10 Kelebihan Windows 10 yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Menjadi Generasi Terbaru dari Sistem Operasi Windows, Windows 10 berusaha memberikan perubahan terbesar dari segi fitur, tampilan, dan keamanan. Jika kamu telusuri sejarah Windows, Microsoft telah banyak mengalami perubahan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk pengguna.

Baca Juga : Sejarah Panjang dan Lengkap Microsoft Windows

Bagi Garuda Reader (Greader) yang belum tahu bagaimana Sejarah Panjang dan Lengkap dari Microsft Windows, yang lupa baca pada link di atas ya. Terus, apa kelebihan-kelebihan yang disajikan pada Windows 10 ?

  1. Cortana, Personal Asisten

Cortana merupakan asissten pribadi yang mempunyai kemampuan untuk mempelajari preferensi pengguna agar bisa memberikan rekomendasi yang relevan, akses yang lebih baik terhadap informasi penting, hingga hal-hal yang menarik lainnya terkait individu tersebut. Cortana ini hadir disluruh perangkat Microsoft, diantaranya Windows 10 PC, HoloLens, Windows 10 Mobile, dan Xbox.

Selain memberikan rekomendasi Cortana juga dapat membuat dan membantu untuk melakukan to-do list, reminder/pengingat, hingga pencarian web dengan menggunakan mesin telusur Bing. Dan yang paling menarik dari Cortana, ia mampu diajak untuk chat dan mengobrol.

Untuk menggunakan Cortana pada Windows 10 PC, Cortana dapat dipanggil dengan kalimat “Hey, Cortana!”, kemudian baru pengguna perintahkan apaplun yang diinginkan oleh pengguna. Sebagai contoh dari perintah yang dapat kamu berikan diantaranya mencari definisi atau menerjemahkan kata, menghitung, membuat event di Calender, informasi penerbangan, menghitung, mengirimkan email ataupun pesan, mencari dan membukakan aplikasi apapun, dan lain sebagainya.

  1. Lebih Mudah dengan Start Menu

Meski tombol ini sempat dihilangkan pada Windows 8, Microsoft kembali menghadirkan tombol Start Menu pada Windows 8.1 hingga Windows 10. Kehadiran tombol Start Menu ini berdasarkan banyak permintaan oleh pengguna windows dengan alasan kesulitan dalam mengakses fitur-fitur yang ada pada Windows.

Akan tetapi, setelah kehadirannya pada Windows 10, tampilan dari tombol ini dibuat menjadi lebih minimalis, flat, elegan dan lebih modern, namun lebih mudah untuk digunakan. Kehadiran Start Menu ini lebih mempermudah mengakses All apps dan panel-panel yang lain. Live tile dan group tile juga dihadirkan di sini. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat mengubah Start Menu dengan mudah melalui Settings. Dengan demikian pengguna dapat menyesuaikan fitu-fitur yang ada.

  1. Virtual Desktop, Banyak Desktop dalam Satu Windows 10 PC

Fitur ini merupakan fitur terbaru dan belum ada pada versi Windows sebelumnya. Virtual Dekstop merupakan salah satu fitur yang dapat memudahkan pengguna untuk dpat memuka lebih dari satu desktop dalam satu Windows 10 PC. Ini juga dikenal dengan multi-tasking. Setiap desktop, dapat berisi windows/jendela yang berbeda dengan aplikasi terbuka yang berbeda, dan process yang berbeda.

Adanya fitur ini, dapat GReader manfaat untuk mengetik tugas kuliah pada desktop pertama, memutarkan musik di Internet pada desktop kedua, bermain game pada Desktop ketiga, dan seterusnya. Virtual desktop ini lebih mempermudahkan pengguna untuk melakukan multi-tasking ketika bekerja di depan PC.

  1. Multi Aplikasi dalam Satu Layar

Tidak hanya multi desktop, Windows 10 juga dapat membuat lebih dari satu layar desktop, namun menampilkan lebih dari satu aplikasi dalam satu layar desktop, pada waktu yang bersamaan. Selain itu, pengguna juga lebih mudah berpindah ke berbagai macam aplikasi yang ditampilkan tersebut.

  1. Windows Hello, Cara Baru untuk Login

Meski telah lama dirilis, banyak pengguna Windows ternyata belum familiar dengan Windows Hello, dan memang pada dasarnya kurang terkenal. Ini dikarenakan, fitur Windows Hello ini hanya tersedia pada notebook maupun laptop dengan harga yang relatif lebih mahal dengan alasan kebutuhan akan hardware yang juga mahal.

Windows Hello, mempermudah pengguna untuk login ke PC. Dengan kediapan mata, pengguna sudah dapat membuka laptop maupun PC tanpa harus memasukkan password dari laptop tersebut. Selain dengan kedipan mata (retina), Windows Hello juga dapat menggunakan sidik jari dan pengenalan wajah untuk login ke PC. Akan tetapi, untuk kelancaran kinerja, dibutuhkan sensor IR dan fingerprint untuk bekerja.

Baca Halaman Selanjutnya : 10 Kelebihan Windows 10 yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Bag 2

Ditulis oleh : Ahmad Lutfi

 

 

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...