WhatsApp-Button
Belajar Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Java

Belajar Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Java

  2018-04-17 16:27:44     aknovia     Dibaca 348 kali

Java telah mengalami perkembangan dalam dunia bahasa pemrograman sejak tahun 1990-an. Java juga telah merambah berkembang diberbagai bidang, salah satunya dalam pembuatan aplikasi native untuk Android. Java juga menjadi pondasi untuk berbagai bahasa pemrograman seperti Groovy, Jruby,Kotlin, Jython, Scala, Clojure dan lain sebagainya dengan memanfaatkan Java Virtual Machine sebagai rumahnya.

Baca Juga : Konsep Dasar Pemrograman

Kelebihan apa yang ditawarkan dari bahasa pemrograman Java ?

  1. Multiplatform

Java dapat dijalankan dibeberapa platform / sistem operasi komputer, mulai dari Windows, Linux, Mac OS, Sun Solaris hingga untuk Smartphone yang berbasis Android maupun Windows. Karena itulah, banyak pengembang (developer) dan programmer senang menggunakan Java sehingga memudahkan mereka untuk membuat aplikasi yang diinginkan tanpa mengkhawatirkan tentang platform yang akan digunakan.

Bahasa permograman java juga sangat erat hubungannya dengan javascript sehingga dapat lebih mengoptimalkan pemrograman berbasis web agar penggunaannya lebih powerful.

  1. Usability

Seperti pada point pertama diatas, Java ini tentunya sangat menguntungkan dalam hal usability, yaitu aplikasi dapat dijalankan, digunakan dan dinikmati oleh banyak orang terutama bagi pengguna Smartphone mengingat saat ini hampir semua orang telah menggunakan Smartphone sehingga aplikasi yang dibuat dapat lebih berguna untuk banyak orang, bukan untuk kalangan tertentu.

  1. Object Oriented Programming (OOP)

OOP berarti segala aspek yang terdapat pada Java merupakan Objek. Dengan adanya teknik OOP menjadikan aplikasi yang dibangun akan dapat disesuaikan dengan objek atau juga bisa dengan tampilan dan interface dari aplikasi tersebut. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar disebut dengan Object.

Baca Juga : Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek

Seperti pada paragraf di atas, OOP akan mempermudah programmer dan developer untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasikan kesalahan program berbasis Java dengan cepat, tepat, mudah dan terorganisir.

  1. Mudah untuk dilakukan pengembangan

Setiap aplikasi yang dibangun dengan menggunakan Java memiliki kemampuan yang baik untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut. Ini sangat membantu programmer maupun developer untuk mengembangkan aplikasi yang dibuat pada Java.

  1. Memudahkan dalam menyusun script

Java juga menjadi salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari dikarenakan kemudahannya dalam menyusun script. Kemudahan ini sangat membantu sekali khususnya bagi programmer pemula untuk belajar dan mengembangkan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Java.

  1. Dinamis

Bahasa pemrograman Java sifatnya sangat dinamis, struktur kode dapat dengan mudah untuk dikembangkan dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan user.

Baca juga :17 Istilah di dalam Bahasa Pemrograman Java

Meski banyak kelebihan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman Java, tidak menutup kemungkinan Java juga memiliki kekurangan. Berikut kekurangan yang dimiliki oleh Java :

  1. Mudah di dekompilasi (reverse-engineer)

Apa itu dekompilasi ? Dekompilasi merupakan sebuah proses membalikkan kode jadi menjadi kode sumbernya. Bahasa pemrograman Java termasuk salah satu bahasa pemrograman yang mudah mengalami dekompilasi. Kode jadi Java adalah bytecode yang membenahi berlimpahnya atribut bahasa tingkat tinggi (misal kelas, tipe data dan metode). Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft.NET Platform. Sehingga algoritma yang digunakan program menjadi lebih sulit untuk disembunyikan dan lebih mudah untuk dibajak (di reverse-engineer).

  1. Penggunaan Memori yang banyak

Pada Java, memeori yang digunakan cukup banyak dibandingkan dengan C/C++ dan Pascal (Delphi dan Object Pascal). Bagi pengguna komputer yang terkini mungkin tidak begitu bermasalah. Akan tetapi, bagi pengguna komputer yang berumur 5 tahun ke atas akan sangat bermasalah dikarenakan memori yang digunakan pada Java cukup banyak.

  1. Butuh dicompile terlebih dahulu

Pada Java, sebelum bisa dijalankan, prosesnya harus dicompile terlebih dahulu. Ini berbeda dengan phyton yang tdak perlu menjalankan compilenya.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan di atas, mulai tertarik untuk menggunakan Java ?

Ditulis oleh : Ahmad Lutfi


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia