WhatsApp-Button
Cara Memperbaiki ”Failed to Resolve” pada Android Studio

Cara Memperbaiki ”Failed to Resolve” pada Android Studio

  2017-11-30 10:17:58     aknovia     Dibaca 1195 kali

Ketika menjalankan android studio pertama kali, Android studio akan mendownload library dari repository yang telah tersedia. Namun untuk beberapa kasus, android studio gagal mendownload library dan menyebabkan error seperti :

Terkadang untuk orang awam atau baru pertama kali menemukan error seperti ini akan kebingungan mengapa hal ini bisa terjadi. Error failed to resolve terjadi karena android studio gagal mendownload library dari repository yang sudah disediakan oleh android studio.

Secara default, android studio mendownload library pada saat pertama kali membuat project setelah menginstall android studio. Lalu untuk project selanjutnya android studio menggunakan "offline mode" yaitu dengan menggunakan library yang sudah terdownload sebelumnya.

Oke, dari situ kita bisa menarik beberapa kesimpulan untuk memperbaiki masalah failed to resolve pada android studio :

  1. Pastikan kamu terkoneksi ke internet. ketika pertama kali membuat project android studio. Ini penting, karena android studio harus mendownload library agar bisa menjalankan aplikasi yang kita buat. Selain SDK, library juga penting dalam development aplikasi android pada android studio.
  2. Pastikan koneksi internet kamu stabil. Bisa jadi ketika android studio mendownload library dari repository, gagal terdownload karena koneksi internet kita tidak stabil dan menyebabkan error failed to resolve. Oleh karena itu kamu harus memastikan koneksi internet kamu stabil.

3.Disable Offline Mode. Jika tidak berhasil juga, maka kita harus mencoba untuk disable offline mode. Artinya setiap kita membuat project baru, android studio akan mendownload semua library secara online di repository. Jadi, disetiap project kita bisa memastikan bahwa semua library terdownload dengan sempurna. Cara disable offline mode adalah sebagai berikut :

 

  1. Matikan Firewall. Untuk beberapa kasus, termasuk kasus saya sendiri. android studio dan jdk terhalang oleh firewall dari windows dan antivirus, sehingga android studio sendiri gagal untuk mendownload library dari repository karena terblock oleh firewall. Oleh karena itu tidak ada salahnya kita mencoba mematikan firewall. Baik itu firewall windows maupun firewall dari antivirus
  2. Bertanya di forum dan berdoa kepada Allah. Solusi terakhir tentu saja bertanya pada forum forum yang terdapat orang yang sudah berpengalaman dengan berbagai error. Mungkin saja kamu bisa menemukan solusi yang tepat disana. Dan tidak lupa berdoa kepada Allah agar dilancarkan semua urusanmu dan errormu bisa dihilangkan segera.

Oke, sekian tips dari saya, pengalaman pribadi sekaligus catatan buat saya. Hanya karena lupa mematikan firewall , saya pusing menghadapi error selama berjam jam. Semoga kamu tidak seperti itu ya. hahaha

Goodluck, Have a nice code.

Penulis : Rezki Nasrullah - Senior Programmer


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia