Perbedaan Arsitektur dan Organisasi Komputer

Pengertian Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar atau sebuah sistem komputer. Arsitektur komputer dapat didefinisikan serta dikategorikan sebagal ilmu sekaligus seni mengenai bagaimana cara menghubungkan komponen-komponen hardware agar dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

Kita contohkan yang merupakan masalah  rancangan arsitektural perlu atau tidaknya sebuah komputer memiliki perintah peng-alamatan pada memori. Apakah instruksi peng-alamatan tersebut akan dilaksanakan secara langsung ataukah melalui langkah cache adalah kajian organisasional

Arsitektur komputer juga mempelajari komponen-komponen sistem komputer yang berhubungan dengan pemrograman. Itu semua akan berdampak langsung pada perintah logis sebuah program. Sebagai contohnya set instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik peng-alamatan, dan mekanisme input/output (I/O).

Sedangkan definisi dari Organisasi komputer adalah bagian yang terhubung dengan komponen-komponen pelaksanaan dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam melaksanakan aspek arsitektural-nya. Seperti teknologi perangkat keras, perangkat antar muka (user interface), memori dan sinyal-sinyal kontrol merupakan aspek dari organisasi komputer.

Ilmu yang mempelajari cara interkoneksi serta komponen-komponen hardware untuk membuat sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional maupun kinerja adalah definisi lain dari arsitektur komputer.

Sedangkan yang mempelajari bagian yang terhubung dengan unit operasional komputer serta hubungan antar komponen sistem komputer adalah Organisasi Komputer. Tidak hanya itu organisasi komputer juga mempelajari komponen sistem komputer dan interkoneksi yang menerapkan penjelasan arsitektural

Perbedaan yang mendasar atau secara garis besar antara organisasi dan arsitektur komputer adalah :

1. Organisasi komputer

Adalah bagian yang memilki hubungan komponen-komponen operasional.

Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol.

2. Arsitektur komputer

Adalah kelengkapan sistem komputer yang terkait dengan kegiatan pemrograman.

Contoh: Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. (Heriyanto,dkk, 2014 ,86)

Sebuah komputer adalah sebuah sistem yang kompleks; komputer kontemporer mengandung jutaan komponen elektronik dasar. Kuncinya adalah untuk mengenali sifat hirarkis sistem yang paling kompleks, termasuk komputer. Sebuah sistem hirarki adalah seperangkat subsistem yang saling terkait, masing-masing yang terakhir, pada gilirannya, hirarki dalam struktur sampai kita telah mencapai beberapa tingkat terendah subsistem SD.

 

#GarudaCyber23April

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...