Platform Cloud Virtual Terpopuler

Apa itu Platform ?? Apa yang disebut dengan Platform Cloud Virtual ??

Mungkin sebagian orang sudah tau apa yang dimaksud dengan platform cloud virtul, tetapi ada sebagian orang yang masih asing mendengar kata-kata tersebut, baiklah sekarang saya akan membahas apa yang maksud dengan platform cloud virtual, sebelum kita membahas platform cloud virtual kita akan membahas apa yang dimaksud dengan platform, platform merupakan hasil kombinasi antara sebuah arsitektur perangkat keras dan perangkat lunak. Platform merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam pengembangan perangkat lunak, platform disebut juga sebagai tempat untuk menjalankan perangkat lunak, platform juga sebagai arsitektur perangkat keras/fondasi/standart bagaimana sebuah sistem atau aplikasi agar berjalan dengan baik dan lancar atau sebagai dasar dari teknologi dimana pada teknologi yang lainnya atau proses-proses dibuat. Tetapi orang banyak beranggapan bahwa platform sama dengan sistem operasi, padahal tidak karena platform hanya merupakan dasar atau tempat dimana sistem operasi dijalankan, tanpa platform sistem operasi tidak akan dapat berjalan.

Lalu Cloud Computing adalah kegiatan mengakses data, aplikasi, dan layanan dari sebuah tempat yang menggunakan jaringan/internet. “Tempat” yang dimaksud disini yaitu merupakan sebuah sistem penyimpanan data pemrosesan yang saling terintegrasi, agar kita dapat mengaksesya dimanapun dan kapanpun dengan adnya jaringan internet. Nah, untuk dapat membuat cloud ini kita harus menyediakan storage, server, komputer serta jaringan internet. Tetapi zaman dan teknologi sekarang sudah makin canggih, kita tidak perlu menggunakan itu lagi, kita dapat menyimpan semua data sebanyak-banyaknya tanpa perlu mengupayakan harus memiliki device yang besar. Karena pada saat sekarang ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan virtualisasi cloud untuk membuat rancangan cloud seperti yang diinginkan, itulah yang disebut dengan virtual. Ada 7 buah virtualilisasi cloud terpopuler didunia diantaranya :

1.Proxmox

Proxmox merupakan salah satu virtualisasi cloud terpopuler, dimana proxmox ini sangat memiliki keunggulan fleksibilitas yang sangat tinggi, dan kita juga dapat membangun infrastruktur dengan berbagai spesifikasi serta tujuan tanpa harus menjelaskan bagaimana kita melakukannya. Migrasi dari server ke server juga dapat dilakukan dengan sangat mudah. Karena proxmox ini mempunyai Karnel Virtual Machine (KVM) sehingga proxmox dapat mendukung hampir semua sistem operasi yang ada. Proxmox juga mendukung container-style visualization yang juga merupakan gabungan virtualisasi yang dimiliki OpenVZ dan Parallers sehingga setiap host dapat kita install lebih banyak virtual machine.

2.VMWare

Salah satu server cloud yang baru dirilis dari VMWare ini yaitu “vCloudAir”. vCloud Air memiliki 3 fasilitas diantaranya :

  1. Virtual Private Cloud merupakan layanan cloud dengan keamanan dan jaminan privasi dari user lainnya.
  2. Dedicated Cloud merupakan Virtual Private Cloud yang dapat kita bagikan kepada pengguna lain dengan mematuhi aturan tertentu
  3. Disaster Recovery merupakan back-up VM untuk keadaan darurat untuk menjunjung kelangsungan bisnis

3.Oracle

Oracle juga merupakan salah satu satu virtualisasi cloud terpopuler, Oracle Cloud Platform ini menawarkan kapasitas besar dan aplikasi yang terintegrasi. Karena oracle juga mempunyai platform public maupun riwayat. Dengan adanya hal ini akan lebih membantu kita untuk memasukkan aplikasi melalui SaaS yang dimiliki oleh Oracle, Oracle ini juga dilengkapi dengan keamanan yang tinggi kemudian dengan mudah kita dapat migran antar server

4.Citrix

Citrix Cloud Platform adalah salah satu solusi untuk menciptakan cloud yang aman dan efisien hanya dengan satu platform manajemen. Citrix Cloud Platform juga dapat membuat desain arsitektur cloud yang fleksibel dan memantau seluruh aktivitas dalam cloud dengan mudah. Citrix Cloud Platform juga mendukung aplikasi 3D berbasis vGPU. Perusahaan animasi ternama, Disney Interactive menggunakan cloud ini.

5.Red Hat

Dengan kita menggunakan Red Hat Cloud Infrastrukturkita dapat membuat cloud laaS yang sifatnya open atau private. Red hat Insfrastruktur akan mengintegrasikan empat komponen diantanya Red hat Cloudform, Red hat satelite, Red hat enterprise virtualiztion, serta Red hat enterprise Linux yang akan menjadi populer di pasaran, Salah satu perusahaan besar yang menggunakan red  hat cloud infrastruktur adalah Union Bank

6.Odin

Odin Parallels Cloud Server merupakan server cloud yang canggih, menggunakan Parallels Containers serta teknologi berkelas Internasional serta cloud storage yang fleksibel. Parallels Cloud Server akan membuat penyimpanan menjadi lebih efisien, selain itu kita juga dapat secara bersamaan menyimpan data dan menjalankan mesin virtual Parallels, meminimalisir error dari HDD dan RAID, ketersediaan server yang tinggi, migrasi server mudah, dan media penyimpanan yang besar.

7.Microsoft Azure

Microsoft Azure Virtual Machine juga merupakan salah satu virtualisasi cloud yang mendukung sistem operasi Windows dan Linux. Dengan menggunakan Azure Virtual machine, kita dapat men-deploy pekerjaan kita kemana saja dan kapan saja dengan berkat dukungan Microsoft SQL Server, Oracle, IBM, SAP, dan Azure BizTalk Services. Apabila terjadi kecelakaan atau kejadian yang tidak diinginkan, Azure Backup membantu kita untuk menjaga data kita.

                                                                                                            

Penulis Fitri Herawati

#Garudacyber07februari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...