Sejarah dan Perkembangan Mac OS dari Awal Hingga Saat ini Bag 2

Masih seputar Sejarah dan Perkembangan Mac OS, bagi GReader yang belum membaca bagaimama sejarah dan perkembangan Mac OS saat diawal pembuatan, Greader dapat membaca artkelnya di bawah ini.

Baca Juga : Sejarah dan Perkembangan Mac OS dari Awal Hingga Saat ini

Pada artikel ini, akan dibahas Sejarah dan Perkembangan Mac OS dimulai tahun 2005 hingga saat ini.

  1. Tiger (Mac OS X 10.4)

Dirilis tahun 2005, dan memiliki penjualan hingga mencapai angka 2 juta kopi hanya dalam jangka waktu enam minggu, Mac OS X 10.4 atau yang disebut dengan versi Tiger ini , memiliki kelebihan dimana Mac versi Tiger merupakan Mac pertama yang menggunakan Intel.

  1. Leopard (Mac OS X 10.5)

Muncul tahun 2007, Mac versi Leopard diberikan transformasi dengan penambahan fitur Cover Flow di Finder dan Time Machine.

  1. Snow Leopard (Mac OS X 10.6)

Mac OC versi Snow Leopard menjadi salah satu versi Mac yang dilakukan pembaharuan besar-besaran oleh Apple, dengan tingkat pembaharuan mencapai 90 persen dari 1000 proyek yang ada pada pengembangan Mac OS X.

  1. Lion (Mac OS X 10.7)

Mac OS versi Lion memiliki kelebihan integrasi yang lebih baik antara iOS dan Mac dan diluncurkan tahun 2011. Ios merupakan sistem operasi buatan Apple Corporation yang diperuntukkan bagi Iphone dan perangkat-perangkat yang lainnya seperti iPod Touch, iPad, dan Apple TV. Sedangkan Mac OS diperuntukkan bagi komputer Macintosh. Mac OS Lion tidak hanya  memiliki kelebihan integrasi, namun juga Mac OS Lion ini merupakan Mac OS pertama yang dapat diunduh di Apple Store, toko aplikasi utama miliki Apple.

  1. Mountain Lion (Mac OS X 10.8)

Mac OS versi Mountain Lion, memiliki berbagai fitur dengan dukungan berupa aplikasi iMessage, iCloud dan integrasi ke jejaring sosial Twitter. Mac OS ini dirilis pada tahun 2012.

  1. Mavericks (Mac OS X 10.9)

Mac OS X yang kesepuluh ini dirilis pada tanggal 22 Oktober 2013, dengan versi Mavericks (diambil dari nama sebuah lokasi berselancar di California), dengan perubahan yang difokuskan pada ketahanan baterai, peningkatan Finder, integrasi iCloud, dan perbaikan power users.

  1. Yosemite (Mac OS X 10.10)

Dirilis pada 16 Oktober 2014, Mac OS X yang kesebelas ini dikenalkan pada pembaharuan user interface OS X. Grafis skeuomorphism pada Mac OS ini diganti menjadi desain grafi datar dan efek tembus kabur. Selain itu, ada perubahan pada beberapa icon, perubahan pada pencahayaan dan skema warna gelap, dan perubahan pada font Lucida Grande menjadi Helvetica Neue sebagai default. Untuk penamaan versi Mac OS X ini, nama Yosmite diambil dari sebuah nama taman nasional.

  1. El Capitan (Mac OS X 10.11)

El Capitan diambil dari nama formasi bebatuan yang ada pada taman nasional Yosemite. Pada OS ini, difokuskan pada peningkatan kinerja, keamanan dan stabilitas. OS dengan kode El Capitan ini dirilis pada september 2015.

  1. Sierra (macOS 10.12)

Dirilis pada september 2016 dengan kode Sierra, dan merupakan Mac OS pertama yang penamaannya diganti dengan macOS (Sebelumnya Mac OS X). Salah Satu fitur pada macOS adalah pemanfaat suara sebagai intruksi perintah untuk melakukan aktifitas seperti membukak aplikasi, mengirim pesan dan mencari dokumen.

  1. High Sierra (macOS 10.13)

macOS 10.13 dengan kode High Sierra, dirilis pada September 2017, Mac ini memperkenalkan teknologi Core yang baru dengan perubahan pada pendesaianan ulang cara penyimpanan data, dan peningkatan pada efisiensi streaming video, hingga pemanfaatan secara penuh akan kekuatan prosesor grafis. Saat artikel ini ditulis, ini merupakan macOS tertinggi saat ini.

 Demikianlah Sejarah dan Perkembangan Mac OS dari Awal Hingga Saat ini. Setiap versi dari Mac OS, Apple berusaha untuk memberikan yang terbaik pada penggunanya, khususnya dari sisi tampilan User Interface yang menjadi kelebihan utama dari Mac OS.

Semangat menggali sejarah GReader !

Baca Halaman Sebelumnya : Sejarah dan Perkembangan Mac OS dari Awal Hingga Saat ini

Ditulis oleh : Ahmad Lutfi

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...