Google Voice Bisa Bahasa Daerah?

Negara kita, Negara Indonesia merupakan negara yang kuat akan budaya dan kultur daerahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwasanya di era modern seperti sekarang, masyarakat masih memilih berkomunikasi tidak hanya menggunakan bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia. Namun juga masih banyak yang berkomunikasi menggunakan bahasa daerah.

Melihat hal ini, Google ikut mendukung masyarakat Indonesia untuk melestarikan bahasa daerah. Hal ini diwujudkan dengan diresmikannya google voice bisa bahasa jawa dan sunda.

Hal ini juga bertujuan untuk memaksimalkan potensi internet. Dengan Google meluncurkan teknologi voice input resmi, yang diluncurkan dalam bahasa Jawa dan Sunda. Project yang dilakukan bekerja-sama dengan beberapa universitas lokal seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Pendidikan Indonesia, mulai hari ini Anda dapat berbicara dalam bahasa Jawa dan Sunda saat menggunakan aplikasi Google App, aplikasi Google Translate serta aplikasi keyboard pintar Gboard di Android.

Hal lainnya yang mendukung teknologi ini di buat adalah tingginya penggunaan penelusuran suara di Indonesia yaitu 50% lebih tinggi diatas angka pertumbuhan global. Sehingga dengan adanya teknologi ini bisa menjangkau lebih banyak masyarakat. Indonesia.

Teknologi ini juga diberdayakan oleh Machine Learning yaitu untuk menerapkan variasi bahasa baru. Google yang bekerja sama dengan penutur asli dengan mengumpulkan contoh percakapan dengan meminta mereka membaca frasa yang umum digunakan. Pada proses ini akan melatih model Machine Learning Google untuk memahami suara dan kata dalam bahasa baru. Sehingga akan meningkatkan akurasi saat menangkap suara dan kata dari waktu ke waktu. Semakin banyaknya penutur bahasa asli yang menggunakan produk ini. Maka teknologi terus menjadi semakin baik dengan memasukkan masing-masing bahasa.

Dengan adanya hal ini juga, masyarakat pun menanggapi baik teknologi yang sudah diresmikan ini dengan adanya penelusuran terpopuler didominasi oleh lagu dolanan anak atau bal-balan dino iki sebagai keyword yang paling sering dicari oleh netizen di Pulau Jawa.

Namun tidak sampai disitu saja, untuk ke depannya Google akan melakukan pengembangan dengan menambahkan bahasa daerah yang lain seperti bahasa Batak dan Bahasa Padang dan lain-lain. Bagaimana pendapat kalian mengenai hal ini? Keren kan ya?  

Sekian untuk artikel kali ini, jangan lupa like dan di share ya guys. Dan pastikan juga kalian update informasi lainnya pada fanspage Garuda Cyber Indonesia https://www.facebook.com/GarudaCyber/ .

 

Penulis : Harbi Shani

#Garudacyber09Februari/harbi

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...