Apa itu pemrograman desktop ?

Bagi kamu siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan RPL pasti akan belajar mengenai materi yang satu ini, yaitu pemrograman visual berbasis desktop. Pemrograman Visual berbasis desktop merupakan suatu pemrograman yang di lakukan dengan memanipulasi elemen – elemen visual yang dilakukan pada sebuah computer yang pengoperasiannya tidak tergantung pada pc lain dalam jaringan ataupun web. Contoh software pemrograman visual yaitu :

– Visual Basic

            Visual Basic merupakan pemrograman visual berbasis desktop
– Visual Net

             Visual Net merupakan pemrograman visual berbasis web

Menjelaskan Ide Aplikasi Bahasa Pemrograman
IDE merupakan singkatan dari Integrated Development Environment atau Integrated Design Environment atau Integrated Debugging Environment. IDE bisa dikatakan bagian aplikasi yang menyediakan fasilitas baru untuk para programmer dalam melakukan RPL.

 IDE terdiri atas:
-          Source Code Editor
-          Compiler
-          Interpreter Tool
-          Debugger

1. Mengenai Visual Basic
Visual Basic atau VB adalah suatu bahasa pemrograman tingkat tinggi dan merupakan pengembang dari versi Basic. Basic merupakan singkatan dari Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code. Basic adalah bahasa pemrograman pendukung konsep berorientasi objek atau OOP (Object Oriented Programing).

2. IDE Dalam Visual Basic

IDE yang terdapat pada VB merupakan suatu IDE yang sangat praktis serta lengkap. Salah satu fitur dalam IDE VB yaitu tampilan praktis dengan design GUI (Graphical User Interface)

Bagian IDE memiliki fungsi masing-masing yakni:

  1. Jendela Project Explorer berisi daftar dari semua modul yang ada dalam aplikasi yang dibangun. Modul-modul tersebut telah disusun berdasarkan tipe atau bisa juga berdasarkan alphabet dengan mengklik ikon yang paling kanan pada project window.
  2. Jendela Form Designer / Form Window merupakan tempat mendesign antar muka dari aplikasi yang dibuat
  3. Jendela Toolbox berisi objek-objek yang dapat diletakkan pada form
  4. Jendela Code dipergunakan untuk tempat menulis kode program yang akan mengatur perilaku objek-objek pada aplikasi.
  5. Jendela Properties berisikan deskripsi objek yang sedang aktif
  6. Jendela Color Pallete digunakan untuk menentukan warna objek
  7. Jendela Form Layout menunjukkan bagaimana meletakkan sebuah form akan ditampilkan pada saat dijalankan
  8. Jendela Immediate yang biasanya digunakan bersama jendela Watch yang bisa berfungsi untuk melihat tampilan program pada saat proses debugging.
  9. Jendela Object Browser digunakan untuk menelusuri external libararies. Melalui jendela ini kita dapat mempelajari objek beserta atribut, kejadian, dan metode yang dimilikinya
  10. Jendela Local akan aktif hanya pada saat program dijalankan. Jendela ini berisi nilai dari sejumlah variabel yang bersifat local falam sebuah prosedur atau modul
  11. Jendela Watch digunakan memonitor nilai dari suatu variable baik bersifat lokal maupun global

Pemrograman desktop terbagi 3 yaitu .Net, Java dan Delphi. Bahasa pemrograman. Net yaitu Visual Basic (VB), C++ dan C sharp. Sedangkan pemrograman web terbagi  3 juga  yaitu PHP, ASP dan HTML. Dan untuk pemrograman mobile yang digunakan adalah J2ME.

Tiap pemrograman tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Kelebihan pemrograman desktop yaitu saat menjalankannya kita tidak perlu online dulu, sedangkan kekurangannya yaitu harus menginstal programnya atau memakan space harddisk. Untuk pemrograman web kelebihannya yaitu kita tidak perlu menginstal program  ( cukup browsing di internet ) untuk membuatnya, akan tetapi kekurangannya yaitu kita di haruskan untuk online. Adapun pemrograman mobile kelebihannya yaitu praktis ( dapat dijalankan dimana saja ) sedangkan kekurangannya yaitu memiliki tampilan yang kecil serta fitur yang kurang lengkap.

1. NET 

          NET adalah sebuah bahasa pemrograman yang punya ruang lingkup besar serta kompleks. Net dikembangkan oleh Microsoft sebagai suatu sistem yang berfungsi sebagai pengembang  aplikasi perangkat lunak. NET Framework dirancang Microsoft dengan terkait pengembangan bahasa-terutama bahasa C # dan Visual Basic-untuk mengatasi berbagai masalah yang dialami para pengembang perangkat lunak Windows dan user. Kelebihan Net itu sendiri yaitu bisa memberi kemungkinan untuk kita dalam pembuatan aplikasi windows base yang di launch melalui Internet Explorer hingga dapat kita  memanfaatkan rich window component untuk aplikasi web.

Bahasa pemrograman Net yaitu terbagi atas :

-Visual Basic (VB),

- C++

- C sharp (C #):


Microsoft Visual Basic NET merupakan sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem. Net Framework, dengan menggunakan bahasa basic. Microsoft Visual Basic ( VB )  yaitu sebuah bahasa pemrograman yang dilengkapi dengan IDE ( Integrated Development Environment) untuk program berbasis SO Microsoft.

C++ dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1970-an . C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat oop.
sedangkan C sharp yaitu bahasa pemrograman modern yang berorientasi obyek, dapat berguna dalam pembuatan program diatas arsitektur Microsoft yaitu Net Framework.  

 2.  JAVA

Java’ merupakan suatu bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk juga di smartphone. Java dikembangkan oleh sun microsystem yang diterbitkan tahun 1995. Fitur yang terdapat pada Java yaitu Java virtual machine (JVM), Garbage Collection, Code Security. Adapun Kelebihan dari Java ini yaitu multiplatform, perpustakaan kelas yang lengkap, bergaya C++, pengumpulan sampah otomatis. Namun kekurangan Java adalah tulis sekali, perbaiki di mana saja, mudah di dekompilasi, penggunaan memori yang begitu banyak.

3. DELPHI

DELPHI merupakan sebuah perangkat lunak  yang berguna untuk membuat program / aplikasi komputer berbasis windows. Bahasa pemrograman berbasis objek, artinya semua komponen yang ada merupakan objek-objek.

Adapun cirri-ciri dari sebuah objek yaitu memiliki nama, properti dan method/procedure. Komponen-komponen yang ada tidak hanya berupa teks, tetapi muncul berupa gambar-gambar. Keuntungan dari DELPHI yaitu komunitas pengguna yang besar pada usenet maupun web, bisa dikompilasi menjadi single executable, mempermudah distribusi dan meminimalisir masalah yang terkait dengan versioning, serta banyaknya dukungan dari pihak ketiga terhadap VCL (biasanya tersedia berikut source codenya) ataupun tools pendukung lainnya (dokumentasi, tool debugging), optimasi kompiler yang cukup cepat, mendukung multiple platform dari source code yang sama.

Namun, Kekurangan dari DELPHI ini yaitu partial single vendor lock-in (Borland dapat menetapkan standar bahasa, kompatibilitas yang harus mengikutinya), punya keterbatasan kemampuan pada portabilitas antar-platform OS (sebelum ada kylix), akses pada platform dan library pihak ketiga membutuhkan file-file header yang diterjemahkan ke  bahasa pascal, dokumentasi atas platform dan teknik-teknik yang menyertainya yang sangat sulit untuk  kita temukan dalam bahasa pascal (contoh akses COM dan Win32).

Sekian pembahasan kita mengenai materi pelajaran siswa RPL yaitu pemrograman Visual berbasis desktop yang akan sangat berguna bagi kamu anak RPL !!

Semoga Bermanfaat !!

 

Penulis : Wikhe Refila

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...