Belajar jQuery

Apa Itu jQuery ?

Bagi anda yang baru belajar membuat website mungkin masih bingung apa itu jQuery dan apa bedanya dengan Javascript. Untuk itu sebelumnya anda perlu mengenal sedikit apa itu Javascript. Javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang biasanya berjalan pada browser. Hampir semua browser terbaru dapat menjalankan bahasa pemrograman ini. Pemrograman Javascript akan berjalan pada browser ketika browser telah menerima semua request data dari server ke browser. Begitu kira-kira singkatnya tentang Javascript.

Sedangkan  jQuery merupakan salah satu library paling popular digunakan pada pemrograman Javascript untuk memberi kemudahan dalam memanipulasi HTML DOM (Document Object Model) pada browser.Berikut ini adalah contoh code penggunaan pada Javascript tanpa jQuery dan dengan menggunakan jQuery.

HTML :

Tulis di sini.

Javascript tanpa jQuery :

document.getElementById(tulis).innerHTML = Garuda;

dengan jQuery :

$(#tulis).html(Garuda);

Pada code di atas berfungsi untuk mengubah isi dari Tag HTML yang menggunakan ID “Tulis” menjadi “Garuda”.Dengan menggunakan jQuery ini coding-an akan jadi lebih singkat dan mudah. Apakah cuma itu saja yang bisa dilakukan dengan jQuery ini? Tentu saja tidak. Ini hanya contoh sederhana dalam manipulasi DOM dengan jQuery, tentunya masih banyak lagi fungsi-fungsi lain yang bisa dilakukan dengan jQuery, termasuk AJAX (Asynchronous JavaScript and XML).

Mungkin segitu dulu perkenalan tentang  jQuery ini. Kedepannya akan dibahas lebih dalam artikel berikutnya.

----------------------

artikel by : Hady 

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...