WhatsApp-Button
Tips Dapat Ide Ngoding Ala Programmer Garuda Cyber Indonesia

Tips Dapat Ide Ngoding Ala Programmer Garuda Cyber Indonesia

  2017-12-04 17:01:12     aknovia     Dibaca 1116 kali

Pernah buntu saat ngoding ?

Setiap programmer pasti pernah stuck saat ngoding. Sangat sulit untuk mendapatkan ide disaat saat tertentu justru membuat kita kepikiran terus menerus dan bahkan sampai kebawa mimpi :D. Kalau saya udah stuck ngoding, saya bawa tidur atau ngobrol santai dengan teman teman.


Nah kali ini saya mau share gimana caranya agar nggak terlalu lama stuck dan tidak dapat ide ngoding. Berikut tips ala saya dalam memecahkan masalah dan mendapatkan ide saat ngoding :

1. Perbanyak Belajar. Sebelum masuk ke inti permasalahan, ada baiknya kita mempelajari masalah yang kita hadapi dengan membaca beberapa artikel, literature, buku ataupun melihat video tentang masalah yang kita hadapi.

2. Berkumpul dengan orang orang yang telah berkecipung di bidang tersebut. Tidak selamanya kita bisa memecahkan masalah kita sendirian, ada baiknya kita bertanya pada orang yang telah berkecipung di masalah tersebut. Baik itu dari praktisi ahli di bidang tersebut atau bisa jadi bertanya kepada senior programmer yang mungkin telah berpengalaman dalam memecahkan masalah tersebut.

3. Posisikan diri sebagai user. Salah satu poin penting yakni memposisikan diri sebagai user. Ketika kita mencoba aplikasi kita, cobalah memposisikan diri sebagai user, sehingga mungkin saja kamu bisa dapat ide ide simple untuk memecahkan masalah tersebut.

4. Definisikan masalah dengan beberapa kata. Ketika seseorang mengerti tentang suatu masalah, maka ia mampu mendefinisikan masalah tersebut dalam beberapa kata saja. Ada baiknya kita memahami masalah yang kita hadapi, sehingga ketika kita sudah memahami masalah akan mudah juga mencari solusinya. Akan menjadi hambatan kita ketika kita tidak memahami masalah yang kita hadapi maka akan sulit pula mencari solusinya.

5. Buat solusi sederhana. Setelah mendefinisikan masalah dalam beberapa kata saja, cobalah untuk membuat solusi sederhana yang bisa kita pakai. Semakin sulit solusinya, semakin sulit pula mendapatkan ide selanjutnya. Alangkah baiknya kita mencari solusi yang sederhana sehingga tidak terlalu menyulitkan kita di kemudian hari.

6. Relax. Terkadang satu hal yang kita butuhkan yaitu bersantai, bisa jadi melihat ke arah jalanan atau melihat suasana pantai di youtube ataupun bisa tidur. Karena biasanya stuck saat ngoding disebabkan oleh pikiran yang terlalu stress. Berikan dirimu rehat sejenak dan bersantailah untuk sesaat. Bisa jadi ide itu muncul ketika kamu bangun tidur atau sedang menonton youtube.

Nah, itulah tips sederhana. Saya juga baru belajar menulis sehingga mungkin kata-kata saya diatas sangat sulit dipahami. Jangan pula karena artikel ini kamu justru semakin pusing ngoding XD
Semoga bisa dapat beberapa pencerahan dari artikel ini.


Have a nice code. Karena coding adalah candu...

Penulis : Rezki Nasrullah


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia