WhatsApp-Button
Belajar jQuery

Belajar jQuery

  2017-11-17 08:41:30     aknovia     Dibaca 620 kali

Apa Itu jQuery ?

Bagi anda yang baru belajar membuat website mungkin masih bingung apa itu jQuery dan apa bedanya dengan Javascript. Untuk itu sebelumnya anda perlu mengenal sedikit apa itu Javascript. Javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang biasanya berjalan pada browser. Hampir semua browser terbaru dapat menjalankan bahasa pemrograman ini. Pemrograman Javascript akan berjalan pada browser ketika browser telah menerima semua request data dari server ke browser. Begitu kira-kira singkatnya tentang Javascript.

Sedangkan  jQuery merupakan salah satu library paling popular digunakan pada pemrograman Javascript untuk memberi kemudahan dalam memanipulasi HTML DOM (Document Object Model) pada browser.Berikut ini adalah contoh code penggunaan pada Javascript tanpa jQuery dan dengan menggunakan jQuery.

HTML :

Tulis di sini.

Javascript tanpa jQuery :

document.getElementById("tulis").innerHTML = "Garuda";

dengan jQuery :

$("#tulis").html("Garuda");

Pada code di atas berfungsi untuk mengubah isi dari Tag HTML yang menggunakan ID “Tulis” menjadi “Garuda”.Dengan menggunakan jQuery ini coding-an akan jadi lebih singkat dan mudah. Apakah cuma itu saja yang bisa dilakukan dengan jQuery ini? Tentu saja tidak. Ini hanya contoh sederhana dalam manipulasi DOM dengan jQuery, tentunya masih banyak lagi fungsi-fungsi lain yang bisa dilakukan dengan jQuery, termasuk AJAX (Asynchronous JavaScript and XML).

Mungkin segitu dulu perkenalan tentang  jQuery ini. Kedepannya akan dibahas lebih dalam artikel berikutnya.

----------------------

artikel by : Hady 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia