Mari Mengenal 17 Istilah di dalam Bahasa Pemrograman Java

Pada bahasa pemrograman Java, terdapat beberapa istilah yang sering akan ditemui bagi seseorang yang ingin belajar Java. Istilah-istilah ini cukup banyak. Akan tetapi, pada artikel kali ini, saya akan memberikan 17 Istilah di dalam bahasa pemrograman Java.

  1. OOP

OOP, singkatan dari Object Oriented Programming (Pemrograman Berorientasi Objek) merupakan sebuah konsep pemrograman yang difokuskan pada penciptaan kelas yang merupakan abstraksi/prototype/blueprint dari sebuah objek. Dalam artian lain, OOP itu merupakan java yang berorientasi terhadap objek dimana sifat dan tingkah lakunya sama seperti objek.

Baca Juga : Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek

  1. Encapsulasi

Encapsulasi merupakan pembungkusan java. Pada Java, Java dibungkus oleh class dimana class tersebut memiliki hak akses. Tujuanya adalah agar menjaga suatu proses program tidak dapat diakses oleh sembarangan / diintervensi oleh program yang lainnya.

  1. Inheritance

Inheritance merupakan penurunan sifat / pewarisan dengan tujuan untuk membentuk objek baru yang memiliki difat yang sama ataupun mirip dengan objek yang sudah ada sebelumnya. Objek turunan dapat digunakan membentuk objek turunan yang lain, dan begitu seterusnya. Jadi, setiap ada perubahan pada objek induk, maka objek turunan juga agan berubah sesuai dengan perubahan pada objek induk. Susunan-susunan antara objek induk dan objek turunan disebut dengan hirarki objek.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Java

  1. Polimorfisme

Polimorfisme merupakan sebuah aksi yang memungkinkan programmer untuk menyampaikan pesan tertentu keluar dari hirarki objeknya, dimana setiap objek yang berbeda, memberikan respon/tanggapan terhadap pesan yang sama sesuai dengan masing-masing objek.

  1. Overriding

Overriding merupakan suatu kondisi dimana terdapat dua method (method induk dan method anak) yang memiliki nama dan parameter yang sama, dikarenakan method induk menurunkan method pada method anak.

  1. Overloading

Overloading merupakan suatu kondisi dimana dua buah method bahkan lebih, mempunyai nama yang sama namun berbeda dalam hal parameter.

  1. Multi Thread

Multi Thread merupakan suatu kemampuan untuk menjalankan proses secara bersamaan dalam waktu yang bersamaan.

  1. Package

Package itu sama dengan pengelompokan class. Package akan memberitahu Kompiler ke library mana suatu file class akan dikompile.

  1. Import 

Import akan memberitahu Kompiler untuk mengimport suatu komponen yang terletak dalam sebuah library.

  1. Class

Class merupakan pengelompokkan dari beberapa method. Di bawah ini merupakan deklarasi class yang paling sederhana. Hubungan antara class dan objek dapat diilustrasikan dengan resep kue dan kuenya itu sendiri, dimana resep kue merupakan kelas dan kue merupakan objeknya.

  1. Abstract Class

Abstract Class merupakan class yang menjadi dasar penurunan dari clas yang lainnya yang berisikan methode abstract ataupun non-abstract.

  1. Interface

Interface merupakan class yang hanya berisikan method abstract (tanpa deklarasi). Interface ini menyediakan class-class tanpa memperhatikan lokasinya didalam hirarki class, dengan tujuan untuk mengimplementasikan sifat-sifat yang umum.

  1. Acces Modifier

Acces Modifier merupakan hak akses untuk class maupun variabel.

  1. Tipe Data

Tipe data merupakan tipe dari sebuah variabel yang ada di dalam class.

  1. Method/Fungsi

Method ataupun fungsi merupakan cara untuk melakukan sebuah proses.

  1. Konstruktor

Konstruktor merupakan bagian dari class yang berfungsi untuk membuat sebuah objek baru dan akan dipanggil pertama kali saat class tersebut diakses oleh class yang lain.

  1. Variabel

Variabel merupakan tempat menyimpan data sementara di memori. Setiap variabel perlu mempunyai tipe data dan nama yang unik, untuk membedakan yang satu dan yang lainnya. Variabel dapat diinisialisasi dengan nilai awal dan nilai ini dapat berubah sesuai proses yang dilakukan padanya.

Demikian uraian singkat untuk 17 istilah dalam bahasa pemrograman Java. Selamat belajar Garuda Coder.

Ditulis oleh : Ahmad Lutfi

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...