Apa Itu Jurusan RPL ? Lalu Apa Saja Kelebihan Mengambil Jurusan RPL?

RPL adalah singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak dan merupakan sebuah jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). RPL adalah sebuah jurusan yang mempelajari dan mendalami  semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas. Bukan hanya itu RPL juga  berkaitan dengan software computer mulai dari pembuatan website, aplikasi, game dan semua yang berkaitan dengan pemrograman dengan menguasai bahasa pemrograman tersebut. Intinya RPL tidak akan jauh-jauh dari tiga hal yaitu Coding, Desain dan Algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak tersebut.

 

Apa itu rpl

Apa itu rpl, Sejauh ini sangat banyak orang yang menyesal mengambil jurusan RPL dengan berbagai alasan mulai dari alasan ‘ngoding itu terlalu sulit’ ‘RPL itu sangat membingungkan’ ‘tidak bisa mengerti bahasa pemrograman’ ‘tidak bisa ngoding’ padahal sebenarnya usaha itu yang kurang. Pikir aja semudah apapun jurusan yang kalian ambil jika tidak dipelajari dengan sungguh-sungguh pasti tidak akan bisa bukan? Jadi intinya haya satu yaitu mau bekerja keras, tidak pantang menyerah, selalu berinovasi, banyak mencoba, gigih, banyak berdoa dan tekun belajar adalah kunci utama untuk sukses mempelajari codingan dalam jurusan RPL.

 

Jurusan rpl

Jurusan rpl Mungkin kamu masih bingung kenapa RPL sesusah itu? dibalik itu semua ada banyak manfaat yang dapat kita rasakan dalam mempelajari berbagai macam pelajaran yang ada dalam jurusan rekayasa perangkat lunak tersebut contohnya saja seperti :

  • Dapat mengerti cara membuat aplikasi bukan hanya menggunakan

 Jika kamu ingin membuat aplikasi dan kamu lebih memilih belajar secara otodidak dengan cara searching di google atau di youtube pasti akan sangat sulit karena kamu tidak memiliki dasar seperti yang diajarakan di sekolah. Ingatlah ngoding itu tidak semudah yang kamu kira karena karena saat membuat aplikasi kamu akan menemui banyak kendala seperti program error, syntak” yang tidak jelas, codingan yang tidak dimengerti dan masih banyak lagi.

  • Bisa belajar dimana saja

Ini maksud nya kamu tidak harus pergi ke tempat-tempat tertentu jika ingin belajar kamu cukup punya 1 buah laptop yang jaringan internet maka kamu sudah bisa belajar. Bahkan melalui smartphone pun kamu juga bisa belajar jadi kamu bisa memanfaatkan waktu jika berada dalam perjalanan dengan belajar program.

  • Mendapatkan ilmu yang tak ternilai harganya

Mahal? Kenapa? Tapi memang inilah keistimewaan jurusan RPL karena memang teknologi adalah segalanya di zaman sekarang ini. Bayangkan saja jika kamu membuka kursus bahasa pemrograman dengan bandrol 500 ribu hanya dalam 2-3 kali pertemuan untuk satu orang, pasti sudah besar banget gaji kamu perbulan nya.

  • Cukup lancar satu keahlian

Maksudnya bukan melarang kamu mempelajari banyak hal tapi di jurusan RPL ini kamu cukup memahami dan menguasai satu bidang keahlian saja misalnya satu bahasa pemrograman atau web desain yang benar-benar kamu pahami maka kemampuan itu akan menjamin kamu dapat pekerjaan. Toh di perusahaan terkenal seperti facebook, google, adobe dan lain-lainnya kita hanya bekerja menurut kemampuan kita masing-masing.

  • Banyak pekerjaan dimana-mana

Sekarang ini sangat banyak dibutuhkan tenaga kerja yang berada di bidang RPL, bagaimana tidak perusahaan startup saja sudah banyak berdiri dimana mana dan pastinya membutuhkan karyawan dengan kinerja yang berkualitas dan tentunya harus maniak computer atau mengerti computer dan software. Apalagi beberapa tahun ke depan nya pasti akan lebih banyak lagi karena setiap harinya teknologi yang ada akan terus berkembang pesat.

Bagaimana ? tertarik masuk kedalam dunia RPL? Jika kamu menyukai teknologi pasti nya kamu akan sangat tertarik bukan? Apalagi jurusan ini masih baru di Indonesia jadi pastinya akan banyak orang berlomba lomba masuk ke jurusan tersebut. Tapi ingat syarat yang harus kamu siapkan untuk masuk ke jurusan RPL adalah :

  • Mental yang kuat
  • Logika yang jalan dan kuat
  • Giat dan mau belajar dengan keras
  • Rajin mencoba dan pantang menyerah
  • Laptop dengan spesifikasi yang lumayan tentunya untuk mensupport aplikasi-aplikasi yang akan digunakan

Sekian informasi tentang apa itu Rekayasa Perangkat Lunak yang dapat saya berikan semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin mengambil jurusan ini.

 

Penulis : Vebbiyolla Valentine

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...