WhatsApp-Button
Yuk Intip, Tips Menjaga Kesehatan Bagi Programmer

Yuk Intip, Tips Menjaga Kesehatan Bagi Programmer

  2017-12-07 14:53:20     aknovia     Dibaca 1105 kali

Tau dong gimana lelahnya menjadi seorang programer yell Apalagi kalau aplikasi yg akan dibuat menumpuk dan itu semua sedang berdekatan dengan deadline yang telah ditentukan. Bisa-bisa seharian didepan komputer yang pada akhirnya hal-hal yang dibutuhkan oleh tubuh kita terabaikan dan kesehatan tubuh menjadi terganggu. Nah gmna sih cara menjaga kesehatan tubuh kita? Mari kita simak beberapa tips berikut :

1. Menjaga Kesehatan Mata

Untuk membuat sebuah program aplikasi setidaknya kita harus fokus terhadap source code /sintax aplikasi yang kita bangun. Kegiatan ini mengakibatkan kelelahan pada mata . Bagaimana tidak? Normalnya manusia akan berkedip sebanyak 18 kali dalam rentang waktu satu menit, Namun pada saat kita menatap layar yang berisikan barisan source code, maka hal ini membuat kita menjadi jarang berkedip. Oleh karena itu berikan waktu mata kita istirahat selama 5 menit setiap rentang waktu 1 jam. Hal ini akan membuat mata menjadi lebi fresh, tidak mudah iritasi, dan juga tidak mudah lelah. Akan tetapi ini tidak dapat mencegah secara penuh terjadinya beberapa masalah mata yang diakibatkan terlalu sering menatap layar monitor.

2. Perbanyak Olahraga

Olahraga merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan bagi seorang programer, karena biasanya kita dituntut untuk dapat menyelesaikan suatu aplikasi dalam waktu secepat mungkin. Sehingga kita bisa menghabiskan waktu selama 8 jam lebih untuk duduk di depan komputer, hal ini dapat memancing terjadinya RSI (Repetitive Strain Injuries). RSI ini sendiri sejenis cedera yang menyerang persendian yang diakibatkan ketegangan atot atau saraf, karena melakukan aktivitas fisik dengan gerakan yang sama secara terus menerus dan dilakukan dalam waktu yang lama. Ciri-cirinya sendiri adanya rasa sakit pada pergelangan tangan sampai pundak, punggung, leher dan kesemutan seperti mati rasa. Sayangnya permasalahan seperti ini sering disepelekan padahal apabila terus dibiarkan dapat mengakibatkan tangan tidak dapat digerakkan (mati rasa total).

Meluangkan waktu untuk melakukan olahraga kecil akan membantu menjaga kesehatan kita. Beberapa oleh raga kecil seperti : jogging, bersepeda, senam dan sebagainya. Apabila kita merasa bosan jika pergi sendirian, makan kita dapat mengajak teman-teman kita untuk main bareng (olahraga). Ehh selain kesehatan kita terjaga, olahraga bareng teman juga dapat membuat kehidupan sosial kita menjadi lebih baik wink

Akan tetapi hal tersebut tidak dapat kita lakukan karena berlomba dengan deadline donk tentunya, nah untuk menggantikan aktivitas tersebut ada beberapa tips yang dapat dilakukan :

a. Peregangan Leher

Mulailah dengan melakukan peregangan leher yang sederhana namun bisa mengurangi sakit pada punggung kita, misalnya dengan memiringkan kepala kita sampai telinga menyentuh bahu dan tahan hingga beberapa detik.

b. Peregangan Kaki

Tips ini dapat kita lakukan dengan duduk di kursi dan panjangkan satu kaki lurus kedepan, tahan terus posisi tersebut selama bebrapa detik, lalu naikkan setinggi mungkin dan tahan lagi beberapa detik, terakhir turunkan kakimu perlahan ke posisi semua. Ulangi kegiatan tersebut beberapa kali untuk masing-masing kaki.

c. Peregangan Tulang Belakang

Cara ini dapat kita lakukan dengan duduk tegak di kursi dan angkat perlahan kedua tangan ke atas, setelah itu letakkan tangan kiri di atas meja, kemudian sentuhlah pada bagian belakang kursi dengan menggunakan tangan kanan dan putar perlahan ke arah kanan. Tahan selama 10 detik, lalu kembali ke posisi awal. Lakukan hal tersebut beberapa kali dengan berbalasan.

Dan masih banyak tips peregangan sederhana lainnya ya, kita kembali ke topik lagi ya wink

3. Hindari Terlalu Banyak Kafein

Gimana sensasinya ketika dengar kata kafein? Pastinya kita merasa sudah terlalu banyak mengkonsumsi kafein, bagaimana tidak, hampir disetiap begadang kita selalu ditemani oleh si "Dia" laughing. Nah jika dilihat dari sudut pandang kesehatan kedua kegiatan tersebut tidaklah baik, karena dapat mengganggu kesehatan seperti menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat dari biasanya. Oleh karena itu, bagi kita yang mengalami gejala serangan jantung sangat dianjurkan untuk menghindari atau tidak minum kopi berlebihan. Selain itu masih banyak dampak negatif dari kafein yang berlebihan , seperti asam lambung, susah tidur dll.

4. Perbaiki Pola Makan dan Tidur

Hal ini merupakan salah satu penyebab mengapa penyakit maag yang sering diderita oleh programer. Bagaimana tidak, kita sering menahan lapar atau terkadang kita justru melupakan rasa lapar tersebut karena terlalu fokus terhadap codingan yang belum selesai, akan tetapi sudah mendekati deadline. Hal tersebut menyebabkan fungsi lambung menjadi terganggu, padahal tubuh kita bekerja selama 10 sampai 12 jam setiap harinya. Apabila pola makan yang kita terapkan tidak teratur makan tubuh yang bekerja terus akan terganggu yang diakibatkan tidak adanya asupan makanan yang masuk kedalam tubuh, dampaknya sistem pencernaan tersebut akan melukai organ pencernaan sendiri. Hal tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan kita, terutama dimasa yang akan datang.

Jangan sampai kita bekerja keras dimasa muda, namun ketika tua kita menjasdi sakit-sakitan yang disebabkan pola makan yang tidak baik.

So, buat kamu kamu para programmer, jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan ya, agar terus bisa berkarya. wink

 

Penulis : Eko Saputra


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia