WhatsApp-Button
Ingin Menjadi Seorang Programmer ? Kamu Wajib Baca Apa Itu Programmer

Ingin Menjadi Seorang Programmer ? Kamu Wajib Baca Apa Itu Programmer

  2017-12-13 16:06:28     aknovia     Dibaca 1905 kali

Profesi seorang Programmer masih terbilang awam ditelinga masyarakat. Banyak yang belum begitu mengetahui apa itu programmer, bagaimana cara kerja seorang programmer, bahkan terkadang ada orang tua yang mengkhawatirkan anaknya yang seorang programmer tidak akan memiliki masa depan yang lebih baik. Benarkah demikian ?

Untuk itulah, kami dari Garuda Cyber mencoba mengulas salah satu pekerjaan yang paling vital di dunia teknologi informasi dalam pembuatan aplikasi, yaitu profesi Programmer dan bagaimana cara kerja seorang programmer.

Apa itu Programmer ?

Programmer merupakan sebuah profesi yang bertugas untuk membuat aplikasi mobile,  desktop dan website dengan menggunakan bahasa pemrograman berdasarkan algoritma dan logika yang dimiliki. Seorang programmer tidak membutuhkan ruangan yang luas. Cukup dengan ruangan minimal 3 x 3 meter saja, seorang programmer mampu bekerja dengan baik. Seorang programmer juga tidak membutuhan pakaian dengan setelan jas dan dasi serta bersepatu yang rapi, cukup menggunakan pakaian yang bebas dan rapi itu sudah mencerminkan seorang progammer.

Bagaimana cara kerja seorang Programmer ?

Seorang programmer mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengimplementasian suatu analisis atau juga rancangan menjadi program yang nyata dan dapat digunakan oleh pengguna. Seorang programmer mendapat penghasilan dari hasil kerjanya dalam membuat program.

5 Tahapan Seorang Programmer dalam Mendesain Perangkat Lunak

Secara Umum terdapat 5 tahapan seorang programmer dalam mendesain perangkat lunak :

  1. Pendefinisian Kebutuhan
    Pada tahap awal ini, seorang programmer perlu bertemu dengan kepala departemen, manajer atau klien yang menginginkan suatu tugas tertentu yang diinginkan oleh klien agar dapat diimplementasikan ke dalam program perangkat lunak. Biasanya programmer akan mengidentifikasi masalah dan mengajukan beberapa pertanyaan yang tepat untuk mengetahui apa yang diinginkan dan dibuthkan oleh klien.

    Jika seorang programmer tidak mampu memahami apa yang diinginkan dan yang dibutuhkan oleh klien, maka perangkat lunak yang dihasilkan tidak sesuai ekpektasi dari klien.
  1. Merancang Flowchart
    Setelah Programmer mengetahui apa yang diinginkan oleh klien, programmer perlu membuat sebuah flowchart (diagram alur). Flowchart adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir(flow) di dalam program atau juga bisa diartikan dengan prosedur sistem secara logika.

    Pada flowchart, Programmer harus memperhitungkan langkah-langkah logis yang akan membawa input data dari satu titik ke titik yang lain, serta mengantisipasi kemungkinan timbulnya masalah terhadap model kerja tertentu.
  1. Coding Perangkat Lunak
    Kemudian, barulah dilakukan penterjemahan diagram alir (flow chart) ke dalam kode komputer. Terdapat beberapa bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk pengkodingan. Diantaranya adalah C++, Perl, Java, Visual Basic, FORTRAN, dan masih banyak lagi. Sebagian besar seorang Programmer menkhususkan diri dalam beberapa jenis bahasa komputer.
  1. Debugging
    Debugging berasal dari kata “bug”, yang artinya kelemahan dalam program yang menyebabkan kegagalan, crash, hang, memberikan hasil yang tidak akurat, atau berubah menjadi kondisi yang tidak diinginkan. Sedangkan Debugging merupakan tahap yang sangat intens dan dapat manghabiskan waktu yang cukup lama untuk mrnyelesaikannya.
  1. Beta Testing
    Proses terakhir adalah, dilakukannya pengujian beta. Pengujian ini dilakukan dengan merilis perangkat lunak untuk dapat digunakan dengan kondisi bahwa perangkat lunak tersebut tetap membutuhkan modifikasi perangkat lunak sebelum perengkat lunak tersebut benar-benar dirilis secara resmi.

Bagaimana, Tertarik menjadi seorang programmer? Meski pekerjaan seorang programmer terlihat rumit, namun sebenarnya menjadi programmer itu menyenangkan. Jika kamu membutuhkan konsultasi dalam bidang pemrograman, kamu dapat menghubungi Garuda Cyber Indonesia : Jl. HR. Subrantas No.188 Panam, Pekanbaru-Riau. Atau kamu juga dapat mengunjungi kantor cabang Garuda Cyber Indonesia yang berkantor di kota Padang, Jambi, Batam dan Medan.


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia