Jasa Pembuatan Sistem Perpustakaan Digital di Padang

Perpustakaan merupakan gudang ilmu, dan ia menjadi tempat tujuan orang ketika hendak mencari koleksi buku tertentu untuk mendapatkan ilmu. Di perpustakaan banyak sekali tersimpan buku dengan judul yang berbeda. Dalam sebuah instansi pendidikan perpustakaan ini bisa dikatakan memiliki peran penting, pasalnya disanalah sumber ilmu berada.

Begitu banyaknya koleksi buku di perpustakaan ini tentu saja butuh tenaga ahli yang bisa mengelolanya dengan baik. Pustakawan harus melabeli buku satu per satu dan mencatat setiap transaksi peminjaman dan pengembalian buku, jika tidak buku bisa saja hilang dan tidak terdata dengan baik. Permasalahan sering terjadi adalah ketika pencarian koleksi, harus mengecek satu-per satu di dalam rak, dan ketika ada yang meminjam hanya mencatatnya di dalam draft kertas. Tentu saja ini sangat kurang efektif dan efesien.

Seiring perkembangan teknologi saat ini, muncullah teknologi yang bisa membantu para pustakawan dalam mengelola perpustakaan yaitu Sistem Perpustakaan Digital. Penggunaan istilah Perpustakaan Digital atau E-Library yang awalnya berarti “Perpustakaan Elektronik” telah ‘bergeser’ pemahamannya ke dalam apa yang sebetulnya dipahami sebagai “Perpustakaan Digital’.

Ketika kita berbicara masalah e‐library nantinya akan selalu dihubungkan dengan e‐journal, e‐book, e‐paper dan sebagainya yang diakses secara online menggunakan komputer, atau tidak lagi berbicara masalah penggunaan ‘media elektronis’ yang sebelumnya digunakan seperti microfilm atau video/audio tape dalam ‘perpustakaan elektronik’. Hal ini sesuai juga dengan apa yang disampaikan oleh Romi Satria Wahono yang dikutip oleh Winy Purtini yakni:

Mendefinisikan perpustakaan digital sebagai suatu perpustakaan yang menyimpan data baik itu buku (tulisan), gambar, suara dalam bentuk file elektronik dan mendistribusikannya dengan menggunakan protokol elektronik melalui jaringan komputer. Jadi E-Library ini adalah sebuah perpustakaan yang sudah terintegrasi dengan internet jadi bisa di akses dimana saja

width=600

*Tampilan Backend Perpustakaan Online

Banyak manfaat yang di dapat dari penggunaan atau implementasi dari Perpustakaan Digital ini, adapun manfaatnya sebagai berikut :

width=600

*Pustaka Digital

  1. Hemat Ruang

Biasanya di perpustakaan membutuhkan space yang besar untuk rak rak buku demi menampung buku yang banyak, akan tetapi berbeda halnya dengan perpustakaan digital. Karena perpustakaan digital berbentuk dokumen-dokumen atau buku-buku digital jadi media yang menampung semua dokumen dan buku tersebut adalah harddisk, bukan lah space yang besar seperti rak – rak dll.

  1. Multiple Acces atau Akses Ganda

Ini maksudnya, jika perpustakaan biasa itu mempunyai koleksi buku dengan jumlah buku yang sama itu sangatlah terbatas, maksudnya apabila satu orang meminjam buku berjudul A, maka orang lain tidak bisa meminjam buku tersebut lagi karena buku tersebut sedang dipinjam. Berbeda halnya dengan perpustakaan digital. Karena bersifat digital, jadi satu buku digital tersebut dapat dipinjam oleh berbagai / banyak orang. Baik itu dengan bersifat download dll.

  1. Waktu dan Tempat Yang Fleksibel

Ini karena perpustakaan digital bersifat online, jadi untuk pengaksesannya dapat dilakukan di mana saja, dan waktunya pun terserah dari peminjam tersebut. Selagi tempat itu memiliki akses internet, maka dimungkinkan untuk mengakses perpustakaan digital ini. Berbeda dengan perpustakaan biasa, yang hanya melayani peminjam ketika jam kerja saja.

  1. Koleksi Yang Bervariatif

Koleksi di perpustakaan digital tidak hanya berupa teks saja, akan tetapi juga berbentuk multimedia, seperti gambar, video, suara dll. Jadi pilihan peminjam pun sangatlah beragam dan menarik.

  1. Biaya Murah

Murah disini berpengaruh ke 2 sisi, baik itu pengelola perpustakaan ataupun peminjam. Untuk peminjam, untuk meminjam pun tinggal di rumah saja, tidak perlu pergi kesana dengan menghabiskan ongkos perjalanan dll. Dan untuk pihak pengelola, karena tidak perlu membuka space yang besar, jadi menghemat biaya dalam pembuatan gedung. Cukup memiliki harddisk yang besar dan software perpustakaan digital yang baik saja.

Menarik Bukan kedua Perpustakaan Digital ini ? Oleh karena Garuda Cyber Indonesia telah membuat dan bahkan sudah mengimplementasikannya di banyak tempat di Indonesia. Garuda Cyber Indonesia telah memberikan banyak jasa nya kepada client yang membutuhkan sistem ini dengan hasilnya yang maksimal. Dengan harga nya terjangkau dan semua fitur bisa anda nikmati dengan pelayanan maksimal.

Anda bisa merasakan semua manfaat ini dengan memiliki aplikasi ini. High Recomended Application untuk para pengusaha yang ingin maju di bidang usahanya.  

Bagi kamu yang tertarik dengan produk yang ditawarkan oleh Garuda Cyber Indonesia bisa menghubungi kontak atau alamat lengkap kami Garuda Cyber Indonesia.

Head Office                : Jl. Soebrantas Panam no. 188, Sidomulyo     Baru, Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Telp                            : 0761-6704399

Buka setiap senin - jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB

WhatsApp Only : 0811-7674-727 

Ceo : 085263574074 (Bantuan, S.T) atau 085210832769 (Edi Purwanto,S.Kom)

Telepon : (0761)6704399 atau kunjungi website-nya diwww.garudacyber.co.id

Email : garudacyberindo@gmail.com 

Tunggu apa lagi, HUBUNGI KAMI SEKARANG.

 

Penulis : Surya Agung Putra

#garudacyber12maret

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...