermudah untuk melakukan pengiriman SMS berkonten motivasi.
  7. Mempermudah memberikan informasi batas waktu pembayaran cicilan terhadap nasabah.

Secara umum, SMS Gateway dapat digunakan untuk melakukan pengiriman :

  1. SMS Informasi
  2. SMS Pengumuman
  3. SMS Pengingat
  4. SMS Layanan Pelanggan
  5. SMS Kampanye
  6. Dan lain sebagainya

Mekanisme Cara Kerja SMS Gateway

SMS Gateway akan melibatkan komunikasi antara Pengirim, Operator dan Penerima. Pada sisi Pengirim, dibutuhkan Personal Computer (Komputer) / Laptop, Modem, Simcard GSM Operator, dan Pulsa.

Pada sisi Penerima cukup dibutuhkan gadget, baik GSM maupun CDMA yang memiliki ruang lingkup area BTS Operator.

Sedangkan sebagai penghubung antara Pengirim dan Penerima dibutuhkan jasa Operator. Operator ini perlu memiliki BTS atau Satelit yang akan digunakan sebagai koneksi antara Simcard dengan satelit, dan operator juga perlu memiliki Server SMS Data Center (SMSC) yang fungsinya untuk menyimpan data data SMS maupun pesan yang dikirimkan oleh Pengirim. Saat Pengirim mengirimkan pesan, SMSC lah yang akan bertugas mengirimkan pesan tersebut ke nomor tujuan. Apabila nomor tujuan tidak aktif, maka tugas SMSC selanjutnya adalah menyimpan pesan tersebut dalam jangka waktu tertentu. Seandainya dalam jangka waktu tertentu tersebut SMS tidak kunjung terkirim, secara otomatis SMS akan dihapus dari penyimpanan SMSC.

Siapa saja yang Membutuhkan SMS Gateway ?

  1. Anda yang merupakan seorang pemilik atau karyawan di perusahaan finance dan ingin mengirimkan informasi tagihan terhadap debitur secara terjadwal dan otomatis.
  2. Anda yang merupakan seorang pemilik online shop dan ingin menerima notofikasi tentang pemesanan produk baru melalui SMS.
  3. Anda yang merupakan seorang pemilik perusahaan dan ingin membangun SMS Center sebagai fasilitas untuk menerima masukan, kritik maupun saran secara online 24 jam.
  4. Anda yang sangat membutuhkan media marketing yang efektif sebagai sarana promosi maupun pemasaran melalui SMS.
  5. Anda yang merupakan seorang karyawan yang bekerja di instansi kepemerintahan dan ingin membangun SMS Center sebagai wadah informasi dan penerimaan keluhan masyarakat.

Cara Membuat SMS Gateway

Pembuatan SMS Gateway dibutuhkan seseorang yang ahli dalam bidang pemrograman (Pembuat : Programmer). Tidak hanya itu, seorang Programmer sangat perlu untuk memahami alur dari SMS Gateway itu sendiri. Tentu ini sangat tidak mudah dalam membangun SMS Gateway bagi Anda yang belum begitu mengenal dengan dunia pemrograman sehingga akan dibutuhkan waktu yang lama dalam pembuatannya. Pembuatan SMS Gateway ini sangat dimungkinkan akan terjadi trial dan eror, demi mewujudkan aplikasi SMS Gateway yang siap pakai, handal dan sesuai akan kebutuhan Anda.

Saat ini telah tersedia penyedia untuk penjualan SMS Gateway di Pekanbaru. Penyediaan penjualan SMS Gateway di Pekanbaru ini dapat memenuhi kebutuhan Anda dalam pengiriman SMS menggunakan SMS Gateway. Terdapat fitur-fitur yang baik dan ini tentunya harus sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk jasa penjualan SMS Gateway di Pekanbaru dapat Anda temukan di Garuda Cyber Indonesia : Jl.HR. Subrantas No.188 Panam, Pekanbaru-Riau.

Dengan menggunakan SMS Gateway, perusahaan maupun tempat Anda bekerja akan mendapatkan manfaat yang sangat besar. Lancarnya komunikasi dengan pelanggan, mudahnya pelanggan dalam mendapatkan informasi terbaru, karyawan juga menjadi semangat bekerja setiap harinya dengan dikirimnya sms berupa motivasi, dan juga dapat bermanfaat sebagai media promosi dan marketing di perusahaan Anda. Ingin mencoba ?


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia