WhatsApp-Button
Perbedaan Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron

Perbedaan Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron

  2018-04-19 11:12:15     Ulti Desi Arni     Dibaca 22929 kali

Komunikasi Daring adalah singkatan dari Komunikasi Dalam Jaringan. Komunikasi Dalam Jaringan adalah komunikasi yang dilakukan secara online menggunakan jaringan internet.

Komunikasi daring menggunakan internet dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, diluncurkan pada tahun 1969, yang kemudian berkembang menjadi internet

Komunikasi Daring terbagi dari dua yaitu Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron.

1. Komunikasi Daring Sinkron

Sebelum kita membahas apa itu komunikasi sinkron, apakah anda pernah berkomunikasi video Call?

Komunikasi melalui video call bisa dilakukan jika si komunikator dengan penerima dalam keadaan sama-sama online. Dari sana dapat kita simpulkan bahwa komunikasi Daring Sinkron adalah komunikasi serempak.

Komunikasi Daring Sinkron adalah komunikasi yang dilakukan menggunakan komputer, atau smartphone yang terkoneksi dengan internet dimana waktunya nyata dengan kata lain kedua belah pihak dalam keadaan online.

Berikut beberapa contoh komunikasi daring sinkron :

  • Text Chat

Text chat adalah fitur yang saat ini banyak disediakan dalam media sosial. Komunikator dapat langsung mengirim pesan kepada orang lain yang sedang online, dan orang yang dituju juga dapat membalas pesan teks tersebut.

  • Video Chat

Video Chat adalah teknologi layanan yang menyediakan interaksi audio dan video secara online antara pengguna di lokasi yang berbeda. Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun Tablet atau smartphone (juga disebut video call). Video chatting dapat berupa interaksi point-to-point (satu-satu), seperti Face Time dan Skype, atau interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak ke banyak), seperti dalam Google+ Hangouts

2. Komunikasi Daring Asinkron

Komunikasi Daring Asinkron adalah kebalikan dari Komunikasi Daring Sinkron dalam juga menggunakan jaringan internet.

Saat kamu mengirim sebuah pesan email kepada seseorang tentu saja email tersebut tidak langsung dibalas oleh orang yang kamu tuju dan email tersebut akan dibalas keesokan harinya atau saat si penerima membuka dan membaca email tersebut.

Dari contoh diatas didefinisikan bahwa komunikasi daring asinkron adalah komunikasi yang juga menggunakan komputer atau smartphone namun dalam waktu yang tidak serempak atau dilakukan secara tertunda.

Contoh dari komunikasi daring asinkron adalah mengirim email, menulis dalam sebuah blog atau website, meninggalkan komentar pada sebuah forum dan lain-lainnya.

Komponen Pendukung Komunikasi Daring

  1. Hardware atau Perangkat Keras

Hardware adalah perangkat keras yang dapat dirasakan yang digunakan dalam berkomunikasi daring seperti Komputer, headset, microphohe, handphone dan perangkat lainnya.

  1. Software atau Perangkat Lunak

Software adalah perangkat lunak pendukung dalam berkomunikasi secara online yang menghubungkan pengguna dengan hardware. Program atau aplikasi yang biasa digunakan seperti Skype, Google Hangouts, web conference, dan sejenisnya.

  1. Brainware atau Daya Nalar(Akal)

Manusia atau mereka yang melakukan komunikasi harus menggunakan atau melibatkan daya nara atau akal untuk melakukan komunikasi daring ini.

 

#GarudaCyber23April/Ulti


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia