5 Tips Smartphone Android agar Terhindar dari Virus dan Malware Berbahaya

Smartphone merupakan platform Android yang paling banyak dipakai oleh semua kalangan. Smartphone ini bahkan sudah  menjadi sesuatu yang “wajib” dimiliki oleh sebagian orang. Ini dikarenakan banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan smartphone. Akan tetapi, banyak yang tidak menyadari jika Smartphone yang digunakan sangat rentan terserang Virus dan Malware.

Tidak hanya komputer, Virus dan Malware ini mampu merusak smartphone, kesulitan membuka data atau bahkan mampu menghilangkan data pada smartphone. Virus ini dapat masuk ke smartphone kita melalui penggunaan internet kita sehari-hari. Virus juga dapat masuk melalui OS pada smartphone yang tidak dilakukan update.

Berikut merupakan 5 tips agar smartphone kita aman dari serangan virus dan malware :

1. Pasang Antivirus Terbaru

Salah satu hal terpenting untuk menjaga smartphone kamu dari ancaman virus adalah dengan memasang anti virus terbaru. Mungkin ada yang bertanya mengapa harus anti virus yang terbaru. Bayangkan saja, jika setiap hari virus mulai dikembangkan tingkat kesulitannya dan kemampuannya dalam menyerang smartphone kamu. Karena itu juga butuh benteng yang lebih baik agar smartphone kamu kebal terhadap virus. Jika di smartphone kamu sudah terinstall antivirus, maka perlu untuk dilakukan update terhadap aplikasi tersebut.

Berikut merupakan anti virus yang dapat menjadi acuan kamu dalam memilih anti virus, diantaranya adalah AVL, 360 Security, Security Master, Avast! Antivirus & Security, Avira Antivirus Security, Mobile Security & Antivirus, Norton Security and Antivirus, Sophos Mobile Security, McAfee Mobile Security, dan Kaspersky Mobile Antivirus.

2. Gunakan Aplikasi dari Sumber Terpercaya

Banyak yang beropini jika Google Play Store merupakan sumber terpercaya untuk mendownload aplikasi. Bahkan ada yang mengklaim bahwa situs tersebut aman dalam hal pemasangan  aplikasi. Ini sebenarnya tidak salah. Akan tetapi setidaknya Kamu perlu berhati-hati dan waspada, karena itu bukanlah jaminan situs tersebut aman dari ancaman malware. Pada Agustus 2017, diketahui Google telah mencopot lebih dari 500 aplikasi di Google Play Store dikarenakan telah terindikasi malware.

 

Jika Google Play Store dianggap tidak aman, terus harus memilih toko aplikasi yang mana? Bisa saja memilih aplikasi di situs tersebut, namun perlu berhati-hati. Janganlah memilih aplikasi yang terlihat mencurigakan. Dan yang paling terpenting, jangan download aplikasi dari situs-situs website yang mencurigakan, bisa jadi aplikasi yang disediakan telah terindikasi virus dikarenakan kurangnya pemilik situs dalam memfilter aplikasi yang aman untuk digunakan.

3. Upgrade OS Android

Jika OS Android Kamu masih versi yang rendah, ada baiknya kamu mengUpgrade atau meningkatkan versi android. Hampir sama dengan konsep Anti Virus pada poin pertama, OS Android kamu perlu diupgrade dikarenakan banyak fitur yang tentunya telah diperbaiki oleh pengembang OS, termasuk fitur dalam hal keamanan sistem. Dengan berkembangnya virus baru yang bermunculan setiap hari dengan tingkat kekebalan yang semakin membaik, ada baiknya mengupgrade OS Android dapat menjadi salah satu alternati dalam mengamankan smartphone kamu.

4. Uninstall Aplikasi yang Mencurigakan

Terkadang kita sering mendapatkan notifikasi aplikasi yang muncul pada smartphone kita. Terkadang juga kita mendapati pada sistem smartphone kita terinstall aplikasi yang sebenarnya kita sendiri tidak tahu kapan kita menginstallnya. Jika kamu menemukan kondisi seperti ini, maka lakukanlah penguninstallan pada aplikasi tersebut. Pastikan juga jika di smartphone mu tidak terinstall aplikasi yang mencurigakan, karena bisa jadi aplikasi tersebut telah terindikasi oleh virus dan malware.

5. Factory Reset Android

Jika kira-kiranya smartphone Android kamu telah terindikasi oleh virus, ada baiknya kamu melakukan Factory Reset Android. Apa itu Factory Reset Android ? Factory Reset Android adalah cara untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik. Ini artinya segala yang terkait dengan data maupun pengaturan Android akan kembali seperti awal, sama seperti saat kita awal membeli Smartphone.

Dengan cara seperti ini, maka Virus dan Malware yang tersimpan pada data, file dan aplikasi Kita juga akan iktu terhapus. Ini merupakan cara jitu untuk menghapus Virus dan Malware. Selain untuk menghapus Virus dan Malware, Factory Reset Android juga akan mengembalikan performa Smartphone menjadi lebih kencang.

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...