WhatsApp-Button
Manfaat Mesin Kasir dan Software POS dalam Pengelolaan Bisnis

Manfaat Mesin Kasir dan Software POS dalam Pengelolaan Bisnis

  2017-12-15 10:24:53     aknovia     Dibaca 1766 kali

Dalam dunia bisnis, mesin kasir awalnya dikenal dengan nama Cash Register. Namun pada artikel kali ini, bukan Mesin Kasir Cash Register yang akan dibahas melainkan Mesin Kasir POS (Point of sale). Mesin Kasir POS lebih canggih jika dibandingkan dengan dengan Cash Register. Perbedaan dari keduanya yaitu Cash Register berbentuk kalkulator yang diberikan laci otomatis beserta pencetak struk (invoice/faktur). Sedangkan mesin kasir Point of sale (POS) memiliki nilai tambah yang lebih dibandingkan Cash Register diantaranya terdiri dari Personal Computer (PC), Aplikasi Kasir (Software Pos), Scanner Barcode, Laci Kasir (Cash Drawer) dan Printer Kasir.

Seperti nama dari POS itu sendiri, Point of sale merupakan titik penjualan (Check-out) tempat di mana transaksi selesai. Maksudnya adalah, ini merupakan titik dimana pelanggan melakukan pembayaran ke penjual dalam bentuk pertukaran barang atau jasa. Penjual akan menghitung seluruh jumlah harga yang telah dibeli oleh pelanggan untuk kemudian pelanggan melakukan pembayaran dan diakhiri dengan pengeluaran tanda terima transaksi (nota) pembelian.

Pada umumnya, mesin kasir dengan sistem POS ini digunakan di perusahaan kantoran, super/mini market, restaurant, hotel maupun usaha bisnis lainnya. Sedangkan untuk pembelian mesin kasir POS dapat kamu temukan di tempat penjualan mesin kasir dan Software POS di Pekanbaru, yakni di Garuda Cyber Indonesia.

Media POS ini membutuhkan beberapa perangkat, diantaranya :

  1. Personal Computer (Komputer)
    Komputer yang digunakan untuk mesin kasir POS ini bisa menggunakan komputer standar PC yang biasanya digunakan oleh toko retail. Tidak menutup kemungkinan komputer yang digunakan merupakan komputer dengan tipe All in One seperti yang digunakan untuk di restaurant.
  1. Printer Kasir
    Printer kasir berfungsi untuk mencetak nota / tanda terima pembelian. Jika printer kasir yang digunakan terjadi permasalahan, ini akan membuat sistem kerja POS menjadi terhambat. Untuk itu gunakanlah printer kasir sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Jika bisnis kamu lebih besar, ada baiknya kamu menggunakan printer kasir yang lebih baik..
  1. Laci Kasir (Cash Drawer)
    Laci kasir ini berfungsi untuk menyimpan uang tunai, cek dan penerimaaan kartu kredit sepanjang penjualan. Cash Drawer (laci kasir) ini biasanya akan terbuka secara otomatis setiap terjadi transaksi penjualan dan Cash Drawer ini biasanya terhubung dengan printer.
  1. Scanner Barcode (Pemindai Barcode)
    Scanner Barcode ini sangat bermanfaat untuk kamu yang memiliki bisnis penjualan. Penggunaan Scanner Barcode ini, pelayanan pembelian pelanggan dapat dilakukan dengan sangat cepat pada banyak barang dan dalam waktu yang singkat. Kamu hanya perlu mengarahkan Scanner Barcode ini ke Label Produk, maka dengan mudah data akan terbaca dan tersimpan di sistem POS.=
  1. Aplikasi Kasir ( Software POS )
    Software POS merupakan komponen paling utama dari sistem POS. Software POS ini sangat menentukan fitur yang kamu butuhkan untuk bisnis kamu sesuai dengan kebutuhan. Beberapa fitur yang dapat menjadi pertimbangan kamu dalam memenuhi kebutuhan bisnis kamu diantaranya fitur Stock Barang, Laporan Transaksi Penjualan, Pembelian Barang, Strategi Promosi, Keamanan Transaksi, dan Return Barang.

Apa Manfaat Menggunakan sistem POS ?

Terdapat 4 manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu menggunkan sistem POS, diantaranya :

  1. Mempermudah Analisa Penjualan
    Mesin Kasir POS dapat kamu gunakan sebagai analisa penjualan kamu. Dengan menggunakan mesin kasir POS, setiap pembelian secara otomatis akan terinput ke dalam komputer yang telah terinstall aplikasi POS sehingga kamu dapat mengetahui jumlah persediaan barang setiap saat (up-to-date). Dengan ini kamu akan mudah menganalisa kebutuhan pembelian untuk stock barang selanjutnya jika persediaan barang akan habis.
  1. Menyimpan Data Penjualan
    Berdasarkan data penjualan yang tersimpan ke sistem, ini sangat dapat membantu kamu dalam memberikan keputusan item produk apa yang terlaris sehingga kamu bisa memperbanyak pembelian stok item produk selanjutnya untuk produk tersebut. Dari data penjualan yang tersimpan juga, kamu dapat mengetahui item yang hanya laris pada musim sehingga kamu hanya perlu memperbanyak item barang bersangkutan pada musim tersebut.
  1. Meningkatkan keakuratan billing
    Dengan sistem POS ini, kamu dapat meningkatkan akurasi harga dengan melakukan penggabungan Scanner Barcode dan fitur otorisasi kartu kredit dengan sistem POS.
  1. Mempermudah melakukan perubahan harga
    Jika kamu ingin melakukan perubahan harga semisal ingin memberikan promosi, diskon maupun kupon dapat dilakukan dengan mudah melalui sistem POS. Perubahan ini akan tercatat setiap hari pada masing-masing promosi ini secara akurat.

Agar bisnis kamu berjalan dengan lancar dan aman, ada baiknya kamu menggunakan Mesin Kasir sistem POS. Untuk informasi pembelian mesin kasir POS ini, kamu dapat menghubungi Garuda Cyber Indonesia sebagai tempat penjualan mesin kasir dan software POS di Pekanbaru. Kamu juga bisa konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Dengan menekankan 4 keunggulan dari produk Garuda Cyber, diantaranya Mudah digunakan, Keamanan Data Terjaga, Fitur Laporan Lengkap, dan Layanan Maintenance yang baik dapat menjadi bahan pertimbangan kamu memilih Garuda Cyber.

Hubungi Call Center kami di 0761-6704399 atau 0852-6357-4074 atau bisa juga kunjungi kantor Garuda Cyber Indonesia : Jl.HR.Subrantas No.188 Panam, Pekanbaru-Riau. Kamu juga bisa mendapatkan informasi lebih lanjut di www.garudacyber.co.id maupun www.gkasir.garudacyber.co.id.


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia