WhatsApp-Button
Kenapa Memilih Framework Dibandingkan Menggunakan Native??

Kenapa Memilih Framework Dibandingkan Menggunakan Native??

  2017-12-15 11:58:42     aknovia     Dibaca 1685 kali

Assalamualaikum sahabat garuda cyber.. cool 

Kita ketemu lagi ni namun pada tema yang berbeda sealed, sebelum nya kita sudah ketemu di artikel tentang bagaimana cara menjaga kesehatan bagi seorang programer. Nah,sekarang kita masih akan membahas tema programer, akan tetapi berbeda judul.

Oh iya, kita disini gak membahas satu framework ya, karena ada sangat banyak jenis framework yang tersedia saat ini. Contohnya saja yang paling populer itu Laravel, Code iIgniter, Symfony, Zend, Yii 2 dan masih banyak jenis framework lain. Nah apasih keuntungannya apabila menggunakan framework? pertanyaan ini pernah singgah dibenak kita dong! Untuk menjawab pertanyaan itu, yuk kita ulas beberapa alasan kita memilih framework dibandingkan native.

Hampir semua framework menggunakan konsep MVC (Model View dan Controller). MVC sendiri merupakan aturan yang mengambil dari konsep OOP (Object oriented Programing). Jadi, jika kita sudah memahami bagaimana konsep dari OOP, itu akan menjadi bekal kita dalam memahami konsep framework. Udah deh ya gak usah lama-lama, langsung aja kita bahas alasan mengapa kita memilih framework dibandingkan native laughing

1. Kemanan
Sudah menjadi alasan utama dong bahwa keamanan aplikasi merupakan bagian penting sebuah alikasi, terutama website atau aplikasi yang menyimpan banyak data penting. Kemanan sendiri terus berkembang dan berbagai riset telah dilakukan dan banyak ditemukan celah dan penutup celahnya. Nah jika dalam membangun sebuah aplikasi, kita harus memikirkan secara mendasar tentang kemanannya pasti akan membuang banyak waktu. Padahal kita dituntut untuk menyelesaikan aplikasi dengan cepat. Kebanyakan framework yang berkembang saat ini sudah mengatasi permasalahan-permasalahan mendasar seperti ini. Sehingga kita bisa fokus terhadap pengerjaan aplikasi.

2. Kualitas
Seperti yang telah dijelaskan pada point diatas, bahwa framework sudah dibekali dengan pondasi yang kuat dan kokoh. Jika di analogikan, apabila kita membangun sebuah bangunan dengan menggunakan pondasi yang kuat dan kokoh, tentunya akan dapat menopang bangunan yang besar. Nah begitulah framework dapat menopang aplikasi yang kita buat, baik itu aplikasi kecil ataupun aplikasi dengan skala besar.

3.Memudahkan teamwork
Hal ini dikarenakan framework memiliki standar khusus, sehingga apabila untuk bekerja dalam sebuah team akan dangat mudah, sebab setiap framework sudah menyediakan dokumentasi yang sangat lengkap bagi penggunanya. Jadi, ketika kita akan bekerja dalam sebuah team, cukup memahami konsep dasar dari framework tersebut.

Selain 3 alasan diatas, sebenarnya masih banyak alasan lain yang memaksa kita untuk menggunakan framework dibandingkan dengan PHP native biasa. Akan tetapi 3 alasan diatas sudah cukup mewakili alasan untuk kita agar memilih framework. 

Sekian artikel kali ini, semoga sangat membantu teman-teman yang ingin berkecimpung di dunia pemrograman. Happy Coding cool


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia