Pengertian dan Contoh Sistem Informasi Pemasaran

Pengertian dan Contoh Sistem Informasi Pemasaran

  2018-03-27 14:21:47     Ulti Desi Arni     Dibaca 8450 kali

Sistem informasi pemasaran merupakan sistem yang memanajemen perusahaan terutama dalam menyelesaikan bagian pemasaran perusahaan secara terkomputerisasi. Selain itu sistem yang menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.

Adapun komponen yang terdapat di dalam sistem informasi pasaran yaitu:

  1. Input

Sistem informasi pemasaran memiliki subsistem yang terdiri dari :

  • Sistem Informasi Akuntansi : mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran perusahaan.
  • Intelejen Pemasaran : mengumpulkan informasi dari lingkungan perusahaan yang berhubungan dengan operasi pemasaran.
  • Riset : penelitian mengenai operasi pemasaran.
  1. Database

Data yang terdapat pada database terstruktur dan berkaitan dengan informasi pemasaran.

  1. Output

Output yang dihasilkan terdiri atas

  • Informasi mengenai produk
  • Informasi tempat kegiatan produksi dan juga kegiatan periklanan
  • Menyediakan informasi promosi
  • Menyediakan informasi tentang harga
  1. Model Pemasaran

Model digunakan untuk menghasilkan informasi yang relevan yang sesuai dengan kebutuhan pemakai sistemnya.

Sistem informasi pemasaran yang mengelola informasi perusahaan memegang peranan penting untuk masa depan perusahaan tersebut. oleh karena itu perusahaan harus menggunakan sistem informasi yang baik, tujuannya tak lain adalah agar perusahaan tersebut dapat mengontrol bagaimana perkembangan berbagai bidang di perusahaan tersebut dengan baik terutama untuk sektor pemasaran.

Keuntungan dari sistem informasi pemasaran adalah

  1. Perusahaan dapat memproses setiap informasi yang ada pada perusahaan tersebut.
  2. Memudahkan manajemen waktu.
  3. Perusahaan akan lebih sigap dengan kekeliruan data yang ada.
  4. Perusahaan dapat mengontrol perkembangan bisnis.
  5. Sistem informasi perusahaan akan menghindari kesalah fatal yang disebabkan oleh manusia.

Berdasarkan uraian diatas, perusahaan haruslah sadar bahwasanya sistem informasi pemasaran itu adalah sistem yang penting untuk memajukan perusahaan. Dengan menggunakan sistem informasi yang terkomputerisasi, perusahaan akan lebih mudah untuk berkembang dan mencapai target yang diinginkan oleh perusahaan tersebut.

Dengan adanya sistem informasi, kinerja dari perusahaan tersebut juga akan lebih meningkat. Karena perusahaan tersebut bekerja dengan langkah-langkah yang sudah tepat. Perusahaan bekerja dengan baik berdasarkan dengan laporan yang telah diproses oleh sistem informasi. Sehingga akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

 

Keyword : memanfaatkan perusahaan contoh dengan berkaitan berhubungan artikel kasus menggunakan sudah kegiatan menunjang dapat memiliki memakai organisasi yg menerapkan proyek wbs komprehensif ujian soal semester pengantar bsi uts uas usaha topik ta tingkatan tujuan tabel tentang rancangan diketahui instansi sebuah pada bisnis peran mencakup suatu dalam proses makalah nya dan pengertian nyata laporan masalah belakang latar jawabannya beserta keputusan pengambilan jurnal manajemen.doc pemasaran judul isi daftar institusi organisasi/ manajemen) (sistem sim penggunaan ilmiah tulis karya input implementasi di hari sehari kehidupan sehari-hari penerapan gagal ganda pilihan penyalahgunaan fungsi etika charter project choice multiple keuangan aplikasi abstrak analisa perpustakaan pendidikan dunia analisis bidang dikembangkan web tesis proposal paper tugas akhir telkomsel travel toko tps terbuka tertutup sdm manusia daya sumber sekolah program supermarket publik sektor smp dasar sederhana resume pdf sakit rumah software makan pengumuman / real skripsi kuesioner terintegrasi restoran perbankan pariwisata puskesmas penerbangan manufaktur pemerintahan output data operasional online unilever pt untuk pertanyaan nasional mobil rental modern minimarket lingkup ruang teori landasan observasi level sekitar lingkungan logistik komputer kfc koperasi kesehatan kepegawaian klinik keperawatan kampus internasional jenis penelitian review jasa indonesia intelijen indofood pemerintah indomaret dari hasil hotel grosir mesin gambar hubungan formulir flowchart fotocopy berdasarkan fungsinya fungsional secara esai erd dakwah evaluasi eksekutif tinggi perguruan universitas perkantoran alasannya administrasi masyarakat kantor cover berbasis bank baik bab jawaban bagi akuntansi mendukung ada aset apotek akademik adalah cafe manual penjualan paud persediaan contoh 2010  pemasaran informasi sistem tentang makalah contoh pengembangan proyek penawaran presentasi slide kasus studi software skripsi pertanyaan proposal permasalahan paper program penggunaan perusahaan pada penerapan menerapkan yang menggunakan model manajemen di laporan karakteristik komponen konsep jurnal judul gambar global riset dan dalam data gambaran pengertian dari penjualan contoh-contoh belakang latar bagan web berbasis aplikasi akuntansi akhir tugas analisa artikel flowchart soal modern indofood sakit rumah produk organisasi 

 

Penulis : Harbi Shani               

#Garudacyber09Februari/harbi


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia