Sejarah Panjang dan Lengkap Microsoft Windows

Saat artikel ini dibuat, Sistem Operasi terbaru dari windows saat ini adalah Windows 10. Windows yang kita kenal saat ini, atau yang sering kita gunakan saat ini tentunya tidak secara instan memiliki fitur, tampilan, maupun keunggulan yang seperti kita rasakan hari ini. Perjalanan panjang dari Windows ini dimulai dari nol. Seperti apakah sejarah dari Windows ?

Sebelum membahas tentang windows, Garuda Reader (GReader) sudah tahu belum apa itu Sistem Operasi ? Jika GReader belum tahu, ada baiknya mampir diartikel berikut.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi

Windows 1 (November 1985)

Windows pertama kali dikenalkan tahun 1985. Dari awal muncul hingga sekarang, ada yang telah banyak diubah, ada juga yang masih tetap dipertahankan. Perkembangannya digagasi oleh Bill Gates, founder dari Microsoft. Pada tahun 1985 ini, windows pertama kali dikenalkan dan diluncurkan, pertama kali juga untuk dilakukan percobaab terhadap antarmuka grafis (GUI) versi 16-bit. Ciri khas dari Windows 1 sangat tergantung pada penggunaan mouse.

Agar pengguna Windows 1 ini terbiasa dengan menggunakan mouse, Microsoft juga ikut menyertakan sebuah game, yaitu Reversi. Game ini sangat bergantung pada kontrol mouse sehingga pengguna dapat terbiasa untuk menggunakan mouse.

Windows 2 (Desember 1987)

Dua tahun setelah Windows 1 dikenalkan, Windows teru melakukan perbaikan dan inovasi, sehingga pada tahun 1987 inilah Microsoft kembali merilis Windows 2 pada Desember 1987. Keunggulan dari Windows 2 ini adalah dapat meminimalkan atau memaksimalkan diri. Ini berbeda pada versi sebelumnya jika pada Windows 1 hanya bisa dilakukan “iconising” maupun “zooming”. Inovasi lainnya adalah, control panel dan berbgai pengaturan yang lainnya digabungkan menjadi satu sehingga memudahkan bagi pengguna Windows 2 untuk mencari dimana seharunya jika pengguna perlu melakukan pengaturan. Inovasi pada Control Panel ini bisa kita lihat hingga pada Windows 10.

Windows 3 (Mei 1990)

Windows 3 merupakan versi Windows yang membuatnya semakin terkenal sehingga mampu menyaingi Macintos yang dimiliki oleh perusahaan Apple Inc dan Commodore Amiga. Pada windows 3 ini, sudah dilengkapi dengan hard drive. Selain itu, Windows 3 juga sudah mampu untuk menjalankan program MS-DOS, yang juga mendukung 256 warna sehingga tampilan pada Windows 3 menjadi terlihat lebih berwarna dibandingkan dengan versi yang sebelumnya. Inovasi lain yang diterapkan pada Windows 3 adalah penambahan permainan kartu Solaitaire.

Windows 3.1 (1992)

Pada windows 3.1 dikenalkan dan diluncurkan dengan ciri khas yang utama berupa adanya font True Type. Permainan Minesweeper juga dikenalkan pada windows 3.1 dengan membutuhkan RAM sebesar 1 MB agar dapat berjalan. Windows 3.1 juga mulai didistribusikan melalui CD-ROM.

Windows 95 (Agustus 1995)

Ciri khas dari Windows 95 adalah dikenalkannya tombol Start dan Menu Start. Fitur salah satu ini masih dipertahankan hingga sekarang yang terletak di pojok kiri bawah layar. Selain itu, Windows 95 memperknalkan sistem 32-bit, yang dapat melakukan multitasking, taskbar yang dapat mempermudah pengguna dalam mengoperasikan OS, MS-DOS yang berperan penting untuk menjalankan berbagai program, dan juga Internet Explorer.

Pada versi selanjutnya, akan ditulis pada artikel selanjutnya. GReader jangan pernah bosan ya.

Baca Halaman Selanjutnya : Sejarah Panjang dan Lengkap Microsoft Windows Bag 2

Ditulis oleh : Ahmad Lutfi

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...