Mempermudah Pengelolaan Keuangan Kampus dengan Fitur Smart Finance di Smart Campus

Smart campus adalah produk unggulan di Garuda Cyber Indonesia, Smart Kampus sudah banyak di terapkan di kampus-kampus yang bermitra dengan Garuda Cyber Indonesia. Smart Campus dirancang khusus untuk membantu perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi pengelolaan. Platform ini menawarkan solusi terpadu yang memudahkan seluruh stakeholder, mulai dari mahasiswa, dosen, pegawai hingga pimpinan perguruan tinggi, dalam menjalankan berbagai kegiatannya.

Khususnya, di Smart Finance menghadirkan solusi inovatif untuk membantu bisnis Anda mengelola keuangan dengan lebih mudah, efisien, dan terintegrasi. Terlebih, seiring berjalannya waktu dan memasuki era digitalisasi, seluruh pekerjaan seharusnya sudah terintegrasi dengan kecanggihan teknologi informasi, ditambah lagi memasuki era industri 5.0 yang mendukung dan memadai.

Di instansi pendidikan terutama, seluruh pekerjaan sudah seharusnya dilakukan dalam satu sistem yang terintegrasi satu sama lain. Hal ini guna memudahkan pekerjaan dengan memangkas waktu dan tenaga jika dibandingkan cara manual. Terlebih lagi, tata kelola keuangan di kampus lebih sulit. Ada banyak transaksi terjadi yang membutuhkan ketelitian, ketepatan, kecepatan, serta keakuratan dalam proses penghitungannya.

Tata kelola keuangan yang dilakukan secara manual memperbesar resiko human error. Oleh karenanya, dibutuhkan sistem dan manajemen tata kelola keuangan kampus yang memanfaatkan teknologi informasi. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur Smart Finance. Fitur Smart Finance merupakan sistem tata kelola keuangan kampus yang memanfaatkan teknologi informasi yang dapat diakses dengan mudah dan terintegrasi dengan sistem utama pada kampus.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

S​​​​​​umber gambar: Garudacyber.co.id

 

Pendidikan tinggi sangatlah luas. Sama seperti dunia usaha, lembaga pendidikan juga harus memiliki sistem pengelolaan keuangan yang akurat dan tepat. Jika hanya menggunakan cara konvensional dan manual, maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menghitung bahkan sekadar membuat kuitansi dari setiap transaksi keuangan yang Anda lakukan. Kuitansi juga merupakan satu-satunya bukti transaksi manual yang dapat diandalkan, namun terdapat resiko kerugian.

Laporan keuangan juga memerlukan rekapitulasi keuangan yang terstruktur dan mematuhi kebijakan tandar akuntansi. Oleh karena itu, tidak jarang perguruan tinggi mempercayakan pengelolaan keuangan secara manual kepada seorang akuntan di sistem keuangan kampus. Namun nyatanya, cara ini tidak bisa menjamin adanya risiko human error atau penipuan.

Karena hal ini sering terjadi, dan untuk meminimalkan risiko human error atau penipuan, diperlukan sistem berbasis IT yang mudah diakses, namun tetap memberikan pengelolaan keuangan kampus yang akurat dan tepat. Disinilah aplikasi keuangan kampus berguna, di sisi lain banyak keuntungan menggunakan aplikasi keuangan kampus sebagai sistem pengelolaan keuangan universitas.

 

 

Sumber gambar: Garudacyber.co.id

 

Smart Finance memiliki detail fitur yang dapat memfasilitasi manajemen arus pengelolaan kas yang ada di kampus diantaranya adalah Manajemen Kas, Manajemen Pos Biaya, Integrasi Smart Payment, Transaksi Pengeluaran, Transaksi Pindah Kas, Mutasi Harian, Laporan Pengeluaran, Laporan Pindah Kas, dan Log Aktivitas.

Menghemat waktu

Dengan menggunakan aplikasi keuangan kampus, perguruan tinggi dapat menghemat waktu dalam proses pengelolaan keuangan kampus. Sebab, laporan terkait keuangan kampus dihasilkan dalam sistem yang hanya memerlukan proses input yang cepat, akurat, dan tepat.

Terintegrasi Ke Dalam Sistem Utama

Aplikasi keuangan kampus diintegrasikan ke dalam sistem utama yang digunakan oleh universitas, yang menyediakan semua informasi yang diperlukan di dalam dan di luar kampus. Dengan begitu, anggaran yang dibutuhkan, rincian transaksi masuk dan keluar serta laporan keuangan masing-masing kampus dapat terisi secara transparan.

Menyederhanakan Pengelolaan Keuangan Kampus

Menyederhanakan pengelolaan keuangan kampus. Tidak hanya dalam bentuk tertentu, namun juga secara umum dan menyeluruh. Dengan cara ini, keadaan keuangan kampus universitas bisa stabil. Hal ini dapat dilakukan secara akurat dan tepat dengan pengelolaan keuangan kampus.

Meminimalisir Kesalahan Penghitungan

Transaksi keuangan yang terjadi di perguruan tinggi sangatlah besar sehingga penyusunan laporan keuangan kampus memerlukan banyak fokus. Jika laporan keuangan masih dibuat secara manual, maka risiko terjadinya human error dalam perhitungannya lebih besar. Selain itu, cukup banyak orang yang bertanggung jawab atas perhitungannya.

Aplikasi keuangan gerakan memungkinkan universitas menghasilkan laporan keuangan yang lebih akurat dan meminimalkan kesalahan dan kesalahan manusia. Pasalnya, aplikasi keuangan kampus memiliki sistem bawaan yang mendukung pengisian laporan dan perhitungan keuangan kampus yang mudah dibandingkan pencatatan manual atau bahkan Microsoft Excel.

Pelacakan Mudah

Manfaat menggunakan aplikasi Smart Finance adalah memudahkan pencatatan keuangan kampus Anda. Alhasil, kecurangan dalam proses pengelolaan keuangan kampus dapat diminimalisir. Hal ini dikarenakan seluruh transaksi keuangan yang masuk dan keluar tercatat di sistem aplikasi keuangan kampus. Jadi, seluruh penggunaan dan penyerapan anggaran dapat dicek secara langsung atau real time.

Mengenai aplikasi keuangan kampus, ada sebuah perusahaan IT yang terus berinovasi dalam kemajuan aplikasi keuangan kampus yang dibentuk dari tenaga ahli dan profesional Garuda Cyber Indonesia. Garuda Cyber ​​​​​​Indonesia menghadirkan aplikasi keuangan kampus yang terintegrasi dengan sistem utama kampus. Aplikasi keuangan Smart Finance memudahkan pencatatan setiap transaksi dan memberikan informasi pergerakan anggaran kepada otoritas universitas.

 

Penulis: Dundi Ichsan Perlambang Utama

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...