WhatsApp-Button
Gagal mendownload file via Composer ? Coba cara ini!

Gagal mendownload file via Composer ? Coba cara ini!

  2017-12-08 11:51:11     aknovia     Dibaca 4059 kali

Ini pengalaman saya sendiri. Dari kemarin gagal mendownload laravel via composer, bahkan project-project kecil yang saya download banyak error yang bermunculan di command prompt. Sempat kesal dan menyalahkan koneksi.  Ternyata bukan cuma koneksi yang bermasalah laughing Ternyata ada hal hal lain yang menyebabkan error saat download library menggunakan composer.

Berikut masalah yang saya hadapi ketika gagal mendownload library menggunakan composer :

  1. zlib_decode() data error. Solusi yang saya dapatkan dari github hanyalah clear cache, mengubah respository menjadi https ataupun karena koneksi memang lambat. Tetapi walaupun sudah mencoba semuanya tetap buntu. Akhirnya saya membiarkan error ini. karena walaupun errornya muncul tetapi packet-packet laravel tetap terdownload walaupun tidak sempurna.
  2. 404 not found untuk beberapa project. Untuk error ini saya sudah mencoba mematikan semua firewall termasuk bawaan windows, tetapi tetap juga 404 walaupun packet tersebut ada di github.
  3. Content Length Mismatch. Saya sudah mencoba update composer tetapi warning ini tetap muncul.

Lumayan kesel juga setelah beberapa solusi sudah dijalankan tapi tetap error juga. Bahkan koneksi yang kencang pun juga masih error. yellHadeeuh. Ternyata ada beberapa solusi yang bisa teman teman coba.

  1. Koneksi memang lambat atau bermasalah. Bisa jadi koneksi teman teman sedang ada gangguan ketika, coba check terlebih dahulu dengan ping ataupun mengakses halaman web. Kalau mengakses google bisa lebih dari 10 detik. Dapat dipastikan bahwa koneksi teman teman memang lambat. Cobalah untuk mencari koneksi yang mumpuni dan lumayan cepat.
  2. Firewall. lagi lagi firewall. Iyaps, ternyata firewall juga bisa memblokir url tertentu sehingga kita tidak bisa mendownload packet-packet menggunakan composer. Cobalah untuk mematikan semua firewall. mulai dari firewall antivirus hingga firewall bawaan windows / OS teman teman.
  3. Upgrade php. Upgrade PHP, ini solusi yang saya dapatkan ketika iseng iseng download xampp terbaru, karena saking keselnya. Ternyata, error tadi muncul karena semua packet yang saya download hanya support minimal php 7, sehingga composer nya pun harus terhubung dengan PHP 7. Itu hanya pendapat saya, karena saya sukses mendownload packet laravel setelah upgrade XAMPP nya.

    Jadi, saya uninstall xampp lama kemudian install xampp dengan php 7, karena saya install di directory yang sama, saya tidak harus mengganti path PHP di composer, dan It works like a charm. Ternyata terkadang masalah yang rumit sekalipun punya solusi yang simple yang belum pernah kita pikirkan. Oleh karena itu perbanyaklah sharing masalah dengan teman teman kamu wink

Goodluck. Have a nice code. wink

Penulis : Rezki Nasrullah


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia