WhatsApp-Button
Mengenal PHP

Mengenal PHP

  2017-11-30 11:29:45     aknovia     Dibaca 1061 kali

Apa itu PHP ?

Php merupakan singkatan dari Hypertext Prepocessor, yang pada awalnya dikenalkan dengan nama Personal Home Page yang dikhususkan untuk membuat halaman pribadi. Selang beberapa tahun Php dikembangkan dan berubah menjadi bahasa pemograman web yang powerful. Untuk sekarang Php sendiri sudah released versi PHP 7.1.12 dan dapat di unduh pada situs http://id1.php.net/downloads.php

Apakah sulit mempelajari bahasa php ?

Jawabannya TIDAK, kalau ada niat pasti ada jalan. Saat ini sudah banyak tutorial atau buku yang menjelaskan tentang cara penggunaan bahasa pemograman php, jadi tidaklah sulit untuk mempelajari bahasa pemograman php. Apalagi jamanNow sedang menjamur aplikasi – aplikasi berbasis online.

Bagaimana cara menjalankan PHP dan apa saja yang dipersiapkan ?

Php sendiri dapat berjalan di web server apache dan agar dapat menjalankannya dibutuhkan suatu aplikasi yaitu XAMPP.

Apa itu XAMPP ?

XAMPP berfungsi sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MyAQL, PHP, dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas. XAMPP merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.(sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/XAMPP).

Untuk saat ini XAMPP sudah release versi XAMPP 7.1.11 yang sudah support dengan php 7.1. XAMPP juga digunakan untuk membuat dan memanajeman sebuah database.

Untuk memudahkan dalam pemograman Php dibutuhkan juga text editor seperti sublime text , notepad, phpstorm dan lain – lain, semua aplikasi tersebut fungsinya sama dan perbedaan terletak pada masing-masing kelebihan aplikasi.

Setelah semuanya lengkap apa yang harus dilakukan ?

  1. Install XAMPP
  2. Setelah selesai buka XAMPP – control panel dan jalan servicenya seperti Apache dan Mysql untuk databasenya.
  3. Setelah apache dan mysqlnya berjalan dengan normal maka php bisa dijalankan. Untuk menjalankanya kita membutuhkan sebuah aplikasi browser seperti chrome , firefox, opera, dan lain-lain.

Selamat mencoba. ^_^

 

Penulis : Fajar Rizky Hidayat - Programmer

 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia