Cara Mudah Install Composer di WIndows yang Benar dan Berhasil

Cara Mudah Install Composer di WIndows yang Benar dan Berhasil - Temen-temen programmer pasti sudah tidak asing lagi dengan composer bukan?, yups tool yang sangat membantu kita dalam mendownload package dan library php ini sudah cukup familiar ditelinga kita karena fungsinya yang dapat memudahkan kita dalam mendevelop sebuah aplikasi berbasih web.

Namun demikian, beberapa teman-teman mungkin masih kebingungan dengan cara instalasi composer yang benar dan berhasil, untuk itu tim Garuda Cyber Indonesia membuatkan tutorial khusus untuk teman-teman.

Oups, tapi sebelum masuk ke tutorial instalasi, ada baiknya kita bahas sedikit tentang composer ya...

Apa itu composer?

Dikutip dari medium.com, Composer adalah dependency management untuk PHP. dependency sendiri jika diartikan secara harfiah adalah ketergantungan, lho apa maksudnya ya? hmm, jadi lebih kurang maksud ketergantungan itu seperti ini, saat kita membutuhkan library php yang lain (misalnya convert tampilan ke pdf) kita tidak harus membuat sendiri library tersebut, melainkan tinggal mendownload yang sudah disediakan oleh pengguna lain (hemm... asyik bukan?), nah itu artinya aplikasi kita dependency (butuh) terhadap library-library eksternal dan akhirnya-pun kita dimanjakan dengan cara mudah tersebut, inilah yang dimaksud dengan ketergantungan itu.  

Nah intinya, dengan composer, kita tidak usah repot-report download library PHP manual satu-persatu. Begitupun dengan proses update library, tidak usah diupdate satu-persatu, cukup ubah satu file (composer.json), jalankan perintah composer update untuk mengupdate semua library.

Oh ya, buat teman-teman yang sudah tidak sabar dengan tutorial cara instal composer diwindows sudah saya buatkan modulnya dalam bentuk pdf, teman-teman bisa unduh disini

Demikian share kali ini, semoga bermanfaat, jangan lupa senyum ^_^ *imr

 

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...