Yuk, Simak Smart Payment Dapat Memudahkan Segala Transakisi dan Sistem Keuangan Kampus

Tampilan Logo dari Fitur Smart Payment Produk Smart Campus (ft:GarudaCyber.co.id)


Di zaman sekarang ini, kita sudah tidak asing lagi dengan istilah sistem pembayaran digital. Dari namanya saja, sudah terlihat bahwasanya sistem pembayaran ini tidak menggunakan uang secara fisik ataupun bentuk tunai melainkan dilakukan secara online atau digital. 

Banyak manfaat yang didapatkan dengan menggunakan sistem pembayaran secara digital ini. Selain lebih praktis, sistem pembayaran digital juga lebih aman. 

Sistem pembayaran digital ini dapat diartikan sebagai suatu proses transfer nilai dari satu akun pembayaran ke akun pembayaran lainnya dengan memanfaatkan perangkat digital seperti smartphone atau menggunakan komputer.

Terdapat banyak metode dalam melakukan pembayaran digital diantaranya adalah melalui Mobile Banking, E-money, Dompet Digital, dan Kode QR. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Mobile Banking

Mobile banking adalah layanan yang memungkinkan nasabah suatu bank bisa melakukan transaksi melalui smartphone sehingga tidak perlu lagi datang ke ATM ataupun bank. 

2. E- Money

Uang elektronik atau e-money merupakan salah satu jenis pembayaran digital yang memungkinkan untuk menyimpan sejumlah nominal uang sesuai kebutuhan. Uang tersebut akan disimpan dalam bentuk media elektronik sebelum digunakan untuk melakukan suatu transaksi.

3. Dompet Digital

E-wallet atau dompet digital merupakan jenis pembayaran digital lain yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dengan basis aplikasi, dompet digital dapat menyimpan uang dalam bentuk digital dan bahkan melakukan transaksi secara online.

Adapun beberapa contoh e-wallet terpopuler di Indonesia antara lain adalah Dana, Gopay, OVO, ShopeePay, dan sebagainya.

4. Kode QR

Metode pembayaran ini dapat dilakukan dengan memindai suatu kode unik dan pembayaran pun akan berhasil. Kode QR ini bisa tersambung ke dompet digital ataupun mobile banking. 

Setelah berbicara banyak mengenai sistem pembayaran digital, maka tidak salah lagi sistem ini sangat praktis dan tentunya memudahkan para pengguna. Perguruan Tinggi sebagai lembaga pendidikan yang didalamnya terdapat bidang keuangan juga perlu pastinya menggunakan sistem pembayaran secara digital ini. Sehingga sistem keuangan di kampus lebih tersusun dan terencana dengan baik.

Terlebih lagi di dalam perguruan tinggi terdapat banyak mahasiswa dan mahasiswi yang juga tidak lepas dalam urusan pembayaran biaya pendidikan. Dengan banyaknya jumlah mahasiswa dan mahasiswi yang ada pada suatu kampus maka tidak akan menyulitkan kampus dalam mengatur sistem pembayarannya, jika sudah terintegrasi dengan sistem pembayaran digital.

Kini, Smart Payment hadir sebagai sebuah fitur yang dirancang untuk memudahkan segala transaksi dan sistem pembayaran maupun keuangan kampus. Dengan menerapkan fitur Smart Payment, maka semua hal yang berhubungan dengan keuangan akan terkelola dengan baik dalam sistem. Yang menjadi pengguna pada fitur Smart Payment ini adalah bendahara kampus dan mahasiswa.

Perlu diketahui pada fitur Smart Payment ini terdapat beberapa bagian, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Manajemen Kas & Metode Pembayaran 

  2. Manajemen Pos Biaya 

  3. Transaksi Penerimaan 

  4. Laporan Tagihan 

  5. Laporan Pembayaran 

  6. Mutasi Harian 

  7. Log Aktivitas

Smart Payment memiliki tujuan untuk menyediakan berbagai layanan sistem pembayaran dan manajemen keuangan yang bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan transaksi kampus. Setiap proses pembayaran yang terdapat pada sistem Smart Payment dapat terintegrasi dengan Host-to-Host dengan rekening bank manapun. Jadi, setiap mahasiswa yang akan melakukan pembayaran uang kuliah dapat melakukan transaksi melalui bank manapun, baik bank BNI, BRI, Mandiri, BTN Syariah, BSI dan lain sebagainya. 

Tidak hanya itu, Smart Payment juga menyediakan sistem payment gateway yang semakin memudahkan mahasiswa dalam melakukan transaksi pembayaran dan kampus dalam penerimaan uang kuliah dan keuangan lainnya. 

Oleh karena itu, Smart Payment menyediakan beragam fitur yang bisa dimanfaatkan bagi perguruan tinggi untuk mempermudah proses transaksi keuangan dan sistem pembayaran kampusnya.

Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan Smart Payment agar transaksi keuangan kampus kamu semakin meningkat? Segera daftarkan kampus kamu sebagai pengguna Smart Payment dan nikmati manfaatnya!

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...